Isradi Zainal Terpilih Sekjen Forum Rektor Persatuan Insinyur Indonesia

FORUM REKTOR PII. Rektor UGM Yogyakarta, Prof Panut Mulyono (kiri) terpilih sebagai jenderal, dan Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Dr Isradi Zainal, terpilih sebagai Sekretaris Forum Rektor Persatuan Insinyur Indonesia (FR PII) Periode 2021-2023, dalam pemilihan yang dilakukan secara virtual, Selasa, 17 Agustus 2021.

.



------- 

Rabu, 18 Agustus 2021

 

 

Isradi Zainal Terpilih Sekjen Forum Rektor Persatuan Insinyur Indonesia

 

 

Rektor UGM Prof Panut Mulyono Ketua

17 Agustus Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Forum Rektor PII

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Putra asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang kini menjabat Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Kalimantan Timur, Dr Isradi Zainal, terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Forum Rektor Persatuan Insinyur Indonesia (FR PII) Periode 2021-2023, dalam pemilihan yang dilakukan secara virtual, Selasa, 17 Agustus 2021.

Posisi ketua diamanahkan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Panut Mulyono, yang saat ini juga masih menjabat Ketua Forum Rektor Indonesia.

Pemilihan pengurus FR PII yang diadakan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Forum Rektor PII, diawali dengan peluncuran organisasi FR PII yang dipimpin oleh Ketua Umum PII Dr Heru Dewanto, dan dihadiri sejumlah rector yang berlatar-belakang insinyur.

Isradi Zainal kepada Pedoman Karya mengatakan, pemilihan pengurus FR PII juga merupakan rangkaian dari acara Webinar dan Talkshow dengan tema, “Gotong Royong Inovasi untuk Indonesia Maju dan Bermartabat.”

Dalam pemilihan ketua dan sekretaris FR PII tersebut, para peserta memberikan pertimbangan bahwa Rekto UGM Panut Mulyono dipilih sebagai Ketua FRPII karena saat ini beliau menjabat selaku Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), serta dianggap memiliki pengaruh dan jaringan nasional dan internasional.

Di sisi lain, Isradi zainal dianggap memiliki kemampuan mensinerjikan para rektor anggota PII atau berlatar belakang insinyur, dan menduduki sejumlah jabatan strategis di lembaga keinsinyuran, di antaranya Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI), Wakil Ketua BKM PII, Ketua PII Kaltim, dan Sekretaris Majelis Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (MA-LAMTEK).

Posisi Prof Panut Mulyono dan Dr Isradi Zainal dianggap strategis untuk menjalankan organisasi Forum Rektor PII. Keduanya juga adalah pendiri Forum Rektor PII bersama dengan ketua umum PII dan sejumlah rektor.

Panut Mulyono dan Isradi Zainal pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik di kampus masing masing.

Penetapan Ketua dan Sekjen Forum Rektor PII pada tanggal 17 Agustus, akan dijadikan sebagai hari lahir Forum Rektor PII, dan akan diperingati setiap tahun oleh FR-PII dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Dalam setiap tahunnya acara ini akan disinerjikan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) pada setiap tanggal 10 Agustus.

PII dan FR-PII juga sepakat untuk memperingati Hakteknas dan Hari Kemerdekaan setiap tahunnya dan menamakannya sebagai Pekan Hakteknas - Hari Kemerdekaan disingkat Pekan Hakteknas Merdeka yang kegiatannya akan dilaksanan pada tanggal 10-17 Agustus.

Pemilihan pengurus FR PII yang merupakan rangkaian dari Webinar dan Talkshow tersebut juga dihadiri sejumlah rector, antara lain Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Rektor Universitas Syahkuala (USK) Aceh, Rektor Universitas Tarumanagara (Untar), Rektor Universitas Esa Unggul (UEU), Rektor Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsram), Pembina DWK Kalimantan, sejumlah wakil Rektor, serta sejumlah dekan. (asnawin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama