Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Indahnya Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa


Pedoman Karya 4:51 PM 0

SHALAT DHUHA. Salah satu cara pendidikan karakter dalam bentuk pembiasaan yang telah dilaksanakan oleh siswa UPTD SDN 70 Manjalling, di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, adalah dengan pembiasaan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah. (Foto: Melati Syahrir)






----- 

PEDOMAN KARYA

Senin, 07 Februari 2022

 

 

Indahnya Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa

 

 

Oleh: Melati Syahrir

(Guru SD 70 Manjalling, Maros)

 

Dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dijelaskan bahwa PPK dilaksanakan dengan menerapkan delapan belas nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu.

Juga semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungjawab.

Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas secara akademis dan juga cerdas jasmani dan rohani. Penguatan pendidikan karakter bisa dilakukan dengan pembiasaan.

Salah satu cara pendidikan karakter dalam bentuk pembiasaan yang telah dilaksanakan oleh siswa UPTD SDN 70 Manjalling, di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, adalah dengan pembiasaan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah.

Siswa kelas 6 B sangat antusias mengikuti pelaksanaan shalat dhuha berjamaah meskipun dilaksanakan di kelas mereka, seusai pelaksanaan upacara bendera dan sebelum memulai pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Senin, 07 Februari 2022.

Pembiasaan ini diharapkan mampu menunjukkan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan siswa bersifat positif terhadap karakter siswa, seperti karakter suka menjalin silaturahim antarsiswa, karakter saling menghargai dan rasa hormat, karakter terbiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada pencipta.

Juga karakter hilangnya individualisme yang berlebihan, dan karakter disiplin untuk datang tepat waktu ke sekolah, melakukan aktivitas yang baik secara berulang-ulang, dan disiplin menjalankan perintah agama.

Kepala UPTD SDN 70 Manjalling, Anisah SPd, mengatakan, dari sini dapat dikatakan bahwa kegiatan pembiasaan kegiatan shalat dhuha berjamaah sangat bermanfaat untuk menumbuhkan karakter positif pada diri siswa.***

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply