Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Serunya Kegiatan 17-an di Bumi Pallangga Mas 1 Gowa


Pedoman Karya 12:12 AM 0

KOSTUM MERAH-PUTIH. Ibu-ibu dari RT 07 Kompleks Perumahan Griya / Bumi Pallangga Mas 1, Pallangga, Gowa, kompak memakai seragam kostum merah putih saat datang ke lapangan tempat pelaksanaan berbagai macam lomba 17-an dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI. (Foto-foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)
 



-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 04 September 2022

 

 

Serunya Kegiatan 17-an di Bumi Pallangga Mas 1 Gowa

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin


Kegiatan 17-an pada HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kompleks Perumahan Griya / Bumi Pallangga Mas 1, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada Agustus 2022, benar-benar seru.

Mulai dari anak-anak TK dan SD sampai bapak-bapak dan ibu-ibu rumah tangga benar-benar menikmati suasana berbagai kegiatan yang diadakan Panitia 17-an yang dikomandoi Ketua ORW 03, Andi Kasim Alwi, dan Sekretaris RW 03 yang juga Ketua Umum Panitia 17-an, Makmur Latief, serta Ketua Pengurus Masjid Khadijah Binti Khuwailid H Alauddin Habib selaku Pembina Panitia. 

Dan dalam pelaksanaannya di lapangan, panitia melibatkan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Khadijah Binti Khuwailid yang diketuai Muhammad Fairuz Yudianto.

Lomba dan pertandingan dilangsungkan selama sepuluh hari berturut-turut, mulai Ahad, 14 Agustus 2022, sampai dengan Selasa, 23 Agustus 2022.

Dengan berbagai macam lomba yang diadakan, serta beberapa kegiatan tambahan yang diadakan oleh panitia, maka suasana 17-an pun benar-benar terasa dan dinikmati warga kompleks perumahan.

Kegiatan tambahan yang diadakan yaitu jalan sehat (yang diramaikan dengan pemberian hadiah door prize) dan sepeda santai (yang diikuti orang tua berusia di atas 60 tahun hingga anak-anak SD dengan jarak kurang lebih 20 kilometer).

Sejak hari pertama lomba pada hari Ahad, 14 Agustus 2022, anak-anak, remaja, ibu-ibu, dan bapak-bapak setiap hari mulai sore sampai malam selalu berkumpul di halaman Masjid Khadijah Binti Khuwailid Kompleks Griya / Bumi Pallangga Mas 1, padahal biasanya mereka lebih banyak berdiam di rumah masing-masing.

Maka kegiatan 17-an pun menjadi ajang silaturrahim warga kompleks perumahan untuk bertemu kembali atau berkenalan satu sama lain, karena di antara warga perumahan ada yang baru pindah atau ada yang memang belum berkenalan satu sama lain karena jarang bertemu secara langsung.

Suasana di area lomba juga menjadi semakin menarik dan dinikmati warga, karena panitia bekerja sama pengurus Masjid Khadijah Binti Khuwailid, setiap hari membuka Pasar Rakyat yang diisi ibu-ibu pelapak yang menjual makanan dan minuman ringan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Ada catatan tersendiri dari ibu-ibu pelapak. Mereka yang sebenarnya datang untuk berjualan, oleh panitia diminta bergabung membentuk satu tim guna mengikuti pertandingan tarik tambang. 

Tentu saja mereka kaget karena tidak punya persiapan dan sama sekali tidak menyangka ikut serta dalam pertandingan. Namun karena diminta oleh panitia, maka mereka pun ikut pertandingan dengan memakai pakaian seadanya saat berjualan tanpa seragam.

Di luar dugaan, ibu-ibu pelapak ternyata keluar sebagai juara tarik tambang dengan mengalahkan dua tim yakni Tim RT 07 dan Tim RT 06. Maka suasana pun menjadi heboh dengan gelak tawa dan tepuk tangan dari penonton.

Semua jenis lomba selalu menggembirakan, bahkan sebagian besar lomba selalu membuat suasana menjadi ramai oleh gelak tawa dan tepuk tangan, antara lain lomba gigit koin dimana anak-anak berlomba menggigit dan mencabut koin dari buah semangka yang dilumuri kecap, sehingga bibir dan pipi anak-anak yang ikut lomba berwarna coklat karena terkena lumuran kecap.

Begitu pun dengan lomba makan krupuk, lomba duduk balon, lomba lari kelereng, lomba lari karung, pertandingan futsal, pertandingan tarik tambang, serta pertandingan tenis meja dan pertandingan bulutangkis bagi orang dewasa.

Pertandingan tarik tambang bagi ibu-ibu dan bagi bapak-bapak, menjadi lomba yang paling banyak penontonnya karena diadakan pada hari libur yakni hari Ahad. Pertandingan tarik tambang bagi ibu-ibu dilangsungkan pada pagi hari, sedangkan pertandingan tarik tambang bagi bapak-bapak dilangsungkan pada sore hari.

Pertandingan tarik tambang dipandu oleh Ketua Pengurus Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Alauddin Habib, dan Ketua Umum Panitia 17-an, Makmur Latief, serta dibantu oleh Ketua RT 07 Romi Scholten, Ketua RT 03 Abdul Rahman, dan tokoh warga kompleks Haji Kadir. 

Salah seorang warga, juga berinisiatif menjadi pemandu sekaligus komentator dengan penuh guyonan, sehingga suasana benar-benar ramai dengan gelak tawa.

 

Jenis Lomba

 

Anak-anak TK dan SD mengikuti beberapa kegiatan lomba seperti lomba mewarnai, lomba makan krupuk, lomba duduk balon, lomba gigit koin, lomba lari kelereng, dan lomba lari karung. Juga ada Lomba Rangking I (cerdas cermat), lomba baca puisi, dan pertandingan futsal.

Beberapa jenis lomba tersebut juga diperuntukkan kategori remaja usia SMP dan SMA, seperti futsal, lomba baca puisi, lomba lari kelereng dan lomba lari karung.

Untuk orang dewasa diadakan pertandingan tenis meja (tunggal putra), bulutangkis (ganda putra), domino, serta tarik tambang (kategori ibu-ibu dan kategori bapak-bapak).

Selain memberikan hadiah kepada para juara, panitia juga memberikan sertifikat penghargaan kepada para juara beberapa jenis lomba yaitu Juara Lomba Rangking I, Juara Lomba Mewarnai, serta Juara Lomba Baca Puisi.

 

Juara-juara Lomba


Lomba Rangking I, Juara I Sashi Kirani Imran (Sasi), Juara II Muhammad Ammar (Ince), Juara III Aisyah, dan Juara Harapan I Syifa.

Lomba Mewarnai Kategori TK, Juara I Alfath, Juara II Gibran, Juara III Nidya, sedangkan Kategori SD Juara I Kayla Zhafira Imran, Juara II Syahirah Nur Aqila, Juara III Syifa.

Lomba Baca Puisi Kategori SMP-SMA, Juara I Ardika Azhar Anas M, Juara II Nur Jazilah Jamaluddin, Juara III Muhammad Fairuz Yudianto, Juara Harapan I Muhammad Agung Sutejo, Juara Harapan II Bambang Irawan, dan Juara Harapan III Muhammad Faisal Amran Barang

Lomba Baca Puisi Kategori SD, Juara I M Rafi R Scholten, Juara II Rafa Andika Al Farid Zaki, Juara III Alif Rumi Aprilio Hamid, Peserta Termuda Hania Sakira Lutfiah, dan Peserta Terfavorit Muhammad Amir Mahmud.

Juara Lomba Makan Krupuk; Ai’, Rafi, Kira. Lomba Duduk Balon; Alya, Aziza, Muflih. Juara Lomba Lari Kelereng Kategori SD; Muflih, Wildan, Vito. Lomba Lari Kelereng Kategori Putri; Arika, Ikka, Rara. Lomba Lari Kelereng Kategori Remaja; Imam, Rifqi, Syawal.

Pertandingan Futsal Kategori SD; Juara I Tim Fuad, Juara II Tim Ical, Best Player: Ical. Pertandingan Futsal Kategori Remaja; Juara I Tim Wawan, Juara II Tim Nugi, dan Best Player: Wawan.

Juara Lomba Gigit Koin Kategori Laki laki; Dirkam, Ahmad, dan Muflih. Juara Lomba Gigit Koin Kategori Perempuan; Zahra, Lutfia, dan Fadiyah.

Juara Lomba Lari Karung Kategori Laki-laki; Ical, Fuad, Mufli. Juara Lomba Lari Karung Kategori Perempuan; Syifa, Aziza, Rara.

Juara Tarik Tambang Kategori Bapak-bapak; RT 03, RT 06, RT 02. Juara Tarik Tambang Kategori Ibu-Ibu; Kelompok Pelapak, RT 06, RT 07. Juara Tarik Tambang Kategori Anak-anak; Tim Arman, Tim Nahdi, Tim Baim.

Pertandingan Tenis Meja, Juara I Munafri, Juara II Rahman Pasa, Juara III Tukiman. Pertandingan Bulutangkis, Juara I pasangan Andi Alimuddin / Didit, Juara II pasangan Ruslan / Dika, dan Juara III Bersama pasangan Dg Kio / Basma, dan pasangan Sony / Ipul.

 

Malam Ramah Tamah


Kegiatan 17-an ditutup dengan acara Malam Ramah Tamah yang dihadiri Sekretaris Camat Pallangga, Syahrial, Kepala Desa Bontoala, Ketua ORW 03 Andi Kasim Alwi, serta ratusan warga kompleks perumahan Griya / Bumi Pallangga Mas 1.

Malam ramah tamah diisi dengan rangkaian acara penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dan acara hiburan berupa tari-tarian, pembacaan puisi, dan lagu-lagu.***


-----

Artikel terkait: 

Emak-emak Penjual Gorengan Juara Tarik Tambang

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply