Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Kerukunan Masyarakat Bulukumba Berkurban 8 Ekor Sapi


Pedoman Karya 2:56 AM 0

SAPI KURBAN. Ketua DPP KMB, Jumrana Salikki (paling kiri) bersama Sekda Bulukumba Muhammad Ali Saleng (kedua dari kiri) menyerahkan tali kekang sapi secara simbolis kepada Kepala Desa Swatani, Dodi Haryadi, di Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, Sabtu, 09 Juli 2022. DPP KMB menyerahkan delapan ekor sapi kurban untuk enam desa, satu kelurahan, dan satu pondok pesantren di Bulukumba. (ist)




---

Ahad, 10 Juli 2022

 

 

Kerukunan Masyarakat Bulukumba Berkurban 8 Ekor Sapi

 


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Masyarakat Bulukumba (DPP KMB) menyerahkan delapan ekor sapi kurban kepada masyarakat, di Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sabtu, 09 Juli 2022.

Ke-8 ekor sapi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPP KMB, Jumrana Salikki, kepada Bupati Bulukumba diwakili Sekda Muhammad Ali Saleng. Jumrana pada kesempatan itu didampingi Sekretaris DPP KMB Dr Danial (domisili Banten) dan Ketua KMB Jawa Barat, Andi Kamaruddin Jeman, sedangkan Ali Saleng didampingi Kepala Desa Swatani, Dodi Haryadi.

Jumran mengatakan, ke-8 ekor sapi tersebut dibagikan ke Desa Tamaona (Kecamatan Kindang), Desa Swatani (Kecamatan Rilau Ale), Pesantren Hidayatullah (Desa Garanta, Kecamatan Ujungloe), Kelurahan Kassi (Kecamatan Kajang), Desa Bontobangun (Kecamatan Rilau Ale), Desa Bontomangiring (Kecamatan Bulukumpa), Desa Bontonyeleng (Kecamatan Gantarang), dan Desa Bontolohe (Kecamatan Rilau Ale).

“Delapan ekor sapi ini berasal dari warga asal Bulukumba yang berdomisili di luar Provinsi Sulawesi Selatan, dan pembagian hewan kurban ini merupakan program kerja Kerukunan Masyarakat Bulukumba, sebagai wujud perhatian orang yang berasal Bulukumba di perantauan terhadap kampung halamannya,” jelas Jumrana.

Perempuan yang pernah maju sebagai Calon Bupati Bulukumba itu mengatakan, sebenarnya banyak orang asal Bulukumba yang ingin pulang kampung untuk lebaran Idul Adha tahun, namun karena libur lebaran sangat singkat sehingga hanya dapat mengirim dana kurban.

Alumni SMA Negeri 1 Bulukumba Tahun 1986 mengatakan, organisasi Kerukunan Masyarakat Bulukumba (KMB) yang dipimpinnya murni untuk kegiatan sosial budaya, serta wadah berhimpun dan bersilaturrahim sesama warga Bulukumba di perantauan.

“Alhamdulillah hanya sekitar tiga pekan saja bergerak, dana kurban terkumpul untuk delapan ekor sapi,” ungkap Jumrana.

Program Kurban Besama KMB ini digagas untuk bagaimana merangkul warga asal Bulukumba di perantauan luar untuk memberikan kontribusi kepada kampung halamannya.

“Jadi ini juga untuk merekatkan yang terserak, karena di luar itu banyak orang Bulukumba yang hebat, sehingga tugas KMB bagaimana menggugah mereka untuk pulang atau berkontribusi untuk kampung halamannya,” tutur Jumrana.

 

Patut Dicontoh

 

Sekretaris Daerah Bulukumba, Muhammad Ali Saleng, pada kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada keluarga besar KMB yang dipimpin Jumrana Salikki.

Kegiatan Kurban Bersama KMB tersebut, katanya, patut dicontoh sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga dan kampung halaman Bulukumba.

“Sebuah kesyukuran karena kita masih dalam keadaan sehat dan bisa bersilaturrahim dalam momentum hari Raya Idul Adha, semoga kegiatan seperti ini (kurban) terus berkelanjutan ke depan,” kata Ali Saleng yang juga alumni SMA Negeri 1 Bulukumba Tahun 1986.

Mantan Kadis Pariwisata memuji Jumrana Salikki yang menurutnya adalah sosok perempuan tangguh, pemberani dan punya nyali, sehingga wajar bila Jumrana Salikki memiliki kapasitas yang mumpuni dalam menggerakkan KMB karena memiliki wawasan dan jaringan yang banyak di luar.

“Kesan kami dari Pemerintah Daerah termasuk Bupati Bulukumba, bahwa KMB hadir untuk membantu atau memberi sumbangsih kepada Kabupaten Bulukumba,” kata Ali Saleng.

Pemerintah dan masyarakat Bulukumba, katanya, tentu harus berterima kasih warga asal Bulukumba yang berhimpun di KMB, karena meskipun mereka tidak pulang kampung namun kurbannya hadir di Bulukumba.

“Ini tidak main-main karena langsung delapan ekor,” kata Ali Saleng.

Ali Saleng berharap, ke depan masih banyak hal bisa dikerjasamakan dengan KMB di bawah kepemimpinan Jumrana Salikki yang memiliki jaringan yang luas. (dar)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply