Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Tim Peneliti MBKM Unismuh Makassar Paparkan Hasil Penelitiannya


Pedoman Karya 9:42 PM 0

HASIL PENELITIAN. Tim Peneliti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unismuh Makassar memaparkan hasil penelitiannya terkait dampak pelaksanaan MBKM di Unismuh Makassar, dalam acara seminar seminar hasil penelitian tingkat fakultas, di Aula Unit Business Centre (UBC), Lantai 2 Menara Iqra, Kampus Unismuh Makassar, Jumat, 24 Desember 2021. 



--------- 

Senin, 27 Desember 2021

 

 

Tim Peneliti MBKM Unismuh Makassar Paparkan Hasil Penelitiannya

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Tim Peneliti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar memaparkan hasil penelitiannya terkait dampak pelaksanaan MBKM di Unismuh Makassar.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kegiatan seminar hasil penelitian tingkat fakultas terkait evaluasi program implementasi MBKM dan dampaknya terhadap dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di Unismuh Makassar, di Aula Unit Business Centre (UBC), Lantai 2 Menara Iqra, Kampus Unismuh Makassar, Jumat, 24 Desember 2021.

Lima fakultas dilibatkan dalam penelitian ini, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Fakultas Agama Islam (FAI), serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Febis).

Seminar dihadiri sejumlah mahasiswa dan dosen, serta tenaga kependidikan. Pada sesi pemaparan, ketua tim peneliti dari masing-masing fakultas memaparkan hasil penelitian terkait hasil penelitian implementasi 8 (delapan) bentuk kegiatan pembelajaran pada program MBKM, dan rencana tindak lanjut terkait hasil penelitian yang diperoleh.

Ketua Divisi Pengembangan Kurikulum dan MBKM Unismuh Makassar, Dr Andi Mulawakkan Firdaus, menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Dikti Ristek Kemdikbud Ristek Tahun 2021.

“Dibutuhkan kerjasama dari setiap elemen yang ada di kampus, baik itu dari dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa untuk memaksimalkan implementasi MBKM di Universitas Muhammadiyah,” kata Mulawakkang.

Ketua Lembaga Penelitian, Pengambangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar, Dr H Abubakar Idhan, selaku Penanggung Jawab kegiatan menyatakan bahwa ini merupakan salah satu bentuk prestasi yang diraih oleh Unismuh Makassar, karena memperoleh bantuan dari Ditjen Dikti Ristek Kemdikbud Ristek Tahun 2021.

“Karena itulah, setiap fakultas yang terlibat pada kegiatan penelitian dampak MBKM ini, diharapkan memaksimalkan proses pelaksanaan, terutama dalam menghasilkan output penelitian ini berupa artikel pada jurnal nasional terakreditasi,” kata Abubakar.

Panitia Pelaksana Pelaksana, Dr Agustan S, yang mendampingi Abubakar Idhan, mengatakan, menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban pemaparan hasil penelitian dengan menseminarkan kemajuan hasil penelitian dampak implementasi bentuk kegiatan pembelajaran pada program MBKM yang dilaksanakan di Unismuh Makassar. (win)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply