Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Dosen Unismuh Makassar Ikut Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian


Pedoman Karya 2:28 AM 0

KLINIK PROPOSAL PENELITIAN. Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr Abubakar Idhan, memberikan kiat-kiat dan strategi agar proposal penelitian lolos dan didanai Kemdikbudristek, pada Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian, di Ruang UBC Menara Iqra Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 03 Februari 2022. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)



-----

Kamis, 03 Februari 2022

 

 

Dosen Unismuh Makassar Ikut Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian

 

Abubakar Idhan: Penerimaan Proposal 25 Januari – 10 Februari 2022


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Seratusan dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian yang diadakan oleh Lembaga Penelitian Tahun 2022, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh, di Ruang UBC Menara Iqra Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis, 03 Februari 2022.

Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian yang dibuka secara resmi oleh Pelaksana Harian (Plh) Rektor Unismuh, Dr Abdul Rakhim Nanda, menampilkan tiga narasumber yaitu Dr Syamsiah (Asdir I Program Pascasarjana Unismuh), Dr Abubakar Idhan (Ketua LP3M Unismuh), dan Prof Andi Aladin (Dosen Universitas Muslim Indonesia / UMI Makassar).

Abubakar Idhan mengatakan, Ketua LP3M Unismuh Makassar memang rutin mengadakan klinik proposal penelitian dan pengabdian bagi para dosen Unismuh Makassar, serta selalu siap menerima dan membantu dosen yang ingin berknsultasi seputar penelitian dan pengabdian.

“Kemdikbudristek kini sedang membuka penerimaan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk pendanaan tahun 2022. Penerimaan proposal mulai tanggal 25 Januari hingga 10 Februari 2022,” papar Abubakar.

Dia juga mengemukakan kiat-kiat dan strategi agar proposal penelitian dan proposal pengabdian bisa lolos dan didanai Kemdikburistek.

“Kalau ingin lolos didanai, maka semua proposal wajib mengikuti panduan dan berpedoman pada template penyusunan proposal. Penyusunan anggaran pada RAB (Rencana Anggaran Biaya) juga harus berdasarkan Standar Biaya Keluaran (SBK) yang sesuai Peraturan Menteri Keuangan,” kata Abubakar.

 

Persaingan Makin Ketat

 

Plh Rektor Unismuh, Abdul Rakhim Nanda yang membuka kegiatan klinik proposal nmenyampaikan apresiasi kepada LP3M atas inisiatifnya mengadakan Klinik Proposal Penelitian dan Pengabdian bagi para dosen Unismuh.

“LP3M Unismuh Makassar saat ini telah berada pada klaster utama. Persaingan memenangkan hibah menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, dosen-dosen Unismuh harus diberikan bekal,” kata Rakhim.

Wakil Rektor I Unismuh Makassar juga mengapresiasi perkembangan jurnal ilmiah yang ada di Unismuh, yang hingga penghujung 2021, sudah ada 15 jurnal ilmiah terakreditasi.

Rakhim Nanda berharap 49 program studi yang ada di Unismuh masing-masing dapat membuat jurnal terakreditasi.

Dia juga menyinggung persiapan akreditasi institusi pada tahun 2023 mendatang.

“Elemen yang paling tinggi nilainya setelah sumber daya manusia adalah penelitian. Kalau ini gagal kita upgrade secara maksimal, jangan berharap kita mampu meraih akreditasi unggul,” kata Rakhim Nanda. (zak)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply