MTQ Takalar 2022 Perlombakan Hafalan, Tafsir, Seni Kaligrafi, dan Karya Tulis




Rabu, 02 Maret 2022



MTQ Takalar 2022 Perlombakan Hafalan, Tafsir, Seni Kaligrafi, dan Karya Tulis



TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXXII Tingkat Kabupaten Takalar akan digelar 22 Maret 2022.

Nomor yang diperlombakan meliputi cabang seni baca Al-Qur'an, cabang Qira'at Al-Qur'an, cabang Hafalan Al-Qur'an, cabang Tafsir Al-Qur'an, cabang Fahm Al-Qur'an, cabang Syarh Al-Qur'an, cabang Seni Kaligrafi Al-Qur'an, dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an (KTIQ) putra dan putri.

"Kita telah melaksanakan seleksi di tingkat kecamatan, dan selanjutnya MTQ Tingkat Kabupaten tanggal 22 Maret 2022, dan selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bone pada bulan Mei mendatang," jelas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Takalar Dr H Muhammad. 

Hal itu ia kemukakan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Takalar, yang diselenggarakan oleh Kemenag Takalar, di Aula Al-Ikhlas Kantor Kemenag Takalar, Selasa, 01 Maret 2022.

"Peserta yang lolos seleksi akan dilakukan pembinaan dan karantina untuk memperdalam dan meningkatkan hafalan kafilah," kata Muhammad.

Sekda Takalar Muhammad Hasbi, selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Takalar dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa pendidikan merupakan ujung tombak dalam mempersiapkan generasi harapan masa depan. 

Salah satu ciri generasi tersebut adalah memiliki karakter spiritual keagamaan.

"Dalam pelaksanaan MTQ mendatang, Pemerintah Kabupaten Takalar siap mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, dan kita berupaya agar prestasi yang dicapai tahun 2021 yakni masuk 9 besar, terus kita tingkatkan dan bisa masuk 5 besar bahkan bisa menjadi juara umum," kata Hasbi. 

Untuk itu, diharapkan kerjasama para pembina dan pelatih dalam melakukan  pembinaan dan betul-betul melakukan seleksi yang selektif dalam mencari bibit unggul untuk ikut berlomba nanti. 

"Juga memberi motivasi kepada kafilah yang akan mengikuti lomba sehingga dapat meraih juara dan mengharumkan nama daerah kita, Kabupaten Takalar," tutur Hasbi. 

Rapat koordinasi dihadiri Kabag Kesra Setda Takalar, para camat, para pengurus, ketua bidang LPTQ Kabupaten Takalar, serta para Kepala KUA Kabupaten Takalar. (Hasdar Sikki) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama