Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Podcast Kanal Youtube FKIP Unismuh Makassar Ajang Promosi dan Tempat Berdiskusi


Pedoman Karya 5:42 PM 0


 

POSCAST. Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib (kanan) didampingi moderator, Muhammad Akhir, meluncurkan Podcast melalui kanal Youtube, di Studio Podcast FKIP Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 01 Juli 2021. (Foto:Hadisaputra)




--------

Jumat, 02 Juli 2021

 

 

Podcast Kanal Youtube FKIP Unismuh Makassar Ajang Promosi dan Tempat Berdiskusi

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, meluncurkan Podcast melalui kanal Youtube, di Studio Podcast FKIP Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 01 Juli 2021.

Podcast adalah singkatan dari kalimat personal on demand broadcast, yakni sebuah penyiaran yang dilakukan atas dasar permintaan pribadi. Awalnya, podcast adalah sebuah konten berupa audio yang diunggah di internet. Seiring perkembangan teknologi informasi seperti munculnya Youtube sebagai kanal video berbasis internet, podcast mulai berwujud audio-visual.

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib PhD, dalam sambutan pada peluncuran Podcast mengatakan, kehadiran Podcast tersebut merupakan wujud kreativitas dalam mensosiaslisasikan keunggulan yang ada pada fakultas yang dipimpinnya.

“Ke depan, podcast ini bisa dimanfaatkan oleh semua Prodi (program studi / jurusan, red) yang ada di Unismuh untuk promosi menyampaikan keunggulan-keunggulan yang mereka miliki. Lembaga-lembaga kemahasiswaan juga dapat memanfaatkan fasilitas ini,” kata Erwin pada acara peluncuran yang juga dihadiri para wakil dekan FKIP.

Ortom-ortom Muhammadiyah, lanjut Erwin, juga dapat memanfaatkan podcast tersebut untuk mensosialisasikan program dakwahnya.

Selain itu, ia juga berharap, wadah podcast tersebut dapat menjadi wahana pengembangan keilmuan bagi para dosen dan mahasiswa.

“Termasuk bisa menjadi tempat bagi kita dalam mendiskusikan berbagai persoalan aktual yang dihadapi bangsa ini, agar kita bisa mencari solusi bersama-sama,” ungkap Erwin yang alumni S3 Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIP, Dr Baharullah, berharap podcast tersebut dapat menjadi ruang sosialisasi informasi akademik, maupun pengembangan Prodi, sedangkan Wakil Dekan II FKIP, Andi Adam, berharap ruang tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kapasitas SDM dosen, termasuk informasi kepangkatan.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKIP, Dr Nursalam, menekankan pentingnya wadah podcast tersebut dimanfaatkan untuk sosialisasi program lembaga kemahasiswaaan, maupun mensosialisasikan prestasi-prestasi yang dimiliki mahasiswa FKIP Unismuh.

Wakil Dekan IV Syamsuriadi P Salenda hadir membacakan ayat suci Al-Qur’an. Acara peluncuran podcast FKIP Unismuh Makassar ini dipandu Dr Muhammad Akhir, yang merupakan Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh, sekaligus pengelola kanal Youtube “Pak Doktor Channel.”

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FKIP Unismuh, dan disaksikan para wakil dekan dan beberapa Ketua Program Studi. (asnawin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply