Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » KH Ambo Asse Bertemu Alumni Ma’had Al-Birr Unismuh di Madinah


Pedoman Karya 8:51 PM 0

BERTEMU ALUMNI. Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Prof Ambo Asse (kedua dari kanan), bertemu beberapa alumni Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, di Madinah, Arab Saudi, Sabtu, 14 Oktober 2022. (ist)
 




----

Selasa, 18 Oktober 2022

 

 

KH Ambo Asse Bertemu Alumni Ma’had Al-Birr Unismuh di Madinah

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Prof Ambo Asse, bertemu beberapa alumni Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, di Madinah, Arab Saudi, Sabtu, 14 Oktober 2022.

Pertemuan dengan alumni yang kini kuliah di Universitas Islam Madinah, dilangsungkan di Hotel Dallah Taibah, Madinah, Sabtu 14 Oktober 2022.

Ambo Asse berada di Madinah dalam rangkaian ibadah umrah bersama keluarganya. Selain bertemu alumni Unismuh Makassar, Ambo Asse juga bersilaturahmi dengan beberapa pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) yang ada di Madinah.

Sebagian alumni Unismuh Makassar kini juga menjadi pengurus PCIM Arab Saudi, antara lain M Thariq Muttaqin (asal Kota Palopo), Hanif Abdullah (asal Kabupaten Gowa), Ashar Setiawan (asal Kabupaten Gowa), Masykur Al Abdi Madjidi SR (asal Kota Makassar), dan Erwin Febriadi Hamzah.

Kelima orang tersebut pernah belajar di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, tapi dari kelimanya, hanya Erwin Febriadi Hamzah yang sempat menyelesaikan studi hingga jenjang sarjana.

Erwin menyelesaikan pendidikan pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh. Sebelum ke Madinah, Erwin juga mengenyam perkuliahan di Sudan, dengan beasiswa dari Kementerian Agama.

Sementara keempat temannya, setelah mendapatkan bekal Bahasa Arab yang cukup baik dari Ma’had Al-Birr Unismuh, langsung mendaftar ke Universitas Islam Madinah dan dinyatakan diterima.

Turut hadir pula Ketua PCIM Arab Saudi Periode 2022-2024 Muhammad Hamka, serta Muhammad Zakiy Askarulloh, pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PCIM Arab Saudi.

 

Perkembangan Muhammadiyah Arab Saudi

 

Dalam pertemuan tersebut terungkap kemajuan PCIM Arab Saudi. Awalnya hanya beranggotakan 5 orang pada 2017, saat ini sudah berjumlah 90 orang, yang tersebar di berbagai wilayah di Arab Saudi.

Bulan Oktober ini, PCIM Arab Saudi melaksanakan sejumlah kegiatan untuk menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah, yang bakal digelar di Surakarta, 18-20 November 2022.

Kegiatan tersebut yakni “Muhammadiyah Day” dengan tema “Bersama merajut ukhuwah”. Selain itu, para anggota Muhammadiyah juga akan menyukseskan kegiatan ‘Muktamaride’, dengan bersepeda di seputar Madinah, serta kegiatan Jelajah Badar.

Prof Ambo Asse, merespons baik perkembangan Muhammadiyah di Arab Saudi. Ia menitip pesan khusus, agar para pengurus PCIM yang berasal dari Sulsel, setelah menyelesaikan studi dapat kembali mengembangkan pesantren Muhammadiyah yang ada di Sulsel, yang saat ini berjumlah 31 buah. (her)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply