Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Ketua PWI Takalar: Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa Sangat Dibutuhkan


Pedoman Karya 8:05 AM 0


PELATIHAN JURNALISTIK. Kadis Kominfo Takalar, Budiarosal, dan Ketua PWI Takalar, Hasdar Sikki, foto bersama panitia dan peserta Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa se-Kabupaten Takalar, di Hotel Empress, Jl Botolempangan, Makassar, Jumat, 15 Juli 2022. (ist)



----

Sabtu, 16 Juli 2022

 

 

Ketua PWI Takalar: Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa Sangat Dibutuhkan

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Pelatihan Jurnalistik bagi aparat desa ini sangat dibutuhkan, karena selama ini banyak kegiatan dan aktivitas di desa dan kelurahan yang tidak terekspos di media massa, sehingga tidak diketahui oleh masyarakat setempat, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, serta masyarakat luas.

“Padahal kegiatan atau aktivitas tersebut perlu diketahui, selain sebagai pertanggungjawaban publik, juga bisa menjadi pelajaran atau motivasi bagi aparat desa lainnya untuk melakukan hal yang sama,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Takalar, Hasdar Sikki.

Hal itu ia sampaikan pada Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa se-Kabupaten Takalar, di Hotel Empress, Jl Botolempangan, Makassar, Jumat, 15 Juli 2022, yang dibuka oleh Bupati Takalar diwakili Kadis Kominfo Budiarosal.

Hasdar mengatakan, Pelatihan Jurnalistik Bagi Aparat Desa diadakan oleh PWI Kabupaten Takalar bersama Dinas Kominfo dan Dinas Sosial PMD Kabupaten Takalar, agar aparat desa mampu menulis berita, mengambil gambar atau foto-foto kegiatan, dan juga menulis artikel tentang berbagai kegiatan dan aktivitas di desa untuk dipublikasikan di media massa dan juga di media sosial.

“Berita-berita yang dibuat oleh aparat desa nantinya dapat dikirim dalam bentuk rilis berita kepada teman-teman wartawan atau redaksi media massa untuk selanjutnya dimuat di media massa, sehingga mudah terpantau oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten, serta diketahui masyarakat luas,” tutur Hasdar Sikki.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan mendapatkan pengetahua tentang dunia jurnalistik, dunia media massa, dunia wartawan. Juga pentingnya sinergitas antara pemerintah, termasuk pemerintahan desa, dengan media massa.

Para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan tentang teknik penulisan berita, teknik fotografi, serta praktek penulisan berita.

“Jadi bukan hanya teori, tapi langsung praktek menulis berita, dan juga praktek memotret atau teknik mengambil gambar, sehingga setelah selesai mengikuti pelatihan ini, semua peserta sudah memiliki keterampilan dasar menulis berita dan fotografi jurnalistik,” kata Hasdar Sikki.

 

Materi Pelatihan

 

Materi yang diberikan kepada peserta pada pelatihan tersebut meliputi Peran Pemerintah Daerah dan PWI dalam Membangun Sinergitas dengan Pemerintah Desa di Kabupaten Takalar (Sekda Muhammad Hasbi), Peran Polri dalam Menyikapi Berbagai Pemberitaan Media (Kapolres Takalar).

Eksistensi Media sebagai Arus Informasi kepada Masyarakat dan Sosial Kontrol (Wakil Ketua PWI Sulsel, Suwardi Thahir), Peran Media sebagai Pilar Informasi dalam rangka Pengawasan Pembanguna Desa (Inspektur Inspektorat Kabupaten Takalar)

Materi lainnya, Peran Kejaksaan dalam Rangka Edukasi Kesadaran Hukum kepada Pemerintah Desa (Kepala Kejari Takalar), serta Tata Cara Penulisan Berita, Fotografi, Manajemen Redaksi dan Media Online (Pelatih Nasiona Wartawan PWI, Asnawin Aminuddin). (Muhammad Rajih Musdar)


-----

Berita terkait:

Jangan Hanya Sebar Berita di Media Massa, Sebarkan Juga di Media Sosial

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply