Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Pesantren Maba Unismuh Makassar Digelar Secara Hibrid


Asnawin Aminuddin 1:44 AM 0

PESANTREN MABA. Wakil Rektor IV Unismuh, sekaligus Ketua Panitia Pesmaba Mawardi Pewangi (kedua dari kanan) memimpi Rapat Panitia Pesmaba, di Ruang Senat Universitas Menara Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 03 September 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)





-----

Sabtu, 03 September 2022

 

 

Pesantren Maba Unismuh Makassar Digelar Secara Hibrid

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 dengan kegiatan Pesantren. Kegiatan ini pembekalan mahasiswa dan pengenalan kampus ini diberi nama “Pesantren Mahasiwa Baru” (Pesmaba).

Pesmaba Unismuh bakal digelar secara hibrid, yakni secara luring dan daring, selama tiga hari, Rabu – Jumat, 7-9 September 2022.

Wakil Rektor IV Unismuh, sekaligus Ketua Panitia Pesmaba Drs KH Mawardi Pewangi MPdI mengungkapkan, mahasiswa yang hadir secara luring, yakni mahasiswa yang tinggal dalam asrama kampus.

“Dari mahasiswa yang diasramakan, kita akan hadirkan secara offline sekitar 150 orang. 100 orang dari Kedokteran, dan 50 lainnya dari mahasiswa Ma’had Al-Birr dan Pendidikan Ulama Tarjih,” ungkap Mawardi, dalam Rapat Panitia Pesmaba, di Ruang Senat Unismuh, Gedung Iqra Lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 03 September 2022.

Sementara sekitar 3500-an mahasiswa lainnya, bakal mengikuti Pesmaba secara daring melalui aplikasi Zoom.

Pembukaan Pesmaba sekaligus Pesmaba tingkat universitas dilangsungkan Rabu, 07 September 2022, selanjutnya Pesmaba tingkat fakultas dilangsungkan Kamis dan Jumat, 8-9 September 2022.

Mawardi mengatakan, dalam Pesmaba mahasiswa akan dibekali dengan materi-materi yang bersifat motivasi dan keterampilan, agar mereka mampu mengarungi kehidupan kampus, sesuai kultur Unismuh sebagai kampus Islami.

“Mahasiswa akan diperkenalkan alur proses akademik dan keuangan serta fungsi tiap lembaga kemahasiswaan yang ada di Unismuh Makassar,” kata Mawardi.

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa baru juga akan diperkenalkan dengan pola pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) yang dikembangkan di Unismuh.

Sementara untuk kegiatan praktek yang berlangsung di kelas para mahasiswa baru dibimbing cara salat menurut sifat salat nabi dan baca tulis Al-Qur'an.

“Ada juga praktik  ibadah sesuai tuntunan Nabi Muhammad saw, serta praktik membaca Alquran,” tambah Wakil Rektor yang membidangi pembinaan AIK di Unismuh ini.

Mawardi berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa baru telah siap mengikuti proses perkuliahan dan menghadapi dinamika kehidupan kampus di Unismuh.

Setelah menyelesaikan prosesi Pesmaba, mahasiswa baru Unismuh bakal dikukuhkan pada Kamis, 15 September 2022. (zak)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply