Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Sudir Koadhi, Dari Staf Perpustakaan Hingga Jadi Kaprodi KPI Unismuh Makassar


Pedoman Karya 7:43 PM 0

KETUA PROGRAM STUDI Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Unismuh Makassar, Dr Sudir Koadhi, meninggal dunia di Rumah Sakit Dadi Makassar, Rabu, 21 September 2022. Sudir meninggal dunia dalam usia 47 tahun. Ia lahir di Kendari pada 02 Mei 1975.

 





-----

Kamis, 22 September 2022

 

In Memoriam:

 

Sudir Koadhi, Dari Staf Perpustakaan Hingga Jadi Kaprodi KPI Unismuh Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Nama Sudir Koadhi tidak terlalu dikenal di kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, padahal ia mendapat amanah sebagai Ketua Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Agama Islam (FAI) sejak Desember 2021.

Nama dan sosoknya baru menjadi pembicaraan setelah ia meninggal dunia di Rumah Sakit Dadi Makassar, Rabu, 21 September 2022. Sudir meninggal dunia dalam usia 47 tahun. Ia lahir di Kendari pada 02 Mei 1975.

Sudir memang tidak banyak tampil dalam berbagai kegiatan tingkat universitas, sehingga sosoknya kurang dikenal. Ia lebih banyak berkonsentrasi mengajar dan melakukan kegiatan tridharma di Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar.

Dalam jejak digitalnya di media sosial Facebook, Dr Sudir Koadhi juga pernah menjadi pembicara bersama Dra Hj Nursiah Yusuf MPd, pada Pertemuan Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di SMA Islam Cokroaminoto Tamalanrea, Makassar, Sabtu, 03 Agustus 2019.

Sudir menamatkan pendidikan dasar hingga SMA di kota kelahirannya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Bangku Pendidikan tinggi diawalinya dengan belajar Bahasa Arab di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar.

Setelah itu, ia menyelesaikan kuliah S1 Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin (2009) dan juga menyelesaikan Sarjana Islamic Sains di Al-Madinah International University Malaysia (2012).

Jenjang Magister diselesaikannya di Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin (2013). Demikian pula Pendidikan S3 diselesaikan di Prodi Dakwah dan Komunikasi Program Pascasarjana UIN Alauddin.

Pada 2005 hingga 2016, Sudir terdaftar sebagai staf perpustakaan Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Karir sebagai dosen diawalinya sejak 2015 di Unismuh Makassar. Ia juga sempat menjadi dosen luar biasa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin (2015-2018).

Sudir Koadhi menjabat Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam FAI Unismuh, sejak Desember 2021, saat Kaprodi sebelumnya Dr KH Abbas Baco Miro diamanahkan menjadi Direktur Pendidikan Ulama Tarjih (PUT) Unismuh Makassar.

 

Gigih Berjuang di Tengah Keterbatasan

 

Salah seorang rekan seperjuangan Sudir Koadhi di Ma’had Al Birr, Dr Muhammad Ali Bakri, menceritakan kegigigan almarhum.

“Beliau seorang yang gigih berjuang dalam bidang akademik. Dengan segala keterbatasan ekonomi, almarhum mampu mencapai tingkat pendidikan tertingginya,” ungkap Ali Bakri.

Sudir dikatakan giat berupaya mencari beasiswa sejak di Ma'had Al-Birr sebagai mahasiswa sampai berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di UIN Alauddin.

“Terakhir beliau mendapat besiswa Morascholarship Kemeterian Agama RI tahun 2019,” sebut Ali Bakri yang sehari-hari Wakil Mudir Ma’had AL-Birr Unismuh Makassar.

Selain aktif di bidang pendidikan, almarhum Sudir juga aktif berdakwah. Sudir pernah mendapat amanah dari Asian Muslim Charity Foundation (AMCF) sebagai koordinator dakwah wilayah Sulawesi.

“Sebagai koordinator dakwah wilayah Sulawesi, Ustadz Sudir membina kurang lebih 100 da'i Ma'had Al-Birr yang dikirim berdakwah di pelosok dan wilayah-wilayah terpencil,” tutur Ali Bakri. (asnawin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply