Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » SMA Islam Lasharan Jaya, SMA Islam Pertama di Pallangga Gowa


Pedoman Karya 3:17 AM 0

BEBAS SPP. Untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) di angkatan kedua Tahun Ajaran 2022/2023, SMA Islam Lasharan Jaya menawarkan beberapa hal kepada calon siswa baru, antara lain calon pelajar yang mendaftar sebelum bulan Maret 2022, dibebaskan dari pembayaran uang pangkal 100 persen, dan bagi siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik dibebaskan pembayaran SPP selama 12 bulan. (ist)


 

-----

Sabtu, 05 Februari 2022

 

 

SMA Islam Lasharan Jaya, SMA Islam Pertama di Pallangga Gowa

 

 

Angkatan Pertama Bebas SPP Selama Satu Tahun

Penerimaan Siswa Baru Dimulai Maret 2022

 

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Yayasan Lasharan Makassar mendirikan sebuah sekolah yang diberi nama SMA Islam Lasharan Jaya dan berlokasi di Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sekolah dengan izin operasional berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan, Nomor 20/K.02/PTSP/2020, merupakan SMA Islam pertama di Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

SMA Islam Lasharan dibangun di atas tanah seluas 1000 m2 dan telah melaksanakan proses belajar mengajar sejak tahun 2021, dengan mematuhi prokes secara ketat. Siswa-siswinya berasal dari Kecamatan Pallangga dan kini telah memasuki semester kedua. Para pelajar angkatan pertama itu bebas SPP selama satu tahun.

“SMA Islam Lasharan ini adalah unit bidang pendidikan setingkat SMA yang pertama didirikan Lasharan Jaya Grup. SMA ini didedikasikan untuk membangun SDM (sumber daya manusia) generasi penerus yang kuat, tangguh, dan Islami,” kata Ketua Badan Pendiri SMA Islam Lasharan Jaya Gowa, Dr Hernita Sahban, kepada wartawan di Makassar, Sabtu, 05 Februari 2022.

Dalam pengelolaan sekolah tersebut, pihak yayasan mempercayakan jabatan kepala sekolah kepada Dra Yayu Wahyuni Yuritman MSi. Mantan Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Gowa ini punya segudang pengalaman dan telah malang melintang di dunia pendidikan lebih dari 30 tahun.

Untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) di angkatan kedua Tahun Ajaran 2022/2023, SMA Islam Lasharan Jaya menawarkan beberapa hal kepada calon siswa baru, antara lain calon pelajar yang mendaftar sebelum bulan Maret 2022, dibebaskan dari pembayaran uang pangkal 100 persen, dan bagi siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik dibebaskan pembayaran SPP selama 12 bulan.

Keunggulan lain dari SMA yang bernuansa biru dan berada dalam suasana desa nan hijau ini, karena merupakan SMA bernuansa Islam pertama di Desa Jenetallasa.

“Ada beberapa desa yang berdekatan dengan Desa Jenetallasa, yaitu Desa Kanjilo, Desa Tamannyeleng, dan Desa Taeng, yang kesemuanya berada di Kecamatan Pallangga, Gowa, namun tidak ada SMA bernafaskan Islam pada tiga desa itu. Jadi, satu-satunya SMA Islam di Desa Jenetallasa dan sekitarnya hanya SMA Islam Lasharan Jaya,” kata Hernita yang sehari-hari menjabat etua STIM Lasharan Jaya Makassar.

Dengan keberadaan SMA Islam Lasharan diharapkan bisa menjadi pilihan utama bagi warga sekitar Kecamatan Pallangga dan warga Kecamatan Barombong yang ingin menyekolahkan anak-anak dan keluarga mereka di SMA bernafaskan Islam.

Di SMA tersebut, selain proses belajar mengajar yang formal, ada juga kegiatan ektra-kurikuler seperti les Bahasa Inggris dan Latihan Taekwondo.

“Semoga SMA Islam Lasharan Jaya Gowa bisa menjadi tempat lahirnya generasi penerus yang tidak hanya pintar tapi juga berbudi pekerti luhur,” Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, kata Hj Rike Susanti ST, saat dimintai pendapatnya tentang SMA Islam Lasharan Jaya Gowa.

 

Yayasan Lasharan Makassar

 

Yayasan Lasharan Makassar diprakarsai oleh Dr H Sahban Liba MM. Pria kelahiran Kalosi, Enrekang, 85 tahun silam, mengawali bisnisnya dengan membangun gedung serbaguna di Makassar tahun 1990. Gedung yang bernama Lasharan Garden itu berdiri di atas lahan seluas 1 hektar dan terletak di Jalan Abdullah Daeng Sirua, Makassar.

Setelah itu, pria yang dikarunia 4 pasangan anak-mantu serta tujuh cucu ini kemudian mendirikan lagi sekolah tinggi yang diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan (STIMLash) Jaya Makassar.

Kampus ini berada satu area dengan gedung Lasharan Garden. Kampus yang didirikan pada tahun 2001 itu sudah menggelar wisuda lebih dari 10 kali dan mencetak lebih dari 1200 sarjana manajemen.

Tidak hanya sampai disitu, pensiunan marinir dengan pangkat  kolonel itu merambah juga ke bisnis wisata alam. Sebuah resort dan water boom dibangun di Desa Kalimbua, Kabupaten Enrekang. Tempat wisata itu berdiri di atas tanah seluas 5 Ha.

“Semua yang saya bangun itu sebagai wujud darma bakti saya terhadap negeri ini. Semoga anak-cucu saya dapat meneruskan perjuangan saya dan memberi manfaat kepada banyak orang, dunia hingga akhirat,” tutur Sahban liba. (asnawin)

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply