Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Abdul Hadi Djamal: Kalau Gajian, Saya Langsung Bagi-bagikan kepada Karyawan


Pedoman Karya 6:23 PM 0

“Kalau saya gajian (di UMJ), saya langsung panggil karyawan dan membagi-bagikan kepada mereka, termasuk bagian sekuriti dan kebersihan,” ungkap Hadi Djamal kepada penulis ketika beliau sudah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2004-2009.


 



------

PEDOMAN KARYA

Rabu, 07 Juli 2021

 

In Memoriam:

 

Abdul Hadi Djamal: Kalau Gajian, Saya Langsung Bagi-bagikan kepada Karyawan

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan, Pengurus Muhammadiyah Sulsel)

 

------

Abdul Hadi Djamal (pakai kopiah) bersama mantan Wapres Jusuf Kalla.

-----


Salah satu orang yang pernah saya wawancarai untuk dimuat profilnya pada koran harian Pedoman Rakyat, yaitu KH Djamaluddin Amien. Beliau adalah mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, dan juga mantan Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Saat wawancara pada pertengahan tahun 90-an itulah, saya mulai mengenal anak-anaknya, antara lain Abdul Hadi Djamal, Ashabul Kahfi, dan Samhi Muawan.

Itulah awal kedekatan saya dengan Pak Kiyai, sapaan akrab almarhum KH Djamaluddin Amien, dan kedekatan itu terus menerus terjalin, karena saya yang pernah ber-IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dan cukup lama menjadi jamaah tetap Masjid Muhammadiyah Bulukumba, akhirnya aktif menjadi pengurus Pemuda Muhammadiyah Sulsel dan juga pengurus Muhammadiyah Sulsel.


-----

Abdul Hadi Djamal (kiri) bersama mantan Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Azhar Arsyad.

------


Belakangan, saya juga akrab dengan Ashabul Kahfi yang waktu itu menjabat Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar, kemudian terangkat Wakil Rektor I Unismuh, kemudian menjadi Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, dan kemudian menjad Anggota DPRD Sulsel (tiga periode).

Sekarang Ashabul Kahfi “naik kelas” menjadi Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional Dapil Sulsel I

Dari kedekatan dan seringnya berkomunikasi dengan Pak Kiyai, Ashabul Kahfi, dan Muawan Jamal (dosen UIN Alauddin Makassar, dan juga pernah menjabat Wakil Rektor IV, dan Wakil Rektor III Unismuh Makassar), saya perlahan-lahan mengenal Abdul Hadi Djamal.

Abdul Hadi Djamal waktu itu dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan juga bekerja di PT Bukaka, salah satu perusahaan Kalla Grup milik keluarga HM Jusuf Kalla (mantan Wakil Presiden RI dua kali).

Sebagai dosen UMJ, konon Abdul Hadi Djamal hampir tak pernah mengambil gajinya. Setiap gajian, ia langsung membagi-bagikannya kepada karyawan UMJ, termasuk kepada sekuriti dan petugas kebersihan.

Ketika saya konfirmasi kepada beliau pada suatu kesempatan, Hadi Djamal membenarkan.

“Kalau saya gajian (di UMJ), saya langsung panggil karyawan dan membagi-bagikan kepada mereka, termasuk bagian sekuriti dan kebersihan,” ungkap Hadi Djamal kepada penulis ketika beliau sudah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2004-2009.



Bantuan Asrama Mahasiswa

 

Sebagai Anggota DPR RI, Abdul Hadi Djamal sempat memperjuangkan dan berhasil mengadakan bantuan pembangunan Asrama Mahasiswa Unismuh Makassar dari APBN.

Penulis kebetulan hadir langsung dalam pertemuan antara rombongan Anggota DPR RI dengan Rektor Unismuh bersama jajarannya di Kampus Unismuh Makassar, dan anggota DPR RI waktu itu sepakat akan memperjuangkan pemberian bantuan asrama mahasiswa untuk Unismuh Makassar.

Selama menjadi Anggota DPR RI, Abdul Hadi Djamal juga cukup sering berkunjung ke tengah masyarakat dan berdialog dengan masyarakat, dan tentu saja ia sebagai Anggota DPR RI dan sebagai pribadi banyak memberikan bantuan.

Kenangan tentang beliau itu langsung melintas ketika mendengar kabar lewat media sosial bahwa Abdul Hadi Djamal meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, pada Selasa malam, sekitar pukul 23.57 WIB, 06 Juli 2021.

Selamat jalan Kak Hadi Djamal. Insya Allah bantuan (sedekah, infaq, dan lain-lain) yang engkau berikan kepada banyak orang dan banyak pihak semasa engkau hidup, menjadi amal jariyah yang akan menerangi kuburmu di alam barzakh. Amin.

 

Pallangga, Gowa, 07 Juli 2021


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply