Prodi PAI Unismuh Makassar Raih Akreditasi Unggul

AKREDITASI UNGGUL. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih nilai Akreditasi Unggul pada Mei 2022.







-----

Rabu, 11 Mei 2022

 

 

Prodi PAI Unismuh Makassar Raih Akreditasi Unggul

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih nilai Akreditasi Unggul pada Mei 2022.

“Syukur alhamdulillah, BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), tanggal 10 Mei 2022, telah menetapkan bahwa tingkat Akreditasi Prodi PAI dikonversi menjadi Unggul,” ungkap Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar, Dr Amirah Mawardi, kepada wartawan di Makassar, Rabu, 11 Mei 2022.

Dengan raihan tersebut, kata Amirah, maka Prodi PAI menjadi Prodi pertama dari 49 Prodi di Unismuh Makassar yang berhasil meraih nilai Akreditasi Unggul.

Prodi lainnya yang sudah mengantongi nilai Akreditasi A (yang sekarang diganti namanya menjadi Akreditasi Unggul) masih menggunakan akreditasi tujuh standar.

Dalam aturan yang dikeluarkan oleh BAN-PT Nomor 1 tahun 2022 dijelaskan bahwa peringkat akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT terdiri atas Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

“Hasil perolehan Akreditasi Unggul ini melalui Proses ISK (Instrumen Suplemen Konversi) dan diberikan kepada setiap Prodi yang telah Terakreditasi A,” jelas Amirah.

Dia mengatakan, capaian yang membanggakan itu tidak terlepas dari kerja dan kinerja seluruh civitas agama Fakultas Agama Islam dan Prodi.

“Syukur alhamdulillah ‘ala’ kulli hal. Ini semua dapat terwujudkan karena kerja keras, kerja kompak, dan kerja tulus dari segenap tim fakultas dan Prodi PAI,” kata Amirah.

Ia menekankan capaian ini merupakan hasil dari kerja sama segenap Civitas Akademik Fakultas Agama Islam, baik mahasiswa, alumni, dosen, tenaga pendidik, pimpinan prodi, pimpinan fakultas, dan tentunya dukungan penuh dari Pimpinan Universitas Muhammadiyah Makassar.

 

Lima Bulan

 

Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Unismuh, Nurhidayah M, membeberkan, capaian prodi yang ia pimpin ini merupakan hasil dari penantian selama kurang lebih lima bulan pascapengiriman berkas ISK (Instrumen Suplemen Konversi).

Sejak awal pihaknya memang menargetkan meraih Predikat Unggul yang merupakan hasi konversi dari Predikat A.

“Syukur alhamdulillah, tidak ada kendala yang kami hadapi selama proses. Ini karena kerjasama tim, dukungan dari pimpinan universitas sampai pimpinan fakultas beserta dukungan dari para dosen,” tandas Nurhidayah.

Secara khusus, Kaprodi PAI Unismuh ini berterima kasih kepada Badan Penjaminan Mutu dan Tim Gugus Kendali Mutu FAI Unismuh. Ia berharap, prestasi tertinggi yang telah diraih ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. (her)


-----

Baca juga:

Dua Prodi FAI Unismuh Makassar Peroleh Akreditasi A, Direktur Diktis Kemenag RI Beri Apresiasi

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama