Unismuh Makassar Universitas Swasta Terbaik di Sulsel

TERBAIK DI SULSEL. UniRank, lembaga pemeringkatan universitas yang berbasis di Sydney, Australia, menempatkan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebagai universitas swasta terbaik di Sulawesi Selatan. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)





------ 

Kamis, 28 Oktober 2021

 

 

Unismuh Makassar Universitas Swasta Terbaik di Sulsel

 

Abdul Rakhim Nanda: Indikasi Kemampuan Beradaptasi

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). UniRank, lembaga pemeringkatan universitas yang berbasis di Sydney, Australia, menempatkan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebagai universitas swasta terbaik di Sulawesi Selatan.

Dilansir dari laman www.4icu.org, Kamis, 28 Oktober 2021, pukul 13.00 Wita, dari 10 universitas terbaik di Sulawesi Selatan, Unismuh Makassar menempati peringkat ke-4 di bawah Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar (Peringkat 18 Nasional), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin (Peringkat 43 Nasional), dan Universitas Negeri Makassar (UNM, Peringkat 84 Nasional).

Peringkat ke-5 ditempati Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar (Peringkat 147 Nasional), kemudian Universitas Cokroaminoto Makassar (Peringkat 162 Nasional) pada peringkat ke-6, Universitas Cokroaminoto Palopo (Peringkat 265 Nasional) peringkat ke-7.

Menyusul Universitas Fajar (Unifa) Makassar (Peringkat 296 Nasional) peringkat ke-8, Universitas Atma Jaya Makassar (Peringkat 304 Nasional) peringkat ke-9, dan Universitas Andi Djemma Palopo (Peringkat 346 Nasional) di peringkat ke-10.

Menanggapi peringkat tersebut, Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr Abdul Rakhim Nanda mengatakan, menjadi universitas yang dapat diakses melalui website merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi sebuah universitas.

“Ini mengindikasikan kemampuan universitas beradaptasi dengan trend zaman dari waktu ke waktu. Sekaligus menunjukkan kesiapan bersinergi dengan masyarakat,” kata Rakhim Nanda saat dihubungi via jaringan WhatsApp (WA), Kamis sore, 28 Oktober 2021.

Posisi Unismuh Makassar yang berada pada posisi paling atas di antara seluruh universitas yang ada di Sulsel, katanya, menjadi motivasi tersendiri bagi manajemen kampus untuk meningkatkan kepercayaan (trust) masyarakat melalui peningkatan kualitas SDM maupun mutu layanan.

“Sekaligus menjadi kampus tempat merancang masa depan menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexiity, Ambiguity),” kata Rakhim Nanda.

 

Mekanisme Penilaian

 

UniRank University Ranking ini bertujuan memberi perkiraan peringkat global universitas dan kolese dunia berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web mereka dalam hal perkiraan lalu lintas, kepercayaan, otoritas dan popularitas tautan berkualitas.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari laman 4ICU, ada penjelasan soal aspek penilaian dan metode yang digunakan. Tiga kriteria utama Ada 3 kriteria utama sebuah perguruan tinggi (PT) dapat diikutsertakan dalam penilaian 4ICU.

Pertama, terakreditasi oleh badan akreditasi nasional atau daerah setempat. Misalnya, di Indonesia oleh Badan Akreditasi Nasinal Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sementara, PT yang belum terakreditasi tak masuk dalam kriteria penilaian 4ICU.

Kedua, PT yang menyediakan pendidikan tingkat Strata 1 (sarjana) dan/atau Pascasarjana, baik tingkat Master (S2) atau Doktoral (S3). Dengan demikian, lembaga pendidikan yang hanya menyediakan pendidikan vokasi, pendidikan berbasis militer, kelas-kelas seminar, dan sebagainya tidak dilibatkan dalam penilaian 4ICU.

Ketiga, PT yang dinilai menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka, atau lebih dikenal sebagai sistem tradisional, format pendidikan di kelas yang mempertemukan dosen dan mahasiswanya. Artinya, proses pembelajaran dilakukan secara offline dengan fasilitas-fasilitas gedung sebagai sarana pertemuannya.

PT yang sudah memenuhi tiga kriteria tersebut tidak akan bisa masuk dalam penilaian jika tidak memiliki website institusi, website sudah kadaluarsa, atau website menggunakan domain blogspot, wordpress, dan sebagainya.

UniRank mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas yang diakui secara resmi di 200 negara. (zak)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama