SD Negeri Borong Makassar Tanam Pohon dan Bersih Pantai di Tanjung Bayang

BERSIH-BERSIH PANTAI. Beberapa murid bersama orangtua dan guru SD Negeri Borong Makassar foto bersama sambil memegang karung untuk mengumpulkan sampah, di di Pantai Tanjung Bayang, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, Ahad, 16 Januari 2022. (ist)





----- 

Senin, 17 Januari 2022

 

 

SD Negeri Borong Makassar Tanam Pohon dan Bersih Pantai di Tanjung Bayang

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebagai sekolah yang baru saja meraih Adiwiyata Nasional, SD Negeri Borong Makassar, punya tanggung jawab sosial untuk menularkan perilaku ramah lingkungan ke masyarakat.

Dan SD Negeri Borong Makassar memilih cara melakukan tindakan nyata melalui Aksi Menanam Pohon dan Aksi Bersih Pantai di Pantai Tanjung Bayang, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sabtu-Ahad, 15-16 Januari 2022.

Aksi menanam pohon itu diikuti oleh keluarga besar SD Negeri Borong, mulai pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, serta sejumlah orang tua murid yang tergabung dalam Bunda Pustaka.

Pohon yang ditanam ada beberapa, di antaranya pohon kelapa dan palem. Pohon-pohon itu ditanam di sekitar Pondokan Ridho yang jadi tempat menginap mereka selama berada di Tanjung Bayang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengawas Sekolah Kecamatan Manggala, Dra Hj Singara MPd, Sekretaris Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Manggala, H Razak SPd, dan Ketua Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kecamatan Manggala, Sumardani SPd.

Keakraban dan semangat kekekuargaan tampak dalam acara keluarga besar SD Negeri Borong ini. Apalagi, pada malam hari, diadakan acara pelepasan purnatugas salah seorang guru yang sudah mengabdi di sekolah yang berada di Kecamatan Manggala itu, lebih dari 30 tahun. Bu Fatmawati SPd, nama guru itu, terangkat dan jadi guru di SD Negeri Borong, sejak 1988 hingga pensiun.

Bu Fatmawati diberi cenderamata sebagai kenang-kenangan. Salah satunya, berupa buku “Kabar dari Sekolahku”, yang berisi pemberitaan seputar aktivitas SD Negeri Borong dan profil sekolah dan guru di mana dia  termasuk di dalamnya.

Acara ini penuh haru, karena Bu Fatmawati bercerita kembali tentang masa awal dia membangun kariernya sebagai guru dan kondisi SD Negeri Borong kala itu.

Pada Ahad pagi, 16 Januari 2022, dilakukan acara bersih pantai dipimpin langsung Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriari Sabir MPd.

Dua kantong besar disediakan untuk menampung sampah-sampah yang dipungut. Sampah berupa eceng gondok, potongan kayu, dan plastik-plastik makanan kemasan dipungut. Guru dan murid sama-sama bergotong royong memungut sampah. Beberapa pengunjung pantai juga terlihat ikut.

Rusdin Tompo, salah seorang pemerhati pendidikan dan juga seorang penulis, mengatakan, aktivitas membersihkan pantai seperti yang dilakukan SD Negeri Borong Makassar, perlu jadi agenda rutin dan dilakukan bersama-sama dengan warga setempat, termasuk warga penerima manfaat yang sering berkunjung ke pantai.

“Biar lingkungan pantai tetap terjaga bersih dan pengunjung nyaman menikmati pantai,” kata Rusdin.

Banyaknya sampah di pantai bisa terjadi karena dibawa oleh ombak atau akibat perilaku pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Apalagi, banyak pedagang menawarkan jualannya dan tidak menyediakan tempat sampah.

“Jadi, aksi menanam pohon dan aksi bersih pantai oleh keluarga besar SD Negeri Borong ini, patut ditiru dan jadi bukti perilaku peduli dan ramah lingkungan,” kata Rusdin. (lom)


-----

Baca juga:

SD Negeri Borong Makassar Raih Adiwiyata Nasional 2021 

Dian Friani Ketua Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar

SD Borong Makassar Kembangkan Perpustakaan Lewat Jejaring dan Partisipasi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama