Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Pantun Perpisahan Saleh Pallu Sebagai Rektor Unibos Makassar


Pedoman Karya 2:10 AM 0

PANTUN PERPISAHAN. Rektor Unibos Makassar Prof Saleh Pallu (kiri) foto bersama Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Prof Muhammad Jufri. Saleh Pallu membacakan pantun perpisahan pada acara wisuda Unibos, di Makassar, Kamis, 31 Maret 2022. (ist)  






----- 

Selasa, 05 April 2022

 

 

Pantun Perpisahan Saleh Pallu Sebagai Rektor Unibos Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Setiap ada pertemuan pasti ada pula perpisahan. Demikian pula yang dialami Prof Dr Ir H Muhammad Saleh Pallu MEng. Pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan, 10 September 1955, mengakhiri masa jabatannya sebagai Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar pada pertengahan April 2022.

Saleh Pallu dua kali menjabat rektor. Periode pertama 2014-2018, dan periode kedua 2018-2022. Pada Kamis, 31 Maret 2022, ia memberikan laporan terakhir sebagai rektor pada Wisuda Pascasarjana (S2) dan Sarjana (S1) angkatan ke-61 periode I tahun akademik 2021-2022 Unibos.

Rupanya, mantan Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tidak sekadar membacakan laporan sebagai rektor, melainkan juga menulis pantun perpisahan, yang dibacakan pada akhir sambutannya. Pantunnya sebagai berikut:

 

Berhembus payu angin mengalir

Sejuknya hingga ke ujung pohon

Sambutlah salam pesan terakhir

Kusampaikan melalui untaian pantun

 

Jangan tebang kayu yang basah

Buat masak tak akan beres

Selamat jalan selamat berpisah

Semoga semuanya semakin sukses

 

Pantun yang dibacakan Saleh Pallu itu langsung mendapat tepuk tangan meriah dan senyum gembira Founder Bosowa Aksa Mahmud, Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat, para pimpinan Unibos, dosen, para wisudawan, serta ratusan tamu dan undangan.

Dalam kegiatan wisuda Angkatan 61 ini turut dilakukan penandatanganan MoU dengan Institut Teknologi dan Bisnis Arung Palakka (Dr Rabiatul Adawiyah MPd), Universitas Mega Buana Palopo (Dr Hj Nilawati Uly SSi Apt MKes), Institut Teknologi dan Bisnis Kalla (Syamril ST MPd), serta disaksikan langsung Bupati Banggai Laut Sulteng, Sofyan Kaepa SH.

Dalam laporannya, Saleh Pallu mengatakan, pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk memberikan yang terbaik bagi wisudawan dan sivitas akademika Unibos.

“Pandemi tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk tetap memberikan layanan terbaik untuk sivitas akademika Unibos melalui kerja yang rapih, cerdas, keatif dan inovatif. Proses wisuda akademik 2021-2022 dapat diselenggarakan dengan baik, penuh hikmat, dan semangat,” kata Saleh.

Beliau juga berharap pandemi tidak mematahkan dan mengurangi semangat dalam menjalankan acara wisuda hari ini.

“Kami harapkan kebahagiaan kita semua tidak berkurang sedikitpun. Karena di hari ini, kita bersama-sama melaksanakan prosesi wisuda 486 orang wisudawan dan wisudawati dari program pascasarjana dan program sarjana yang beberapa di antaranya memperoleh hasil yang terbaik,” kata Saleh.

Karena wisuda kali ini merupakan wisuda terakhirnya sebagai Rektor Unibos, ia pun menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika dan wisudawan.

“Wisuda hari ini merupakan wisuda yang terakhir bagi saya sebagai Rektor Unibos, karena pada 17 April 2022, akan diadakan pergantian rektor. Oleh sebab itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh sivitas akademika dan wisudawan Unibos apabila ada kebijakan yang saya buat dan putuskan tidak berkenan di hati kalian,” kata Saleh.

Founder Universitas Bosowa, H Aksa Mahmud, dalam sambutan singkatnya mengatakan Universitas Bosowa kini mengalami peningkatan.

“Semoga kerjasama Unibos dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia terus berjalan mesra dan baik, agar perguruan tinggi ini menjadi perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,” kata Aksa.

Dia juga mengatakan, “Rektor (Prof Saleh Pallu) telah mengantarkan Unibos menjadi universitas terkemuka di kawasan timur Indonesia. Kita telah menjadi universitas terpandang, dari yang awalnya peringkat 395 meningkat ke peringkat 82. Suatu kebanggaan yang sangat luar biasa.” (asnawin)

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply