Murid SDN 35 Pao-pao Maros Dilatih Menulis Puisi dan Cerpen

PUISI DAN CERPEN. Siswa UPTD SDN 35 Pao-pao, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, yang telah mengikuti kelas Ekskul Bahasa Inggris unjuk kreativitas dengan menulis sebuah puisi dan cerita pendek (cerpen) dengan tema beragam. (Foto: Melatih Syahrir)
 




-----

Senin, 19 September 2022

 

 

Murid SDN 35 Pao-pao Maros Dilatih Menulis Puisi dan Cerpen

 


MAROS, (PEDOMAN KARYA). Siswa UPTD SDN 35 Pao-pao, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, yang telah mengikuti kelas Ekskul Bahasa Inggris unjuk kreativitas dengan menulis sebuah puisi dan cerita pendek (cerpen) dengan tema beragam.

Selain mereka belajar Bahasa Inggris, mereka diarahkan untuk mengenal dunia literasi baca-tulis. Mereka dibimbing langsung oleh tentor Bahasa Inggris sekaligus penggiat literasi oleh Melati Syahrir.

“Mengenalkan literasi harus dimulai sedini mungkin, supaya kelak ketika mereka dewasa dapat mencintai dunia literasi. Dengan mencintai literasi, anak-anak tidak akan mudah termakan budaya hoaks,” kata Melati Syahrir, kepada Pedoman Karya, di Makassar, Senin, 19 September 2022.

Ia sengaja menyelipkan aktivitas literasi baca tulis di sela-sela bimbingan ekskul Bahasa Inggris. Dia mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan menerjemahkan lingkungan lewat tulisan.

Karangan siswa ini merupakan kumpulan tulisan dari siswa kelas IV, kelas V, dan kelas VI yang mengikuti kegiatan ekskul Bahasa Inggris di UPTD SDN 35 Pao-pao.

“Kumpulan tulisan mereka akan dijadikan sebuah buku bunga rampai cerita pendek karya anak. Dengan bimbingan guru, ternyata usia dini tidak menghalangi anak untuk dapat menggoreskan tinta dan mulai menulis,” kata Melati.

Hadirnya karya ini mengenalkan anak bahwa menjadi penulis tidak dibatasi oleh umur, namun yang harus senantiasa dilakukan adalah terus menuangkan ide dalam lembar-lembar tulisan yang dapat dinikmati oleh orang-orang, serta dapat menjadikan manfaat bagi pembaca.

Awalnya hanya sekedar kegiatan belajar Bahasa Inggris yang dikoordinir oleh guru Syaridawati, Ketua oleh Ibu Partini, Sekretaris Ibu Diana, Bendahara Ibu Syamsinar, yang tidak lain mereka adalah orangtua dari siswa itu sendiri.

Kepala UPTD SDN 35 Pao-Pao, Mantang SPd MM, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi pembiasaan literasi yang dilakukan di kegiatan ekskul Bahasa Inggris.

“Dengan mengajak ataupun membimbing mereka menulis puisi atau cerita sederhana tentang pengalaman mereka di kegiatan tersebut, saya yakin dan percaya bahwa dari pembiasaan itu akan lahir pribadi yang gemar menulis ataupun mampu mengeluarkan isi hatinya melalui goresan pena dan nanti semakin cerdas dalam berlitetasi,” tutur Mantang.

Ia sangat bersyukur karena selain semangat dari anak-anak, dukungan penuh dari orang tua mereka sangat bernilai untuk kegiatan ini. Ia menilai kegiatan ini adalah sebuah dedikasi untuk membantu kemajuan anak bangsa.

Mantang berharap kegiatan literasi bukan milik sebagian orang, melainkan kerja bersama semua pihak yang terlibat, yakni murid, guru, dan orang tua siswa.

“Tujuan kita sama. Ingin membangun bangsa dengan sumber daya manusia yang kuat dan harus dimulai dengan literasi,” kata Mantang. (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama