Alat Produksi Gula Semut Unhas Makassar Digunakan Masyarakat Sinjai dan Sidrap

ALAT PRODUKSI. Pada kunjungan ke Fakultas Teknik, Rabu, 29 Desember 2021, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, juga meninjau hasil karya inovasi Alat Produksi Gula Aren yang dikerjakan pada Laboratorium Fakultas Teknik. (ist)


 




------

Sabtu, 01 Januari 2022

 

 

Alat Produksi Gula Semut Unhas Makassar Digunakan Masyarakat Sinjai dan Sidrap

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Fakultas Kehutanan bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar telah melakukan pengembangan terhadap alat produksi Gula Semut (gula merah versi bubuk).

Karya inovasi tersebut telah digunakan dengan sangat baik oleh masyarakat Kabupaten Sinjai selama tiga tahun, dan kemudian dikembangkan kepada masyarakat di Desa Lombo, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap.

Penanggungjawab alat produksi, Dr Muhammad Syahid, mengatakan, pengembangan alat produksi gula semut tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan sebuah tim yang diketuai Syahidah SHut MSi PhD.

“Pemerintah Kabupaten Sidrap sangat menyambut baik dan tertarik untuk mengembangkan alat produksi tersebut yang diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membantu percepatan proses produksi pengolahan gula aren yang sesuai dengan standarisasi, terutama untuk menjaga kebersihan produk,” jelas Muhammad Syahid.

Sebelumnya, masyarakat diberikan pembinaan dalam bidang produksi dan pengolahan produk guna menjaga dan meningkatkan kualitas produk dalam melakukan penjualan yang sesuai dengan persyaratan pemasaran.

“Ada beberapa desa yang telah didorong oleh Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk menghasilkan gula aren bubuk, karena produk gula semut memiliki potensi yang besar terutama dalam bidang ekspor, sehingga inovasi pengembangan alat produksi gula aren yang dibantu oleh Unhas dapat bermanfaat dalam memaksimalkan hasil produksi,” tutur Syahid.

Dalam mendukung peningkatan jumlah produksi produk Gula Semut tersebut, Fakultas Teknik Unhas melakukan perancangan alat produksi yang lebih modern dan inovatif yang telah dilakukan praktik uji coba kepada masyarakat Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) pada bulan September lalu.

Pada kunjungan ke Fakultas Teknik, Rabu, 29 Desember 2021, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, juga meninjau hasil karya inovasi Alat Produksi Gula Aren yang dikerjakan pada Laboratorium Fakultas Teknik.

Beliau menyampaikan apresiasinya terhadap pengembangan alat yang dilakukan untuk membantu masyarakat dalam mengolah produk Gula Semut. (kiya)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama