Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Sulawesi Bahas Profil Lulusan dan Riset Publikasi

Pelaksana Harian (Plh) Rektor Unismuh Makassar, Dr Abdul Rakhim Nanda, memberikan sambutan pada pembukaan Pendampingan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Sulawesi, yang diselenggarakan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, di Kampus Unismuh Makassar, Selasa, 01 Februari 2022. (ist)


 


-----

Rabu, 02 Februari 2022

 

 

Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Sulawesi Bahas Profil Lulusan dan Riset Publikasi

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 13 perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Sulawesi berkumpul di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, mengikuti Pendampingan PTM yang diselenggarakan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Selasa – Jumat, 1-4 Februari 2022.

Dalam pendampingan itu dibahas masalah akreditasi institusi perguruan tinggi, Outcome Based Education (OBE) dan strategi penyusunannya, profil lulusan dan bahan kajian, dan pembobotan mata kuliah, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), riset publikasi, PKM dan AIK, serta penyusunan RPS berbasis OBE.

Ke-13 PTM tersebut terdiri atas dua PTM dari Sulawesi Barat (Sulbar), dua PTM dari Sulawesi Tenggara (Sultra), satu PTM dari Gorontalo, dua PTM dari Sulawesi Tengah (Sulteng), dan enam PTM dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dua PTM dari Sulbar yaitu Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Polewali Mandar, dan Universitas Muhammadiyah Mamuju.

Dua PTM dari Sultra yaitu Universitas Muhammadiyah Buton, dan Universitas Muhammadiyah Kendari.

Satu PTM dari Gorontalo yaitu Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dua PTM dari Sulteng yaitu Universitas Muhammadiyah Palu, dan Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Enam PTM dari Sulsel, yaitu Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Universitas Muhammadiyah Palopo, Universitas Muhammadiyah Parepare, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, dan Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Pembicara yang diundang pada Pendampingan PTM tersebut yaitu Prof Achmad Nurmandi (Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah / Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Dr Nuryakin SE MM, Agustiyara MSc, dan Dr Salahuddin SIP MSi MPA, Ahmad Muttaqien PhD, Prof Dr H Irwan Akib MPd, Muhammad Muchlas Rowi SS MM, Amika Wardana PhD, dan Rahmat Suprapro SAg MSi.

 

Tradisi Unggul di PTM

 

Acara Pendampingan PTM dibuka secara resmi oleh Ketua PP Muhammadiyah diwakili Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Irwan Akib, yang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut pendampingan berorientasi mendorong PTM agar memiliki tradisi unggul, termasuk dalam penyiapan akreditasi institusi maupun prodi.

Irwan juga menyinggung kehadiran beberapa Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) yang mulai akan berjalan pada 01 April 2022.

Selain Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), kata Irwan, juga akan segera beroperasi LAM Kependidikan, LAM Teknik, LAM MIPA, dan beberapa LAM bidang ilmu lainnya.

“Kehadiran LAM ini bertujuan agar ciri khas masing-masing Prodi bisa dimunculkan,” Irwan yang mantan Rektor Unismuh dan kini Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Makassar.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, katanya, senantiasa melaksanakan pendampingan setiap saat, bukan sekadar menjelang pelaksanaan akreditasi.

“Proses akreditasi dilaksanakan sepanjang tahun, bukan tiba masa tiba akal. Pengumpulan dokumen akreditasi merupakan bagian dari budaya kerja, sehingga menghasilkan budaya mutu di PTM,” papar Irwan.

 

PTM Maju Bersama

 

Pelaksana Harian (Plh) Rektor Unismuh Makassar, Dr Abdul Rakhim Nanda, dalam sambutannya selaku tuan rumah mengungkapkan bahwa ide kegiatan pendampingan bermula saat berdiskusi dengan Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Achmad Nurmandi.

“Awalnya kegiatan ini hanya untuk internal prodi yang ada di Unismuh, tapi sengaja digabung agar silaturrahimnya lebih mantap, sehingga PTM yang ada di Sulawesi ini bisa maju bersama-sama,” ungkap Rakhim Nanda yang sehari-hari menjabat Wakil Rektor I Unismuh Makassar.

Beberapa Rektor PTM tampak hadir dalam pembukaan acara ini. Peserta pendampingan sebanyak 201 orang, yang terdiri dari para wakil rektor bidang akademik, serta wakil rektor bidang pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan. (ima)


-----

Baca juga:

AMINEF Sosialisasi Beasiswa di Unismuh Makassar, Erwin Akib: Mahasiswa FKIP Sekarang Sedang di Amerika 

Unismuh Makassar Bangun Gedung Fakultas Kedokteran Berlantai 12 di Kabupaten Gowa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama