Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Dosen Unismuh Ishak Madeamin Pemenang Desain Pembelajaran Terbaik Kemdikbud-Ristek


Pedoman Karya 11:25 PM 0

Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Ishaq Madeamin SPd MPd, menjadi pemenang Desain Pembelajaran (Learning Design) Terbaik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek). Pengumuman tersebut disampaikan dalam Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau SPADA Award secara daring, Senin, 13 Desember 2021. 





----- 

Rabu, 15 Desember 2021

 

 

Dosen Unismuh Ishak Madeamin Pemenang Desain Pembelajaran Terbaik Kemdikbud-Ristek

 

 

Ishaq: Ada 20 Nominator, 10 Yang Memperoleh Penghargaan

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Ishaq Madeamin SPd MPd, menjadi pemenang Desain Pembelajaran (Learning Design) Terbaik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek).

Pengumuman tersebut disampaikan dalam Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau SPADA Award secara daring, Senin, 13 Desember 2021. 

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud-Ristek Aris Junaidi mengatakan, penghargaan untuk pembelajaran daring diberikan kepada institusi dan dosen, khususnya bagi mereka yang sudah terdaftar di SPADA Indonesia.

Penghargaan yang diumumkan Agustus lalu itu masa penilaiannya berlangsung 9 September hingga 30 November 2021.

Penilaian dilakukan dari isian angket dengan sejumlah pertanyaan dari kementerian. Pesertanya berjumlah 500 perguruan tinggi dengan 2.668 mata kuliah. Penghargaan terbagi menjadi tiga kategori.

“Diharapkan dapat meningkatkan jumlah perguruan tinggi dan mata kuliah yang dapat di-sharing di SPADA Indonesia dan meningkatkan akses terhadap materi pembelajaran yang berkualitas,” kata Aris Junaidi.

Ishaq Madeamin yang dikonfirmasi mengenai penetapannya sebagai peserta terbaik mengatakan, sebenarnya ada 20 nominator pemenang terbaik, lalu dipilih 10 terbaik.

“Ada 20 Nominator, 10 yang diberi penghargaan. Itu yang terbaik,” kata Ishaq.

Menyinggung Desan Pembelajaran yang ia buat, Ishaq mengatakan, learning design atau desain pembelajaran itu bagaimana merancang pembelajaran secara daring yang mendorong dan memfasilitasi mahasiswa belajar secara mandiri melalui aplikasi SPADA Indonesia.

“Yang didesain itu mata kuliah. Mata kuliah saya namanya Pembelajaran Berbasis Daring,” kata Ishaq.

 

Dosen Fisika

 

Ishaq Madeamin merupakan dosen Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, dan saat ini menjabat Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Unismuh Makassar.

LP2AI merupakan lembaga khusus yang didirikan Unismuh Makassar untuk mendukung keterampilan dosen Unismuh melaksanakan proses pembelajaran.

Di lingkungan Unismuh Makassar, Ishaq merupakan desainer Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Unismuh Makassar. Ia juga merupakan Ketua Tim Unismuh yang berhasil meloloskan proposal program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Kemendikbud-Ristek.

 

Bersaing Secara Nasional

 

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse mengapresiasi pencapaian Ishaq Madeamin dan menyatakan bahwa keberhasilan tersebut merupakan bukti tingginya kualitas dosen Unismuh Makassar.

 “Alhamdulillah, prestasi ini membuktikan bahwa kualitas dosen Unismuh dapat bersaing di pentas nasional. Semoga Pak Ishaq mampu menularkan prestasinya kepada dosen-dosen lain, dan mampu memperkuat kualitas pembelajaran di Unismuh Makassar,” kata Ambo Asse.

Pencapaian ini menambah deretan prestasi Unismuh pada tahun 2021. Beberapa waktu lalu, Unismuh juga meraih penghargaan LLDIKTI IX Awards, dalam 4 kategori. Pertama, Perguruan Tinggi Akademik Penerima Dana Penelitian Terbesar Hibah Kompetisi Nasional SIBLIBTABMAS Klaster Utama.

Kedua, Perguruan Tinggi dengan Perolehan Profesor Terbanyak Periode Tahun 2019-2021.

Ketiga, Unismuh juga merupakan peraih Nominasi Perguruan Tinggi Akademik dengan Alumni Pekerja Migran Terbanyak.

Keempat, Unismuh  meraih nominasi Perguruan Tinggi Akademik dengan Implementasi Kerjasama Terbaik.

Tak hanya itu, Unirank, lembaga pemeringkatan universitas yang berbasis di Sydney Australia, menempatkan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebagai Universitas Swasta terbaik di Sulawesi Selatan tahun 2021. (hs)

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply