Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Puluhan Penghafal Qur’an Lolos Jadi Mahasiswa Baru Unismuh Makassar dan Terima Beasiswa


Pedoman Karya 8:02 PM 0

PENGHAFAL QUR'AN. Sebanyak 37 penghafal Qur’an lulus menjadi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun akademik 2022/2023, dan berhak mendapatkan beasiswa Hafidz Qur’an yang disediakan pihak kampus.
 





----

Selasa, 06 September 2022

 

 

Puluhan Penghafal Qur’an Lolos Jadi Mahasiswa Baru Unismuh Makassar dan Terima Beasiswa

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 37 penghafal Qur’an lulus menjadi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun akademik 2022/2023, dan berhak mendapatkan beasiswa Hafidz Qur’an yang disediakan pihak kampus.

“Ada 37 orang calon mahasiswa telah memenuhi syarat dan lulus seleksi beasiswa Hafidz Quran dengan berbagai kategori. Untuk kategori pertama, calon mahasiswa baru bisa menghafal minimal 20-30 juz, kategori kedua minimal 15 juz, kategori ketiga minimal 10 juz, dan kategori keempat minimal 5 juz,” kata Ketua Tim Seleksi Hafidz Qur’an, Dr Abbas Baco Miro, kepada wartawan di Makassar, Senin, 05 September 2022.

Para penghafal Qur’an tersebut bukan hanya berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, melainkan juga dari luar Sulawesi Selatan.

Kiai Abbas, sapaan Direktur Pendidikan Ulama Tarjih (PUT) Unismuh Makassar, mengatakan, mahasiswa baru yang lolos seleksi Beasiswa Hafidz Qur’an dibagi atas beberapa kriteria.

“Beasiswanya dibagi beberapa kriteria. Ada yang mendapatkan beasiswa sampai 100 persen, ada yang 75 persen, ada yang 50 persen, dan ada yang 25 persen. Beasiswa 100 persen diberikan kepada penghafal Qur’an antara 20 sampai 30 juz,” rinci Kiai Abbas.

Dia menjelaskan, para maba jalur beasiswa Hafidz Qur’an terdaftar sebagai mahasiswa baru pada Program Studi Pendidikan Kedokteran, Program Studi Ahwal Syakhshiyah (Hukum Keluarga), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sekadar informasi, mahasiswa PUT yang diterima tahun ini sebanyak 69 orang (34 putra dan 29 putri).

“Mahasiswa kedokteran akan tinggal di asrama mahasiswa selama satu tahun, sedangkan mahasiswa PUT akan tinggal di asrama mahasiswa selama empat tahun,” kata Kiai Abbas, seraya menambahkan bahwa mahasiswa baru Pesantren Ulama Tarjih (PUT) Unismuh Makassar tahun ini sebanyak 69 orang, terdiri atas 34 putra dan 29 putri. (has)


----

Berita terkait:

Wisudawan Terbaik Unismuh Makassar Ternyata Seorang Penghafal Al-Qur’an

Unismuh Makassar Siapkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi, Hafidzh Qur’an, dan Kader IPM


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply