Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » SD Borong Makassar Kembangkan Perpustakaan Lewat Jejaring dan Partisipasi


Pedoman Karya 11:27 PM 0

SUMBANGAN BUKU. Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Hendriati Sabir (tengah), menerima dua kardus sumbangan buku dari Toko Buku Gramedia MaRI, Makassar, di sekolahnya, Selasa, 13 April 2021. (Foto: Rusdin Tompo)


 




-------

Sabtu, 17 April 2021

 

 

SD Borong Makassar Kembangkan Perpustakaan Lewat Jejaring dan Partisipasi

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Program Bederma dengan Buku yang diadakan SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, terus mendapat respons positif. Setelah mendapat bantuan buku dari Yayasan BaKTI, kali ini bantuan buku dan alat permainan edukatif (APE) datang dari Toko Buku Gramedia MaRI, Makassar.

“Alhamdulillah, koleksi perpustakaan kami bertambah lagi. Sumbangan buku sudah lebih 500 eksemplar. Ini berkat jejaring dan partisipasi semua pihak, terutama orang tua murid,” begitu kata Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir MPd, kepada wartawan usai menerima dua kardus sumbangan buku di sekolahnya, Selasa, 13 April 2021.

Dua kardus berisi buku-buku dan APE itu diserahkan oleh Yuli Arifin, staf Radio Smart FM, yang berada satu grup dengan Kompas Gramedia. Yuli Arifin menyerahkan bantuan itu mewakili pimpinan Toko Buku Gramedia Mal Ratu Indah (MaRI), FX. Sumaryoto.

Anak Yuli Arifin, Kaiyyisah R Hasugian, kebetulan juga tercatat sebagai murid  SD Negeri Borong, kelas 6A.

Sumbangan dari Toko Buku Gramedia MaRI itu sebanyak 142 buku, terdiri dari cerita dongeng, buku keterampilan, ceita petualangan dan kamus bergambar bahasa Inggris. Selain itu, juga buku cerita sambil mewarnai, buku game, alat peraga kelas rendah, puzzle, CD, dan lain-lain.

Pimpinan Toko Buku Gramedia MaRI, FX. Sumaryoto, mengatakan biasanya mereka mendonasikan buku-buku disesuaikan dengan segmen pembacanya. Pihak Gramedia ikut memberi donasi buku ke SD Negeri Borong karena untuk membantu meningkatkan literasi di sekolah.

Selama ini, kata FX. Sumaryoto, pihaknya sudah berkontribusi dalam gerakan literasi sekolah. Misalnya, mengadakan event daring temu penulis, membantu koleksi perpustakaan, pengadaan pameran buku murah, serta melakukan penjualan buku melalui aplikasi SIPLah.

FX. Sumaryoto menyampaikan, sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan melalui program CSR, pihak Gramedia mempunyai komitmen untuk membantu literasi di sekolah dan daerah, supaya sebaran gerakan literasi merata.

“Tentu saja program ini akan diberikan secara bergantian ke pihak pengelola perpustakaan, khususnya yang belum pernah menerima bantuan dengan mempertimbangkan stok yang ada,” imbuhnya.

Program Bederma dengan Buku diadakan dalam rangka Hari Buku Anak Nasional untuk menambah bahan-bahan pustaka Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong. Program ini, dalam jangka panjang, untuk mendukung gerakan literasi sekolah, sekaligus untuk menghadapi akreditasi perpustakaan.

Sebagai perpustakaan yang belum lama berdiri, pengelola Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong, terus mendekatkan perpustakaan ke pemustaka. Di antaranya melalui digitalisasi layanan perpustakaan. Di samping itu, juga melakukan beberapa terobosan, seperti membentuk Bunda Pustaka, agar pengelolaan perpustakaan lebih bersinergi dan partisipatif.

“Insya Allah, Bunda Pustaka akan memiliki struktur sehingga lebih maksimal dalam kegiatannya nanti,” jelas Saparuddin Numa SIP, Kepala Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong.

Ada beberapa fasilitas layanan dan inovasi yang memang harus dimaksimalkan, seperti ruang multimedia, teras baca dan kantin baca. Juga ada program Duta Baca yang bertindak sebagai pustakawan cilik, dan beberapa program lain, yang bertujuan untuk membudayakan kegemaran membaca. (rt)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply