Tim Penyelam Unhas Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-65 Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Tim Penyelam Unhas yang tergabung dalam Gustalcom (Gusung Tallasa Community) melakukan pengibaran bendera merah putih pada kedalaman 8 meter di bawah laut yang berlokasi di Pulau Kodingareng Keke, Makassar, Ahad, 15 Agustus 2021. (ist)


 

--------

Selasa, 17 Agustus 2021

 

 

Tim Penyelam Unhas Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut

 


-- Menyelam di Pulau Kodingareng Keke Makassar

-- Peringati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI

-- Peringati Dies Natalis ke-65 Unhas


 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-65 Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Tim Penyelam Unhas yang tergabung dalam Gustalcom (Gusung Tallasa Community) melakukan pengibaran bendera merah putih pada kedalaman 8 meter di bawah laut yang berlokasi di Pulau Kodingareng Keke, Makassar, Ahad, 15 Agustus 2021.

“Pengibaraan bendera merah putih di dasar laut ini merupakan bagian dari kontribusi Unhas dalam memperingati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI, sekaligus menyambut Dies Natalis ke-65 Unhas,” jelas Koordinator Pengibaran Bendera, Ir Rusnadi Padjung MSi PhD, kepada wartawan di Makassar, Senin, 16 Agstus 2021.

Gustalcom, jelas dia, adalah komunitas yang di dalamnya terdiri atas para dosen maupun keluarga Unhas yang senang akan laut.

Komunitas ini kemudian berinisiatif melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut. Selain itu, kegiatan tersebut juga sejalan dengan visi misi Unhas sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi berbasis kemaritiman.

“Pulau Kodingareng Kekek dipilih sebagai lokasi kegiatan mengingat konturnya yang bagus dan didukung dengan adanya lukisan garuda di dadaku. Jumlah penyelam 17 orang disesuaikan dengan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Rusnadi.

Untuk kegiatannya sendiri, tim penyelam mengawali dengan upacara sebelum menyelam. Saat berada di dasar laut dan bendera terpasang sempurna, kemudian dilakukan penghormatan serta pemasangan spanduk ucapan Selamat HUT RI dan Dies Natalis Unhas.

Rusnadi mengatakan, selama proses kegiatan berlangsung, para penyelam tidak mendapatkan kesulitan yang berarti.

“Hambatannya hanya terletak pada arus air yang cukup deras, sehingga menyulitkan para penyelam dan juga ombak laut yang cukup besar, tapi semua hambatan tersebut dapat teratasi dengan mudah,” kata Rusnadi.

Selain pengibaran bendera, dilakukan pembersihan kawasan pantai. Tujuannya selain menjaga kebersihan pantai, juga membangkitkan semangat kecintaan masyarakat terhadap pantai.

“Kita juga berencana melakukan penanaman mangrove di kawasan Makassar New Port dan Transplantasi Terumbu Karang di Gusung Panyua Makassar,” kata Rusnadi. (kiya)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama