Alif Laam Miim

Alif laam miim
 



 





-----

PEDOMAN KARYA

Sabtu, 09 Juli 2022


Surah Al-Baqarah, Ayat 1:

 

 

Alif Laam Miim

 

 

Alif laam mim. (QS 1 / Surah Al-Baqarah, ayat -1)

 

--------

Catatan kaki:

- Beberapa surah dalam Al-Qur'an dibuka dengan huruf abjad seperti Alif Lam Mim, Alif Lam Ra', dan sebagainya. Makna huruf-huruf itu hanya Allah yang tahu.

- Ada beberapa pendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama surah dan ada pula yang berpendapat bahwa gunanya untuk menarik perhatian, atau untuk mengisyaratkan bahwa Al-Qur'an itu diturunkan dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad tersebut.


----

Ayat sebelumnya:

Jalan Orang-orang Yang Telah Engkau Beri Nikmat

Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus


-----

Keterangan mengenai QS. Al-Baqarah

 

Surat Al Baqarah yang 286 ayat itu turun di Madinah yang sebahagian besar diturunkan pada permulaan tahun Hijrah, kecuali ayat 281 diturunkan di Mina pada Hajji wadaa' (hajji Nabi Muhammad s.a.w. yang terakhir).

Seluruh ayat dari surat Al Baqarah termasuk golongan Madaniyyah, merupakan surat yang terpanjang di antara surat-surat Al Quran yang di dalamnya terdapat pula ayat yang terpancang (ayat 282).

Surat ini dinamai Al Baqarah karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67 sampai dengan 74), dimana dijelaskan watak orang Yahudi pada umumnya.

Dinamai Fusthaatul-Quran (puncak Al Quran) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain. Dinamai juga surat alif-laam-miim karena surat ini dimulai dengan Alif-laam-miim.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama