Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Selamat Tinggal Sistem Manual, Pemkab Takalar Kini Kelola Data Aset Daerah Secara Digital


Pedoman Karya 11:49 PM 0

“Dengan sistem digital ADAMA, akan dapat lebih memperlancar dan mempermudah sistim pelayanan menyangkut arsip penting Pemerintah Kabupaten Takalar,” kata Kepala Bidang Aset BPKD Kabupaten Takalar Yusuf Susandy.


 




------

Sabtu, 21 Agustus 2021

 

 

Selamat Tinggal Sistem Manual, Pemkab Takalar Kini Kelola Data Aset Daerah Secara Digital

 

 

Gunakan Sistem ADAMA, Arsip Digital Aset Daerah

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kabupaten Takalar kini sudah mengucapkan selamat tinggal kepada sistem manual pengelolaan data aset daerah. Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan Daerah BPKD) Pemkab Takalar kini sudah menggunakan sistem digital diberi nama ADAMA, yang merupakan akronim dari Arsip Digital Aset Daerah.

“Dengan sistem digital ADAMA, akan dapat lebih memperlancar dan mempermudah sistim pelayanan menyangkut arsip penting Pemerintah Kabupaten Takalar,” kata Kepala Bidang Aset BPKD Kabupaten Takalar Yusuf Susandy, kepada Pedoman Karya, di ruang kerjanya, Kamis, 19 Agustus 2021.

Inovasi sistim manual ke sistem digital, katanya, akan memperbaiki penatausahaan data-data aset penting, akan lebih teratur, tertib, serta terkontrol, bahkan lebih efisien.

“Kita berharap bagi semua OPD (Organisadi Perangkat Daerah) bisa menggunakan sistem ini, menggunakan teknologi Google Drive, mendaftar atau membuat email, dan setelah itu bisa mengelola data aset masing-masing OPD,” jelas Yusuf.

Dengan menggunakan sistem ADAMA, lanjutnya, tidak ada lagi alasan kekurangan sumber daya manusia, malah kalau bicara soal penggunaan anggaran pasti akan lebih efisien.

“Cukup kita beli pulsa data 100 giga dengan harga sekitar 250 ribuan, kita sudah bisa menggunakannya satu bulan. Dan itu lebih murah, lebih cepat, serta bisa mengapdate dari jauh. Begiu juga ketika ada pemeriksaan dari inspektorat, BPK, maupun yang lain, tinggal membuka datanya dari sistem,” kata Yusuf.

Penggunaan sistem ADAMA itu juga sudah disosialisasikan di Ruang Rapat Sekda Takalar, Senin, 16 Agustus 2021, yang dihadiri Pj Sekda Takalar, Muhammad Hasbi, serta para pimpinan OPD lingkup Pemkab Takalar.

“Ini terobosan bagus. Kemajuan teknologi informasi harus diadaptasikan dalam birokrasi kita. Sekarang saya minta komitmen semua OPD untuk bersiap memanfaatkan program ini agar administrasi aset kita semakin tertib,” kata Muhammad Hasbi. (Hasdar Sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply