Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Rahasia Umur Panjang Penduduk Blue Zone dan Kaitannya dengan Kebiasaan Umat Islam


Pedoman Karya 2:30 AM 0

Banyak orang yang ingin panjang usianya dan mereka pun melakukan berbagai cara agar selalu sehat, kuat, dan bahagia hingga usia lanjut. Dan cara-cara yang ditempuh banyak orang agar bisa sehat dan panjang umur, ternyata banyak kesamaannya dengan kebiasaan hidup umat Islam.


 



----------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 27 Agustus 2021

 

 

Rahasia Umur Panjang Penduduk Blue Zone dan Kaitannya dengan Kebiasaan Umat Islam

 

 

Oleh: Gagaring Pagalung

(Guru Besar Universitas Hasanuddin / Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel)

 

Banyak orang yang ingin panjang usianya dan mereka pun melakukan berbagai cara agar selalu sehat, kuat, dan bahagia hingga usia lanjut. Dan cara-cara yang ditempuh banyak orang agar bisa sehat dan panjang umur, ternyata banyak kesamaannya dengan kebiasaan hidup umat Islam.

Cara-cara umum yang diterapkan agar selalu sehat, kuat, senang, dan bahagia, antara lain mengatur pola dan porsi makan, mengurangi makanan berkalori tinggi, memperbanyak makan sayuran dan sebaliknya mengurangi karbohidrat.

Dalam kaitannya dengan kebiasaan umat Islam, Rasulullah Muhammad SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Timidzi, bersabda, “Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk napasnya (udara).”

Cara atau tips lain agar selalu sehat, senang, dan bahagia yaitu harus aktif terus atau selalu memiliki aktivitas, tidak vakum dan tidak bermalas-malasan.

Dalam kaitannya dengan kebiasaan umat Islam, Allah SWT berfirman dalam surah ke-94, Surah Al-Insyirah, ayat 7, yang berbunyi, “Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain).”

Tips berikut agar selalu sehat, senang, dan bahagia yaitu jelas tujuan hidupnya. Dalam kaitannya dengan kebiasaan umat Islam, Allah SWT berfirman dalam  surah ke-51, Surah Az-Zariyat, ayat 56, “Aku tidaklah menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”

Tips lain agar selalu sehat, senang, dan bahagia yaitu mengurangi stres, serta mengembangkan spiritual dan pemahaman agama. Dan salah satu cara yang dianjurkan untuk menenangkan jiwa atau hati yaitu dengan bermeditasi.

Dalam kaitannya dengan kebiasaan umat Islam, Allah SWT berfirman dalam surah ke-13, Surah Ar-Rad, ayat 28, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Shalat, terutama shalat tahajjud, yaitu shalat yang dikerjakan pada tengah malam, di saat kebanyakan orang sedang tidur nyenyak, merupakan salah satu cara yang paling ampuh menenangkan hati, bermunajat kepada Allah SWT, sehingga manusia selalu tenang dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi dalam kehidupannya.

Tips berikut agar selalu sehat, senang, dan bahagia yaitu memperbanyak kegiatan sosial, memperbanyak bersilaturrahim yang disertai canda dan tawa.

Silaturrahim merupakan faktor yang dapat menjadi penyebab umur panjang dan banyak rizki. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahim.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Penduduk Blue Zone

 

Apakah Anda pernah mendengar istilah penduduk “blue zone”? Penduduk “blue zone” adalah penduduk di beberapa belahan dunia yang usianya rata-rata panjang, yakni rata-rata 90 tahun.

“Blue Zone” atau Zona Biru adalah istilah yang digunakan oleh sebuah tim peneliti terhadap wilayah yang penduduknya rata-rata berusia panjang.

Penelitian itu diinisiasi oleh seorang pengarang bernama Dan Buettner. Pada tahun 2003, ia mengajak beberapa ahli genetik, ahli diet, ahli antropologi, sejarawan, dan tim ahli lainnya berkolaborasi melakukan perjalanan keliling dunia untuk menemukan orang-orang dengan umur terpanjang.

Dari hasil perjalanannya tersebut, ia dan tim berhasil memetakan lima wilayah di dunia yang penduduknya memiliki umur yang lebih panjang dari rata-rata masyarakat dunia. Dan dan tim-nya menyebut daerah tersebut “Blue Zone” atau Zona Biru.

Hasil temuannya ini sempat dipublikasikan dalam majalah National Geographic (2005) dan ditulis dalam buku The Blue Zones: Lessons for Living Longer from the People Who've Lived the Longest (2008).

Lima daerah tersebut adalah Ikaria (Yunani), Ogliastra (Pulau Sardinia, Italia), Okinawa (Jepang), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), dan Loma Linda (California, Amerika Serikat).

Dari penduduk wilayah tersebut Dan Buettner menyimpulkan bahwa gaya hidup dan pola makan yang sehat dalah rahasia umur panjang.

 

Rahasia Umur Panjang

 

Dari hasil penelitian terhadap penduduk Blue Zone atau Zona Biru itu, disimpulkan ada beberapa persamaan rahasia umur panjang dari para penduduk Zona Biru, yaitu tidak makan berlebihan atau tidak makan setelah matahari terbenam, mengonsumsi makanan harian yang mengandung kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.

Memiliki kebiasaan tidur siang atau waktu untuk beristirahat sebentar dari aktivitas, kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik seperti hiking, menggembala ternak, berkebun, berladang, memiliki tujuan hidup dan ikatan emosional dengan orang-orang di sekitarnya, serta tergabung dalam sebuah kelompok keagamaan.

 

Ikaria, Yunani

 

Meski memiliki kesamaan dalam hal menjalankan pola hidup dan makan yang sehat, penduduk dari Zona Biru ini memilik penerapan yang berbeda-beda.

Penduduk Pulau Ikaria di Yunani, sangat bangga dengan komunitasnya. Mereka memiliki keakraban satu sama lain. Digabungkan dengan kebiasaan mereka untuk tidur siang dan menjalankan diet Mediterania (mengonsumsi diet buah, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, kentang, dan sayur-sayuran) yang ketat, ketiga hal ini menjadi rahasia mengapa 1 dari 3 orang penduduk Ikaria bisa berumur di atas 90 tahun.

 

Ogliastra, Pulau Sardinia, Italia

 

Ogliastra adalah salah satu provinsi Italia yang terletak di Pulau Sardinia. Provinsi ini merupakan tempat tinggal dari pria-pria berusia panjang. Rahasia umur panjang dari penduduknya adalah kegiatan fisik, hubungan emosional yang kuat dengan keluarga, dan meminum anggur merah.

Sebagian besar penduduk Ogliastra adalah petani dan penggembala, sehingga mereka hampir setiap hari memiliki kegiatan fisik seperti berjalan jauh saat menggembala dan juga bekerja di ladang.

Kebanyakan anak-anak perempuan di Ogliastra juga mau merawat orang tua mereka, sehingga hal ini berkontribusi pada kesehatan fisik dan kesehatan mental para penduduk yang berumur panjang.

Selain itu, orang-orang di Ogliastra juga rajin meminum anggur merah setiap hari dengan takaran secukupnya.

 

Okinawa, Jepang

 

Kebalikan dengan penduduk Sardinia, Okinawa merupakan wilayah tempat tinggal bagi wanita-wanita tertua di dunia.

Penduduk Okinawa umumnya mengonsumsi makanan berupa biji-bijian seperti kedelai dan berlatih tai chi untuk meditasi. Selain dari aktivitas fisik dan makanan sehat, rahasia umur panjang para wanita-wanita di Okinawa adalah tradisi moai.

Moai adalah sebuah budaya orang Okinawa dalam membentuk sebuah grup yang berisi sekelompok sahabat seumur hidup atau orang-orang dekat yang akan selalu mendukung dan membantu dalam pasang surut kehidupan, baik dalam hal finansial, sosial, hingga ketertarikan dalam hal-hal kerohanian dan spiritual. Kelompok moai ini adalah rahasia para penduduk Okinawa mengatasi stres dan depresi sehingga menimbulkan kesehatan mental bersama.

 

Semenanjung Nicoya, Kosta Rika

 

Penduduk yang tinggal di wilayah semenanjung Nicoya ini sering menjalani diet nicoyan yang hanya mengonsumsi tortilla kacang dan jagung. Penduduk di wilayah ini juga secara teratur melakukan pekerjaan fisik hingga usia lanjut untuk menjaga stamina tubuh.

 

Loma Linda, California

 

Hampir sebagian besar penduduk Loma Linda adalah anggota dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Kelompok ini mengikuti diet berdasarkan Alkitab yang menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayuran.

Penduduk Loma Linda juga dilarang merokok dan minum alkohol. Penduduk di Loma Linda memiliki hubungan komunitas yang erat di mana mereka selalu beribadah bersama di hari Sabat. Hal ini mengurangi stres dan menjadi sarana terbentuknya support group bagi anggotanya.

 

Makanan Sehat

 

Sebuah studi menemukan bahwa genetika hanya berpengaruh sekitar 20%-30% terhadap umur panjang. Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa penduduk Blue Zone umumnya mengonsumsi 95% makanan nabati. Meskipun ada sebagian besar kelompok yang bukan vegetarian, namun mereka hanya mengonsumsi daging sekitar lima kali per bulan.

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa menghindari konsumsi daging dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan harapan hidup yaitu sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian,

Sayuran merupakan sumber serat, kaya akan vitamin, dan mineral yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, penyakit kronis lainnya.

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang baik untuk pencernaan dan kesehatan. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan dapat dikaitkan dengan mortalitas yang lebih rendah.

Asupan biji-bijian yang tinggi juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi, menghindari risiko penyakit jantung, dan kanker.

Rahasia umur panjang lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan sering mengonsumsi ikan seperti penduduk Icaria dan Sardinia. Ikan merupakan sumber omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Mengonsumsi ikan juga dapat dikaitkan dengan penurunan otak yang lebih lama di usia tua. ***


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply