Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia


Asnawin Aminuddin 8:12 AM 111


Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara memiliki ciri umum dan kaidah pokok tertentu yang membedakannya dengan bahasa-bahasa lain yang ada di dunia, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.

Ciri umum dan kaidah pokok tersebut menjadi jati diri bahasa Indonesia (Muslich, 2010:44) yang sekaligus sebagai wujud jati diri bangsa yang dapat digunakan untuk membedakan antara bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.


----

PEDOMAN KARYA

Jumat, 28 Oktober 2022

 

Artikel Ilmiah:

 

 

Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia

 


Oleh: Dr. Mahmudah MHum

(Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)

 

Tema peringatan Bulan Bahasa Tahun 2022 adalah Bangkit Bersama. Tema ini mengisyaratkan bahwa dalam membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, diperlukan semangat yang tinggi agar persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar yang sehat dapat tercapai.

Oleh karena itu, keberagaman bahasa daerah sebagai pendukung ketunggalan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, harus ditanamkan dan ditumbuh-kembangkan di dalam karakter setiap generasi penerus, sehingga jati diri bangsa semakin terpatri dalam sanubari.

 

Jati Diri Bangsa

 

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara memiliki ciri umum dan kaidah pokok tertentu yang membedakannya dengan bahasa-bahasa lain yang ada di dunia, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.

Ciri umum dan kaidah pokok tersebut menjadi jati diri bahasa Indonesia (Muslich, 2010:44) yang sekaligus sebagai wujud jati diri bangsa yang dapat digunakan untuk membedakan antara bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.

Bentuk jati diri bahasa Indonesia, yaitu: 1) bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan bentuk kata untuk menyatakan jenis kelamin dan waktu, 2) bahasa Indonesia mempergunakan kata tertentu untuk menunjukkan jamak, 3) susunan kelompok kata dalam Bahasa Indonesia menggunakan hukum DM (Diterangkan-Menerangkan), dan 4) bahasa Indonesia mengenal lafal baku.

Pernyataan untuk jenis kelamin dalam bahasa Indonesia digunakan kata keterangan penunjuk jenis kelamin, seperti: manusia (laki-laki/pria dan perempuan/wanita), sedangkan untuk hewan digunakan kata jantan dan betina.

Sama halnya dengan jati diri yang kedua, yaitu bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan bentuk kata untuk menyatakan waktu. Untuk menyatakan waktu, bahasa Indonesia cukup dengan menambahkan kata-kata aspek, seperti: akan, sedang, telah, belum, dan sudah atau keterangan waktu, seperti: kemarin, sekarang, besok, hari ini, dan pekan lalu.

Jati diri yang ketiga, yaitu: bahasa Indonesia mempergunakan kata tertentu untuk menunjukkan jamak dengan mempergunakan kata numeralia kardinal, seperti:  bentuknya; numeralia pokok tentu, seperti: bilangan dasar yang menjadi sumber bilangan lain (bilangan pokok), yaitu: 0 sampai dengan 9, dan numeralia pokok tak tentu, seperti: beberapa, berbagai, pelbagai, semua, banyak, segala, seluruh, dan segenap.

Jati diri bahasa Indonesia yang keempat, yaitu: bahasa Indonesia mengenal lafal baku yang ditandai oleh penggunaan bahasa Indonesia ragam lisan yang tidak ditemukenali asal-usul daerahnya bagi yang sedang bertutur, namun sampai saat ini belum disusun  kamus lafal bahasa Indonesia yang dapat dijadikan sebagai acuan.

 

Sikap Bahasa

 

Sikap merupakan fenomena kejiwaan, yang dimanifestasikan dalam perilaku karena sikap tidak dapat diamati secara langsung. Hanya saja, banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tidak selamanya perilaku itu menunjukkan sikap.

Sikap menurut Lambert (1967) dibangun oleh tiga komponen, yaitu komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif.

Komponen kognitif berhubungan dengan pengetahuan mengenai alam sekitar dan gagasan yang biasanya merupakan kategori yang dipergunakan dalam proses berpikir.

Komponen afektif menyangkut masalah penilaian baik, suka atau tidak suka, terhadap sesuatu atau suatu keadaan, maka orang itu dikatakan memiliki sikap positif. Jika sebaliknya, disebut memiliki sikap negatif.

Komponen konatif menyangkut perilaku atau perbuatan sebagai “putusan akhir” kesiapan reaktif terhadap suatu keadaan. Melalui ketiga komponen inilah, orang biasanya mencoba menduga bagaimana sikap seseorang terhadap suatu keadaan yang sedang dihadapinya.

Ketiga komponen sikap ini (kognitif, afektif, dan konatif) memiliki hubungan yang sangat erat. Namun demikian, seringkali pengalaman “menyenangkan” atau “tidak menyenangkan” yang diperoleh oleh seseorang di dalam masyarakat menyebabkan hubungan ketiga komponen itu tidak sejalan.

Apabila ketiga komponen itu sejalan maka bisa diramalkan perilaku itu menunjukkan sikap. Akan tetapi kalau tidak sejalan, maka perilaku tidak dapat digunakan untuk mengetahui sikap.

Oleh karena itu, Triandis (1971) berpendapat bahwa sikap adalah kesiapan bereaksi terhadap suatu keadaan atau kejadian yang dihadapi dan mengacu kepada “sikap perilaku”.

Secara garis besar, Anderson (1974) membagi sikap atas dua macam, yaitu (1) sikap kebahasaan, dan (2) sikap nonkebahasaan. Dalam artikel ini yang dibahas hanyalah sikap kebahasaan.

Menurut Anderson, yang dimaksud dengan sikap kebahasaan adalah tata keyakinan atau kognisi yang relatif berjangka panjang, sebagian mengenai bahasa, mengenai objek bahasa, yang memberikan kecenderungan seseorang untuk bereaksi dengan cara tertentu yang disenanginya (positif) dan yang tidak disenanginya (negatif).

Ferdinand de Saussure (1976) membedakan antara sikap bahasa dan sikap berbahasa.  Sikap bahasa cenderung mengacu kepada bahasa sebagai sistem (langue), sedangkan sikap berbahasa atau perilaku tutur lebih cenderung merujuk kepada penggunaan bahasa secara konkret (parole).

Artikel ini cenderung mengkaji sikap bahasa sebagai sebuah sistem (langue). Sikap positif bahasa menurut Garvin dan Mathiot (1968) meliputi tiga hal, yaitu: 1) kesetiaan bahasa (language loyalty), 2) kebanggaan bahasa (language pride), dan 3) kesadaran adanya norma bahasa (awareness of the norm).

Kesetiaan bahasa (language loyalty) ini dapat mendorong masyarakat suatu bahasa, seperti masyarakat Indonesia untuk memertahankan bahasa Indonesia sebagai sebuah sistem (langue) yang didistribusikan ke dalam kecermatan pemakaian bentuk, struktur, dan ketepatan pemilihan kata, baik secara lisan maupun tulis, dan apabila diperlukan, masyarakat tersebut dapat mencegah adanya pengaruh bahasa lain yang dapat menggoyahkan kedaulatan bahasa negara.

Sebagai contoh, ketepatan pemilihan kata yang sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia, khususnya pada situasi belajar mengajar yang telah diamanahkan dalam Undang-Undang, No. 24, Tahun 2009, pasal 29, ayat 1, yaitu bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional.

Bagi siswa atau terlebih mahasiswa yang memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap bahasa Indonesia, tentu mereka akan memilih atau memertahankan penggunaan kosa kata bahasa Indonesia, seperti: mengunggah, mengunduh, daring, luring, dsb, dibandingkan dengan penggunaan kosakata bahasa asing, upload, download, online, dan off line.

Sikap positif kedua, yaitu kebanggaan bahasa (language pride). Sikap ini juga dapat mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mengembangkan jati diri bahasa Indonesia sebagai sebuah sistem dan menggunakannya sebagai lambang identitas dan kesatuan masyarakat untuk memperkukuh jati diri bangsa.

Contoh, pidato Presiden dan/atau Wakil Presiden menyampaikan pidato resmi dalam bahasa Indonesia di luar negeri, sesuai dengan Peraturan Presiden, Nomor 16, Tahun 2010, tentang penggunaan bahasa Indonesia dalam pidato resmi presiden dan/atau wakil presiden, serta pejabat negara lainnya, dan Peraturan Presiden Nomor 63, tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Adapun sikap positif yang ketiga yaitu: kesadaran adanya norma bahasa (awareness of the norm) yang dalam bahasa Indonesia. Norma tersebut sangat jelas, yaitu lima jati diri bahasa Indonesia yang didistribusikan ke dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, Revisi Kelima, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus Istilah, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Pedoman Pengindonesiaan Nama dan Kata Asing, dan Tesaurus Tematik Bahasa Indonesia digunakan secara tepat sesuai dengan amanat Undang-Undang, Nomor 24, Tahun 2009 mulai pasal 26 sampai dengan pasal 39 tentang kewajiban menggunakan bahasa Indonesia ragam resmi yang merujuk pada norma atau kaidah Bahasa Indonesia yang sedang berlaku, dan Peraturan Presiden Nomor 63, tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. (bersambung)


-----

DAFTAR PUSTAKA

 

Alwi, Hasan, dkk.2008. Tata Bahasa  Baku Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sisiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:    Rineka Cipta.

Mahmudah. 2007. Sikap dan Perilaku Bahasa Masyarakat Kota Makassar: Sebuah Kajian Jender, dalam Budi Bahasa Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.Hlm.200-216

Mahmudah. 2016. Pemantapan Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara. In: Seminar Nasional "Memperkukuh Peran APROBSI dalam Mewujudkan Kemitraan dan Pemberdayaan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang Mandiri", 141-149 April 2016, Makassar, Indonesia.

Mahmudah, Nurhusna. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ISBN: 978-623-7496-01-4 89 Peningkatan penggunaan Bahasa Indonesia pada Generasi Milenial melalui klinik bahasa dengan metode tutor sebaya di Kota Makassar.

Muslich, Masnur. 2010. Perencanaan Bahasa pada era Globalisasi.Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 50, Tahun 2015

Peraturan-Pemerintah-tahun-2014-PP-Nomor-57-Tahun-2014.

Peraturan Presiden, Nomor 16, Tahun 2010 tentang Pidato Presiden.

Perpres, Nomor 63 Tahun2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Undang-Undang, Nomor 24, Tahun 2009

https://www.kompasiana.com/.../studi-utama-pisa-maret-2015_54f8ffb7a33311af488

https://www.kompasiana.com/.../terpuruknya-kualitas-pendidikan-di-indonesia_56f0d..

http://www.google.com-sosiolinguistik-sikap bahasa.


-----

Artikel bagian 2:

Bahasa Indonesia Ragam Santai “Merembes” ke Ragam Resmi

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

111 Comments Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia

  1. Maa Syaa Allah luar biasa penguatannya, smg kesuksesan selalu menyertai Ibu๐Ÿค—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah Artikelnya sangat menambah wawasan dan sangat Luar biasa, Semoga Ibu Sukses Selalu๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

      Delete
    2. Masya Allah Artikelnya sangat menambah wawasan dan sangat Luar biasa, Semoga Ibu Sukses Selalu,di berikan kesehatan,dan rezeki ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

      Delete
    3. terima kasih ibu, dengan artikel yang ibu buat ini, kami dan yang lainnya dapat menambah wawasan yang lebih luas lagi, dan dapat mengetahui tentang jati diri bangsa dan juga sikap bahasa, sukses selalu ibu, dan diberikan umur yang panjang, serta sehat selamanya, aminn.

      Delete
    4. Artikel ini sangat bagus banyak hal baru yang saya dapat dari artikel ini dan tentunya juga sangat memotivasi diri saya lagi untuk menggunakan bahasa indonesia dengan lebih tepat dan benar lagi,tentunya dalam hal tulis menulis.
      Semoga yang menulis artikel ini dapat kemudahan dari yang maha kuasa untuk menjalani hidup, Amin. Dan saya harap banyak orang diluar sana yang akan menggunakan bahasa indonesia kita dengan lebih baik lagi terutama bagi anak-anak muda jaman sekarang yang dimana-mana mereka membuat bahasa yang baru lagi.

      Delete
    5. Masyaallah luar biasa, Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu sebab artikel yang telah dibuat oleh ibu, yang mana sangat dapat menambah wawasan terutama untuk saya pribadinya. Artikel ini ibu telah membuatnya, Alhamdulillah sangat-sangat bermanfaat dan membantu karena, dimana dapat mengasah otak dan pikiran kami. Dan semoga Artikel yang ibu buat juga dapat menambah sebuah wawasan untuk orang lain yang juga membacanya, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa kita dapat menambah wawasan karena dapat mengetahui jati diri menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Yang mana juga kita sekiranya dapat memahami cara untuk menyikapi sebuah Bahasa-bahasa yang telah digunakan dan secara resmi oleh negara kita. Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi di zaman apa lagi pada sekarang ini, yang mana juga membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu.

      Delete
  2. Masya Allah, tulisan Ibu ini sangat menyadarkan bahwasannya bahasa Indonesian merupakan bahasa yang mengantarkan penggunanya pada sikap yang positif. Masyaa Allah, Sukses selalu Ibu๐Ÿค๐Ÿ™

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah... Artikelnya sangat bermanfaat dan menambah ilmu juga... Sukses selalu ibu

    ReplyDelete
  4. Masya Allah, luar biasa sekali artikelnya Bu.. hal ini membuat saya mendapatkan ilmu baru lagi... Terimakasih banyak Bu... Sukses Ki selalu...

    ReplyDelete
  5. Salam sukses ibu!, Karya-karya seperti ini patut diapresiasi sebagai bentuk kepedulian terhadap Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan perlawanan.

    ReplyDelete
  6. A. Nur Khusnul KhatimahOctober 27, 2022 at 4:42 PM

    Betul Ibu, bahasa daerah sebagai pendukung bahasa Indonesia harus ditanamkan dan ditumbuh-kembangkan dalam karakter setiap generasi, sehingga jati diri bangsa semakin kuat. Terima kasih Ibu, artikelnya menambah wawasan saya๐Ÿค—

    ReplyDelete
  7. Masya Allah, luar biasa artikelnya. Sukses selalu ibu๐Ÿฅฐ

    ReplyDelete
  8. Luar biasa, artikel ini sangat bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi orang-orang yang masih awam dan menyepelekan penggunaan bahasa Indonesia. Segitu pentingnya kita harus menanamkan bahasa Indonesia kedalam diri kita dan penggunaan nya pun harus baik sesuai dengan kaidah-kaidah nya...terima kasih Bu, sukses selalu

    ReplyDelete
  9. Masya Allah sangat luar biasa artikelnya bu, ilmu baru ini terima kasih bu

    ReplyDelete
  10. Masya Allah, sebuah tulisan yang sangat luar biasa. Sebuah karya yang membuat saya sebagai pembaca semakin cinta terhadap Bahasa Indonesia. Terimakasih banyak ibu, Sukses Selalu๐ŸŒน

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah, karya-karya seperti ini merupakan karya yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Dikarenakan bahasa daerah sebagai salah satu unsur pendukung bahasa Indonesia. Terima kasih Ibu, artikelnya menambah wawasan saya๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  12. Masya Allah Ibu, karyanya bagus sekali๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Dengan adanya karya-karya seperti ini dapat menjadi motivasi bagi para generasi bangsa Indonesia. Tulisan tentang "Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia dapat mengingatkan kepada kita pentingnya dalam melestarikan suatu bahaa Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Luar biasa ibu. Semoga artikel-artikel ini dapat menambah wawasan banyak orang sehingga bahasa daerah akan terus dilestarikan dan bahasa Indonesia terus digaungkan. Selamat sukses ibu

    ReplyDelete
  14. Terima kasih artikel ini menambah pengetahuan saya tentang jati diri bahasa. Bahasa indonesai akan selalu memiliki tempat istimewa bagi setiap penuturnya. Selamat menyambut bulan bahasa, semoga kita semua bisa menjadi agen dalam membangun dan mempertahankan bahasa indonesia.

    ReplyDelete
  15. Luar biasa ibu artikelnya sngat bermanfaat dan begitu menginsipirasi wawasan saya lebih bertambah lagi terima ksih selamat sukses bu

    ReplyDelete
  16. MasyaAllah., karya ilmiah ini memberikan suatu pengajaran bahwasanya Bahasa Indonesia memiliki peranan penting dalam kehidupan, terkhusus kita sebagai rakyat Indonesia. Semoga ibu senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah., dan semakin sukses aamiin.. Suatu kebanggaan bagi saya bisa diajar langsung oleh ibu..

    ReplyDelete
  17. Syukur Trial Pandjei

    ReplyDelete
  18. sangat baik dan menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  19. Masya allah sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Maa sya Allah barakallahu fiik terima kasih ilmunya ibu artikel sangat bermanfaat bagi saya dan semua orang yang membaca artikel ibu. Sukses selalu Bu sehat selalu ๐Ÿค—๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
  21. Masya Allah, Artikelnya sangat bermanfaat dan menambah ilmu baru, Sukses terus Ibu dan Terima Kasih banyak

    ReplyDelete
  22. artikelnya sangat bagus krna sangat menginspirasi untuk menjadi jati diri bahasa indonesia,semoga depannya sukses lagi bu.

    ReplyDelete
  23. Masyallah artikel ini sangat membantu pemahaman mengenai kebahasaan.

    ReplyDelete
  24. Masya Allah, bagus sekali artikelnya ibu. Dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca betapa pentingnya penggunaan bahasa Indonesia terus digunakan.

    ReplyDelete
  25. Artikel yang dibuat sangat mudah untuk dipahami dan menambah wawasan para pembacanya, dan juga menyadarkan para pembaca betapa pentingnya bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  26. Artikel ini sangat mudah untuk di pahami dan menambah wawasan bagi para pembaca, termasuk saya yang mulai tau apa itu jati diri bahasa indonesia. Sukses selalu ibu

    ReplyDelete
  27. Artikel ini sangat mudah di pahami sehingga saya tau seperti apa bentuk jati diri bahasa indonesia. Sukses selalu ibu

    ReplyDelete
  28. Artikel ini sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang pentingnya berbahasa indonesia.
    Terimah kasih ibu atas ilmu barunya ๐Ÿ™

    ReplyDelete
  29. Fahira Ridha SaworsihOctober 27, 2022 at 6:24 PM

    Artikel yang dibuat oleh ibu sangat luar biasa dan dapat menambah wawasan bagi kami semua yang masih banyak menyepelekan bahasa indonesia yang baik dan benar, sukses dan sehat selalu ibu

    ReplyDelete
  30. Artikelnya bagus Ibu, sangat bermanfaat karena memberikan wawasan bahwa betapa pentingnya membangun jati diri bahasa indonesia sebagai pemersatu bangsa. Sukses slalu Ibu๐Ÿ™

    ReplyDelete
  31. Artikel yang sangat luar biasa mengapresiasi pembacanya, menambah wawasan mengenai penggunaan bahasa yang sering disepelekan, salah satu bentuk artikel yang sangat dibutuhkan pada masa sekarang!

    ReplyDelete
  32. Artikelnya sangat bagus karena menambah wawasan agar kita sadar pentingnya bahasa,apa lagi bahasa Indonesia yang di mana kita sebagai bangsa indonesia

    ReplyDelete
  33. Artikel ini sangat bagus karena menambah wawasan dan juga dapat menyadarkan pembacanya bahwa bahasa Indonesia itu sangat penting

    ReplyDelete
  34. Artikel nya mudah dipahami dan sangat jelas dimana kita harus mengetahui pentingnya bahasa Indonesia di kehidupan kita sehari hari karena kita juga pun tinggal di negara tercinta yaitu bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  35. Masyaallah artikel ibu mudah dipahami dan bermanfaat bagi pembaca, terimakasih atas ilmu barunya Bu, sukses selalu.

    ReplyDelete
  36. Luar biasa bu, saya setuju dengan pendapatnya. Saatnya kita generasi penerus bangkit bersama membangun jati diri bahasa Indonesia. Karena, sejatinya bahasa adalah alat pemersatu bangsa untuk memperkukuh jati diri bangsa. Artikel seperti ini sangat patut dihargai dan dikembangkan karena mengajarkan kita betapa pentingnya Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa. Terimakasih Bu, Sukses selalu.

    ReplyDelete
  37. Masya Allah artikel yang berguna bagi kita untuk berbahasa Indonesia, semangat ibu

    ReplyDelete
  38. Luar Biasa bermanfaat artikel ini Bu๐Ÿ‘. Terima Kasih telah membuat artikel ini dan sangat membantu saya dalam mengenali jati diri Bahasa Indonesia

    ReplyDelete
  39. Masyallah, artikel yang ibu buat sangat uar biasa. Mudah-mudahan artikel ini mampu memberikan pengajaran dan dapat menambah pengetahuan orang-orang banyak agar tahu betapa pentingnya
    Bahasa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air.

    ReplyDelete
  40. Artikel ini sangat bagus, memberikan pengajaran yang luar biasa tentang kesadaran dalam berbahasa Indonesia. Sukses selalu ibu dalam penulisan artikelnya ๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
  41. Terima kasih atas ilmu bermanfaat yg Ibu buat dari artikel ini, dari ilmu yg baru saya pahami dapat membantu saya kedepannya dalam lingkup linguistik

    ReplyDelete
  42. Terima kasih Bu, atas artikel yang luar biasa. Artikelnya sangat menyadarkan kita akan pentingnya bangga atas jati diri bangsa Indonesia dan bagaimana kita harus menerapkan sikap positif dalam berbahasa.

    ReplyDelete
  43. Artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan, mari kita membangun jati diri bangsa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar

    ReplyDelete
  44. Masya Allah sekali ibu, artikel ini sangat bermanfaat bagi bangsa indonesia karena dimana bahasa indonesia itu sendiri adalah jati diri kita, menyadarkan bahwa sikap positif ini sangat pentint dalam jiwa anak bangsa. Mari kita utamakan bahasa indonesia

    ReplyDelete
  45. Adinda Fitri MaharaniOctober 27, 2022 at 7:10 PM

    Sebelum memberikan komentar saya ingin berterima kasih kepada ibu karena telah membuat artikel ilmiah tentang Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia...... karena setelah membaca artikel tersebut alhamdulillah saya sebagai mahasiswa mendapat banyak ilmu dan pengetahuan mengenai jati diri bahasa indonesia... terutama mengetahui apa saja sikap positif dalam sebuah bahasa.... dan tentu saja artikel ilmiah ini telah membuat yang membacanya bisa mengetahui dan sadar akan pentingnya diterapkan berbahasa indonesia di kehidupan sehari-hari karena bahasa indonesia bukan hanya sebagai bahasa pemersatu bangsa akan tetapi bahasa indonesia juga merupakan salah satu insan yang harus ditanamkan pada jiwa setiap individu kewarganegaraan indonesia.

    Sukses selalu ibu dan semoga selalu diberikan kesehatan serta dilindungi oleh Allah SWT agar bisa senantiasa berkarya membuat artikel ilmiah lagi yang bisa memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca Aaminnn♡♡

    ReplyDelete
  46. Maa shaa Allah, berkat artikel ini kami mendapatkan ilmu mengenai jati diri bahasa Indonesia.
    Terima kasih ibu semoga selalu sehat dan dilindungi oleh Allah SWT ๐Ÿคฒ

    ReplyDelete
  47. Artikel ilmiah yang dibuat ibu sangat bagus dan dapat menumbuhkan jiwa berbahasa Indonesia bagi si pembaca terutama bagi orang orang masih awal dan menyepelekan penggunaan bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  48. Masya allah bu artikel ini sangat bagus dan menarik untuk di baca. Dapat menambah wawasan kita yang masih kurang paham tentang bagaimana cara membangun jati diri bahasa Indonesia. Sukses selalu bu!

    ReplyDelete
  49. Masyaallah artikel yang ibu buat sangat bermanfaat dan menambah wawasan juga mudah dipahami oleh pembaca

    ReplyDelete
  50. Masya Allah
    Artikel yang ibu buat sangat menarik untuk di baca, karena dapat menambah wawasan bagi yang membacanya dan artikelnya juga mudah di pahami

    ReplyDelete
  51. Masyaa Allah artikel yang ibu buat sangat menarik dan menambah wawasan tentang pentingnya berbahasa indonesia.dan juga sangat mudah dipahami oleh para pembacanya,sukses selalu ibu๐Ÿค๐Ÿ”ฅ

    ReplyDelete
  52. Masya Allah artikel yang ibu buat bisa sangat bermanfaat dalam menambah wawasan kami mengenai kebahasaan๐Ÿ™

    ReplyDelete
  53. Masya Allah Artikel yang ibu buat sangat menarik dan sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua karena dapat lebih mengetahui bagaimana pentingnya Bahasa indonesia dalam membangun jati diri bahasa indonesia, Terimakasih , Sukses selalu ibu.

    ReplyDelete
  54. Masyallah buk bgus bnget artikel nya bermanfaat dan menambah wawasan juga bisa di pahami oleh pembaca

    ReplyDelete
  55. Artikel tersebut sangat bermanfaat untuk kita mengetahui lebih banyak tentang bahasa negara kita sendiri. Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa di ambil pada artikel tersebut , terimakasih bu artikelnya sangat amat bermanfaat๐Ÿ™๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  56. Maa syaa Allah, Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat, karena Dapat menambah wawasan lebih luas , terlebih bahasa kita sendiri yaitu bahasa indonesia.

    ReplyDelete
  57. Membangun jati diri bangsa Indonesia

    Artikel ini sangat bermanfaat Karena memotivasi pembacanya agar bisa lebih baik dan perlu untuk membangun Jati diri sebagai seorang bangsa Indonesia, agar bangsa Indonesia lebih baik lagi kedepannya.

    Untuk membantu orang lain berkembang mulailah dengan diri anda sendiri.

    ReplyDelete
  58. Membangun jati diri bangsa indonesia

    Artikel ini sangat memotivasi bagi banyak orang terutama yang membacanya, bahwa bahasa Indonesia itu sangat penting dalam jati diri kita dan juga artikel tersebut banyak menambah kan wawasan dan memberikan ilmu yang sangat penting

    ReplyDelete
  59. Luar Biasa..
    Artikel yang memfokuskan pada sistem kerja pada Bahasa Indonesia dan pentingnya membangun jati diri Bahasa Indonesia ๐Ÿ‘๐Ÿป Semangat berkarya dan sukses selalu Ibu ๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
  60. Bismillah...
    Sebelumnya Terima kasih kepada ibu dosen Dr. Mahmudah MHum. Karena telah menulis Artikel yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai bangsa Indonesia sekaligus Mahasiswa/i, dimana Artikel ini dapat menambah wawasan kami bahwa Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia itu sangat penting, Sehingga kami dapat mengetahui bagaimana agar jati diri bahasa kami tetap terjaga dan mengetahui pula bagaimana sikap bahasa. Sekali lagi terima kasih kepada Ibu dosen, Barakallahu Fiik, Sukses selalu, Sehat selalu Bu.

    ReplyDelete
  61. MasyaaAllah, artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembacanya, betapa penting menjaga jati diri bahasa serta ketunggalan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa sebagaimana yang harus tertanam dan ditumbuhkembangkan di dalam karakter setiap generasi penerus.
    Terima kasih ibu๐Ÿ™

    ReplyDelete
  62. Terima kasih untuk artikel ini yang membuat pembacanya sadar akan berbahasa Indonesia sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, juga menyadarkan kita akan pentingnya jati diri bangsa yakni bahasa Indonesia. Artikelnya masya Allah dan luar biasa Bu.

    ReplyDelete
  63. artikel yang sangat bermanfaat bagi kami, dan mudah dipahami,terimakasih ibu telah membuat artikel ini, yang dapat menyadari kami tentang pentingnya berbahasa indonesia dgn baik dan benar,

    ReplyDelete
  64. Artikel yang sangat mudah di pahami
    Terimakasih untuk ibu karena telah membuat artikel ini guna memperluas wawasan kami tentang pentingnya memahami bahasa Indonesia

    ReplyDelete
  65. Artikel yang luar biasa. Mengajak dan menyadarkan kita untuk selalu setia dan bangga menggunakan bahasa Indonesia. Ini adalah bulan bahasa, momentum yang tepat untuk memperbarui semangat kita dalam menjadikan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  66. MashaAllah,luar biasa artikel yang berjudul Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia, artikel ini sangat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi jiwa jiwa muda seperti mahasiswa dan pelajar lainnya, artikel ini membuat pembacanya lebih mengerti tentang ilmu bahasa Indonesia,dan yang lagi paling penting yaitu dapat menumbuhkan atau membangun jati diri bahasa Indonesia melalui pembacanya yg termotivasi.

    ReplyDelete
  67. MasyaAllah artikel yang menyadarkan kita untuk selalu setia dan bangga pada bahasa indonesia,artikel ini sangat membantu untuk bisa memperluas wawasan kami.

    ReplyDelete
  68. Siti Nurfadilah Syafrin (220905502049)
    Terimakasih atas artikel penuh pembelajaran, semakin membuat tersadar untuk tidak lupa mendalami tata cara bahasa yang baik, benar, dan sopa

    ReplyDelete
  69. Rista Dea Biring MangitungOctober 28, 2022 at 4:32 AM

    Artikel ini dapat menambah wawasan dan memberi manfaat bagi para pembaca dan menyadarkan kita pentingnya bahasa Indonesia dalam membentuk jati diri yang berbangsa dan bernegara.

    ReplyDelete
  70. Masya allah... Artikelnya sangat bermanfaat bagi kami ibu.. Sangat menambah wawasan bagi pembaca.. Sukses selalu ibu

    ReplyDelete
  71. artikel yang dibuat oleh ibu sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kami yang masih belum terlalu paham tentang bahasa Indonesia yg baik dan benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putri Aulia
      (220905502018)

      artikel yang dibuat oleh ibu sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kami yang masih belum terlalu paham tentang bahasa Indonesia yg baik dan benar.

      Delete
  72. Masyallah, Terima kasih bu atas informasi yang sangat bermanfaat dari artikel yang ibu buat. Artikelnya sangat luar biasa bu. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan orang-orang banyak agar tahu betapa pentingnya Bahasa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air. Sehingga kita sebagai generasi penerus dapat bersama membangun jati diri bahasa Indonesia. Karena, sejatinya bahasa adalah alat pemersatu bangsa untuk memperkukuh jati diri bangsa.
    Terima kasih sekali lagi ibu atas artikelnya yang sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  73. Hayana Ahmadi (210511500002)
    Masya Allah, ini Sangat bagus karena ini Artikel menunjukkan kita betapa pentingnya mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua, Sukses selalu ibu dalam berkarya๐Ÿ™๐Ÿค—

    ReplyDelete
  74. ANDI MUH Afief Ridha B ( 220301502074)
    Masya Allah Artikelnya sangat menambah wawasan dan sangat Luar biasa, Semoga Ibu Sukses Selalu, di berikan kesehatan dan rezeki ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
  75. Masya Allah, sangat berterima kasih kepada ibu, atas artikel yang telah di ibu buat, yang mana dapat menambah wawasan terutama saya pribadi. Artikel yang ibu telah buat Alhamdulillah sangat-sangat bermanfaat yang mana dapat mengasah otak dan pikiran kami terutama saya pribadi. Dan semoga Artikel yang ibu buat dapat pula menambah wawasan untuk orang lain yang membacanya, yang mana pada artikel ini dapat dilihat bahwa kita dapat menambah wawasan sebab mengetahui jati diri dalam menggunakan Bahasa pada Bangsa. Yang mana juga kita dapat memahami cara untuk menyikapi Bahasa-bahasa yang telah digunakan dan secara resmi oleh negara. Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi dizaman sekarang, yang mana membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu.

    ReplyDelete
  76. Sangat berterima kasih kepada ibu, yang mana artikel yang telah dibuat oleh ibu, yang mana sangat menambah wawasan terutama pada saya pribadinya. Artikel juga ini ibu telah membuatnya, Alhamdulillah juga sangat-sangat bermanfaat dan membantu saya karena, juga dapat mengasah otak dan pikiran saya pribadi. Dan semoga Artikel ini juga, yang ibu membuat juga dapat menambah sebuah wawasan untuk orang lain yang juga membacanya dapat mendapat sebuah pelajaran sebab pentingnya Bahasa itu, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa kita dapat menambah wawasan karena dapat mengetahui jati diri menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Yang mana juga kita sekiranya dapat memahami cara untuk menyikapi sebuah Bahasa-bahasa yang telah digunakan dan secara resmi oleh negara kita. Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi dizaman apa lagi pada sekarang ini, yang mana juga membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu.

    ReplyDelete
  77. Sangat berterima kasih kepada ibu, sebab artikel yang telah dibuat oleh ibu, yang mana sangat dapat menambah wawasan terutama untuk saya pribadinya. Artikel ini ibu telah membuatnya, Alhamdulillah sangat-sangat bermanfaat dan membantu karena, dimana dapat mengasah otak dan pikiran kami. Dan semoga Artikel yang ibu buat juga dapat menambah sebuah wawasan untuk orang lain yang juga membacanya, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa kita dapat menambah wawasan karena dapat mengetahui jati diri menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Yang mana juga kita sekiranya dapat memahami cara untuk menyikapi sebuah Bahasa-bahasa yang telah digunakan dan secara resmi oleh negara kita. Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi dizaman apa lagi pada sekarang ini, yang mana juga membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu.

    ReplyDelete
  78. Masya Allah, sangat berterima kasih kepada Ibu karena telah membuat artikel yang sangat bermanfaat ini terutama untuk saya pribadi. Artikel yang Ibu buat ini sangat bermanfaat dan membantu karena, dimana dapat melatih saya dalam pemilihan kata ketika berbicara maupun mengomentari sesuatu di media sosial. Dan semoga Artikel yang ibu buat juga dapat menambah wawasan para pembaca lainnya, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa ada banyak pembaca yang telah mengetahui jati diri menggunakan bahasa yang baik dan benar setelah membaca artikel ini. Sekali lagi terima kasih dan sukses selalu Ibu.

    ReplyDelete
  79. Artikel ini sangat bermanfaat terutama untuk zaman sekarang. Pada zaman ini masyarakat terkhusus nya para remaja, kebanyakan dari mereka sering menggunakan istilah-istilah asing dalam berkomunikasi terlebih lagi mencampur istilah asing tersebut dengan bahasa Indonesia. Dengan ada nya artikel ini, selain untuk menambah pengetahuan juga berguna untuk menyadarkan masyarakat tentang berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  80. Sangat dipentingkan untuk para kawula muda disana dizaman sekarang ini,entah dari usia belia maupun usia remaja yang sering menggunakan kalimat asing dalam bersuara,dan mencampurkan kalimat asing dengan kalimat tanah air.Artikel yang dibuat oleh Ibu sangat berguna untuk menambah wawasan kedepannya untuk semua orang.Tanamkan rasa cinta kepada bahasa Indonesia,mari kerabat semua untuk mencintai bahasa kita sendiri,jikamu tak memulai maka siapa lagi yang akan melakukan.Terima Kasih banyak Ibu untuk artikel yang sudah dibuat,semoga sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih banyak atas respons yang telah diberikan. Salam satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia...

      Delete
  81. artikel yang sangat bermanfaat bagi kami, dan mudah dipahami,terimakasih ibu telah membuat artikel ini, yang dapat menyadari kami tentang pentingnya berbahasa indonesia dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  82. Sangat berterima kasih kepada ibu, sebab artikel yang telah dibuat oleh ibu, yang mana sangat dapat menambah wawasan serta sangat bermanfaat terutama untuk saya sendiri.yang dimana dapat melatih saya dalam pemilihan kata ketika berbicara maupun mengomentari sesuatu di media sosial,serta mengasah cara berpikir saya. Dan semoga Artikel yang ibu buat juga dapat menambah wawasan para pembaca lainnya, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa ada banyak pembaca yang telah mengetahui jati diri menggunakan bahasa yang baik dan benar setelah membaca artikel ini. Sekali lagi terima kasih dan sukses selalu Ibu.

    ReplyDelete
  83. terimah kasih kepada ibu karena telah membuat artikel ilmiah tentang Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia...... karena setelah membaca artikel tersebut alhamdulillah saya sebagai mahasiswa mendapat banyak ilmu dan pengetahuan mengenai jati diri bahasa indonesia... terutama mengetahui apa saja sikap positif dalam sebuah bahasa.... dan tentu saja artikel ilmiah ini telah membuat yang membacanya bisa mengetahui dan sadar akan pentingnya diterapkan berbahasa indonesia di kehidupan sehari-hari karena bahasa indonesia bukan hanya sebagai bahasa pemersatu bangsa akan tetapi bahasa indonesia juga merupakan salah satu insan yang harus ditanamkan pada jiwa setiap
    manusia kewarganegaraan indonesia.Masyaa Allah, sukses selalu ibu

    ReplyDelete
  84. Dari Muhammad ilham putra pratama_Tekom A 2022

    Sebelum memberikan komentar saya ingin berterima kasih kepada ibu karena telah membuat artikel ilmiah tentang Bangkit Bersama Membangun Jati Diri Bahasa Indonesia...... karena setelah membaca artikel tersebut alhamdulillah saya sebagai mahasiswa mendapat banyak ilmu dan pengetahuan mengenai jati diri bahasa indonesia... terutama mengetahui apa saja sikap positif dalam sebuah bahasa.... dan tentu saja artikel ilmiah ini telah membuat yang membacanya bisa mengetahui dan sadar akan pentingnya diterapkan berbahasa indonesia di kehidupan sehari-hari karena bahasa indonesia bukan hanya sebagai bahasa pemersatu bangsa akan tetapi bahasa indonesia juga merupakan salah satu insan yang harus ditanamkan pada jiwa setiap individu kewarganegaraan indonesia.

    Sukses selalu ibu dan semoga selalu diberikan kesehatan serta dilindungi oleh Allah SWT agar bisa senantiasa berkarya membuat artikel ilmiah lagi yang bisa memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca

    ReplyDelete
  85. Sangat banyak berterima kasih kepada ibu, yang mana pada artikel yang telah dibuat oleh ibu, yang mana juga sangat menambah wawasan terutama pada saya pribadi. Artikel juga ini ibu telah buat, Alhamdulillah juga sangat bermanfaat dan membantu saya karena, juga dapat mengasah otak dan pikiran saya pribadi. Dan semoga Artikel ini, yang ibu buat juga dapat menambah sebuah wawasan untuk orang lain yang juga membacanya dapat mendapat sebuah pelajaran sebab pentingnya Bahasa itu, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa kita dapat menambah wawasan karena dapat mengetahui jati diri menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi dizaman apa lagi pada sekarang ini, yang mana juga membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu atas artikelnya.

    ReplyDelete
  86. Terima kasih banyak saya berikan kepada ibu, artikel yang telah ibu buat sangat membantu saya dalam menimbulkan rasa kesadaran untuk selalu melestarikan dan juga menjaga jati diri Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan. Artikel yang ibu buat juga sangat bermanfaat dimana saya dapat menambah wawasan saya terhadap Bahasa Indoensia. Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada ibu karena telah membuat artikel yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  87. Masyaallah luar biasa, Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu sebab artikel yang telah dibuat oleh ibu, yang mana sangat dapat menambah wawasan terutama untuk saya pribadinya. Artikel ini ibu telah membuatnya, Alhamdulillah sangat-sangat bermanfaat dan membantu karena, dimana dapat mengasah otak dan pikiran kami. Dan semoga Artikel yang ibu buat juga dapat menambah sebuah wawasan untuk orang lain yang juga membacanya, yang mana juga pada artikel ini, dapat dilihat bahwa kita dapat menambah wawasan karena dapat mengetahui jati diri menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Yang mana juga kita sekiranya dapat memahami cara untuk menyikapi sebuah Bahasa-bahasa yang telah digunakan dan secara resmi oleh negara kita. Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi di zaman apa lagi pada sekarang ini, yang mana juga membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu.

    ReplyDelete
  88. Terima kasih ibu artikel ilmiah ini menambah pengetahuan saya tentang jati diri bahasa. artikel yang dibuat ibu sangat bagus dan dapat menumbuhkan jiwa berbahasa indonesia bagi orang yang membaca nya terutama orang orang yang sering menyepelehkan penggunaan bahasa indonesia ,Bahasa indonesia akan selalu memiliki tempat istimewa bagi setiap penuturnya.

    ReplyDelete
  89. Yang pertama saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu, atas artikel yang sangat bermanfaat. Dengan adanya artikel ini, saya bisa memahami bahwa jati diri bangsa salah satunya adalah penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Serta mengajarkan bagaimana cara berbahasa Indonesia dengan baik dizaman sekarang, dimana bahasa Indonesia sering dianggap sepele. Sekali lagi terima kasih ibu, semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  90. Terimakasih ibu, Artikel ini sangat bermanfaat dan banyak hal-hal baru yang saya dapatkan dalam membaca artikel ini, dan juga dapat memotivasi saya untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan lebih tepat. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat juga untuk orang diluar dan generasi berikutnya yang sadar akan pentingnya membangun jati diri bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  91. Terima kasih Ibu, artikel ini sangan bermanfaat dan menambah wawasan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya penerapan Bahasa Indonesia bagi kita warga negara Indonesia

    ReplyDelete
  92. Terima kasih banyak saya berikan kepada ibu, artikel yang telah ibu buat sangat membantu saya dalam menimbulkan rasa kesadaran untuk selalu melestarikan dan juga menjaga jati diri Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan. Artikel yang ibu buat juga sangat bermanfaat dimana saya dapat menambah wawasan saya terhadap Bahasa Indoensia. Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada ibu karena telah membuat artikel yang sangat bermanfaat ini.Dan juga artikelnya sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda pemudi dizaman apa lagi pada sekarang ini, yang mana juga membangun jati diri Bahasa Indonesia itu sangatlah penting sebab merupakan Bahasa yang nasional dan juga Bahasa Negara kita. Sekali lagi saya sangat mengucapkan banyak terima kasih ibu.

    ReplyDelete
  93. Masya Allah Artikelnya sangat menambah wawasan kami ibu ๐Ÿ™dan sangat Luar biasa, Semoga Ibu Sukses Selalu,di berikan kesehatan,dan rezeki ๐Ÿ™ Terimakasih kasi banyak ibu ๐Ÿ™

    ReplyDelete
  94. Nama: Mansyur
    Nim. : 220301500109
    kelas : PJKR E/05

    TETAP SEMANGAT DAN TETUS BERKARYA IBU ,KARYA NYA SANGAT BAIK

    ReplyDelete
  95. Nama:Nur Atirah
    No absen 2
    kelas PJKR E

    Terima kasih ibu artikel ilmiah ini menambah pengetahuan saya tentang jati diri bahasa. artikel yang dibuat ibu sangat bagus dan dapat menumbuhkan jiwa berbahasa indonesia .

    ReplyDelete
  96. Nama : Mansyur
    Nim : 220301500109
    Kelas : PJKR E/05

    Yang pertama saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu, atas artikel yang sangat bermanfaat. Dengan adanya artikel ini, saya bisa memahami bahwa jati diri bangsa salah satunya adalah penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

    ReplyDelete
  97. Nama: Muh Amran alim majid
    Nim: 220301502087
    Kls: pjkr E

    Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu, atas artikel yang sangat bermanfaat. Dengan adanya artikel ini, saya bisa memahami bahwa jati diri bangsa salah satunya adalah penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

    ReplyDelete
  98. Nama: Muh Fathur rahman
    yunus
    Nim: 220301500122
    Kls: pjkr E

    ReplyDelete
  99. Nama: Faiz mustaghfir
    Nim: 220301502081
    Kls: pjkr e


    Yang pertama saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu, atas artikel yang sangat bermanfaat. Dengan adanya artikel ini, saya bisa memahami bahwa jati diri bangsa salah satunya adalah penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

    ReplyDelete
  100. Nama: Rahmad Awaluddin
    Nim: 220301504001
    Kls: pjkr e

    Yang pertama saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada ibu, atas artikel yang sangat bermanfaat. Dengan adanya artikel ini, saya bisa memahami bahwa jati diri bangsa salah satunya adalah penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

    ReplyDelete
  101. Nama:Ali baba
    N i m: 220301500113
    Kelas:Pjkr E

    Terima kasih ibu artikel ilmiah ini menambah pengetahuan dan wawasan saya .Artikel ini memberi kita pengajaran bahwa bahasa indonesia memiliki peran penting bagi kehidupan, bahasa indonesia merupakan identitas bangsa oleh sebab itu maka terapkanlah sikap positif dalam berbahasa. Terimakasih

    ReplyDelete