Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Pemandangan Indah nan Eksotis di Bijawang Bulukumba


Asnawin Aminuddin 12:46 AM 0

INDAH NAN EKSOTIS. Jika kita melintas dari arah kota menuju Tanete, Kecamatan Bulukumpa, dan setelah melewati jembatan, di sisi kanan tebing tinggi dan di sisi kiri jurang dan hamparan sawah nan yang cukup luas yang dibatasi aliran Sungai Balantieng, lalu di sebelah sungai terdapat tebing yang menjulang tinggi. (Foto-foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)





-----

PEDOMAN KARYA

Rabu, 27 Juli 2022

 

 

Pemandangan Indah nan Eksotis di Bijawang Bulukumba

 


Sejak tahun 70-an, ketika masih bocah, saya sudah takjub melihat pemandangan yang begitu indah nan eksotis di Desa Bijawang, Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba.

Saya kebetulan lahir dan besar di Bulukumba, tepatnya di Kampung Loka (sekarang Kelurahan Loka), Kecamatan Ujungbulu, yang merupakan ibukota Kabupaten Bulukumba.

Sejak lama saya ingin mengabadikan pemandangan indah di Bijawang, tetapi barulah saya mengabadikannya pada Selasa, 26 Juli 2022.

Kebetulan saya bersama salah seorang anak kami, naik sepeda motor dari kota (sebutan orang Bulukumba untuk pusat kota Kabupaten Bulukumba) ke Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba, dan jalan yang kami lewati melintasi Desa Bijawang.

Di Jalan Poros Provinsi Bijawang, terdapat sebuah jembatan yang melintang di atas Sungai Balantieng. Jembatan tersebut berjarak kurang lebih sepuluh meter dari dasar Sungai Balantieng.

Sungai Balantieng hingga kini masih tampak asli dengan banyaknya batu kali ukurang besar, sehingga aliran air sungai selalu tampak bersih dan indah dipandang mata.

Jika kita melintas dari arah kota menuju Tanete, Kecamatan Bulukumpa, dan sebelum mencapai jembatan di atas Sungai Balantieng, Desa Bijawang, di sisi kiri tebing tinggi dan di sisi kanan jurang yang di bawah sana terdapat sawah dan aliran Sungai Balantieng.

Setelah melewati jembatan, di sisi kanan tebing tinggi dan di sisi kiri jurang dan hamparan sawah nan yang cukup luas yang dibatasi aliran Sungai Balantieng, lalu di sebelah sungai terdapat tebing yang menjulang tinggi.

Pemandangan di sisi kiri itulah yang saya abadikan pada Selasa, 26 Juli 2022, yang kebetulan sawahnya tengah ditumbuhi padi nan menghijau.

Saya hanya mengambil dua gambar tapi saya tak henti-hentinya memuji kebesaran Allah SWT dan bersyukur atas karunia pemandangan yang begitu indah di Desa Bijawang, Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba.

Jika kebetulan melintas pada siang hari di daerah Bijawang dan menyerang jembatan di atas Sungai Balantieng, silakan singgah sejenak untuk melihat dan menikmati pemandangan indah nan eksotis di sekitar jembatan dan sungai tersebut. Selamat menikmati. (asnawin aminuddin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply