Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Seorang Warga Manggarai NTT Terlantar di Bulukumba


Pedoman Karya 7:24 PM 0

ORANG TERLANTAR. Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Bulukumba, Sappewali (paling kiri) bersma timnya foto bersama dengan Binus, di Terminal Bulukumba, Jumat, 16 September 2022. Binus akan dipulangkan dari Bulukumba ke Manggarai NTT, Senin, 19 September 2022.




-----

Sabtu, 17 September 2022

 

 

Seorang Warga Manggarai NTT Terlantar di Bulukumba

 

 

Dinas Sosial Bulukumba Bantu Fasilitasi untuk Dipulangkan

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Seorang pria paruh baya warga Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Binus, sudah beberapa waktu terlantar di Bulukumba. Ia lebih sering terlihat di Terminal Bulukumba.

Keberadaan Binus kemudian dilaporkan kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan Dinas Sosial (Dinsos) setempat langsung menemui Binus di terminal, Jumat, 16 September 2022.

Kepada tim dari Dinas Sosial Bulukumba, Binus mengaku dirinya adalah warga Desa Bangkong, Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari hasil penelusuran tim Dinas Sosial Bulukumba diketahui Binus ternyata sudah pernah dipulangkan ke kampungnya, tetapi ia kemudian kembali lagi ke Bulukumba.

Ketika ditanya apakah dirinya mau pulang kampung, Binus mengaku mau tetapi ia tidak punya uang biaya transportasi pulang kampung.

“Kami tanya, apakah mau pulang kampung atau tidak? Dia bilang mau sekali, tapi tidak punya uang,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Bulukumba, Sappewali, kepada wartawan di Bulukumba, Jumat, 16 September 2022.

Dinas Sosial kemudian berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba untuk bantuan biaya pemulangannya dan Baznas bersedia memberikan biaya transportasi.

“Baznas siap memfasilitasi untuk biayanya, tapi kami bilang, secukupnya saja, tidak boleh lebih, karena kalau lebih, bisa jadi dipakai lagi kembali ke Bulukumba,” tutur Sappewali.

Selanjutnya, Dinas Sosial berkoordinasi dengan pihak Pelabuhan Bira dan pihak pelabuhan pun sudah siap menjemput dan memberangkatkannya dengan menggunakan kapal feri.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan, Senin (19 September 2022) kita pulangkan ke kampungnya dengan menggunakan kapal feri di Pelabuhan Bira,” kata Sappewali.

Sappewali mengemukakan, untuk memastikan agar Pak Binus benar-benar pulang kampung, maka pihaknya baru akan meninggalkan Pelabuhan Bira jika kapal feri sudah berangkat.

“Kami juga melakukan komunikasi dengan semua pihak terkait untuk pemulangan Binus ke Manggarai,” kata Sappewali.

Dia menambahkan, Dinas Sosial Bulukumba sudah beberapa kali turun tangan mengurusi orang terlantar.

“Kami juga pernah menjemput orang Bulukumba yang terlantar di Selayar karena kapalnya tenggelam. Pernah juga ada orang terlantar di Kelurahan Terang-terang Kecamatan Ujungbulu, dan juga ada orang Bulukumba yang terlantar di Blitar yang sementara proses pemulangan ke Bulukumba,” sebut Sappewali.  (dar)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply