Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Prodi Akuntansi Unismuh Makassar Raih Akreditasi ‘Baik Sekali’


Pedoman Karya 6:46 AM 0

AKREDITASI BAIK SEKALI. Dekan FEB Unismuh Makassar, Dr Andi Djam’an (kelima dari kanan) foto bersama sejumlah dosen dan mahasiswa. Prodi Akuntansi FEB Unismuh memperoleh Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT pada Oktober 2022.
 





-----

Jumat, 21 Oktober 2022

 

 

Prodi Akuntansi Unismuh Makassar Raih Akreditasi ‘Baik Sekali’

 

 

Andi Jam’an: Sedikit Lagi Raih Akreditasi Unggul

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih akreditasi ‘Baik Sekali’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Tim asesor BAN-PT melakukan Visitasi Akreditasi Prodi Akuntansi FEB Unismuh Makassar pada Jumat, 14 Oktober 2022. Mereka terdiri atas Dr Etna Nur Afri Yunetta SE MSi Akt dari Universitas Diponegoro (Undip Semarang) dan Dr Pupung Purnama Sari SE MSi dari Universitas Islam Bandung, serta seorang staf BAN PT, Giffary.

Ketua Prodi Akuntansi FEB Unismuh, Mira SE MSi, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian akreditasi tersebut. Menurutnya, timnya telah bekerja keras memenuhi kriteria penilaian.

“Hasil yang dicapai melampaui target. Awalnya kami berharap bisa mempertahankan skor akreditasi sebelumnya dengan nilai 309 (Akreditasi B), tapi alhamdulillah atas kerjasama semua pihak, skor nilai dari hasil visitasi jauh melampaui nilai sebelumnya yaitu 349 poin,” kata Mira, kepada wartawan di Makassar, Kamis, 20 Oktober 2022.

Ia menambahkan bahwa pada dasarnya dalam proses akreditasi ini, Prodi akuntansi dalam status pemantauan dikarenakan pada tahun 2021 tidak ada alumni yang masa studinya tepat waktu, sampai akhirnya mereka mendapatkan informasi bahwa Prodi akuntansi masuk dalam pemantauan tahap 3 dan diharuskan divisitasi secara luring dari BAN-PT.

“Namun berkat kerjasama yang baik, apalagi terlibatnya semua unsur yang ada dalam persiapan akreditasi, mulai dari mahasiswa, alumni, dosen, pimpinan dan lembaga-lembaga yaang ada di tingkat universitas,” imbuh Mira.

Dukungan lembaga yaitu BPM, juga dirasakan sangat luar biasa mendampingi dan mengawal mulai dari penyusunan IPEPA sampai proses visitasi dilaksanakan.

“Begitu juga UPPS yang juga ikut bekerja sangat ekstra untuk memenuhi dokumen yang dibutuhkan dalam proses visitasi,” tambah Mira.

Faktor pendukung lainnya adalah tersedianya Sistem Informasi Akademik yang memadai seperti SIMAKAD, SPADA, SISPENMU, SISTER, Website badan penjaminan Mutu universitas, website fakultas yang dapat diakses secara real time, dengan informasi yang sudah up to date.

Dengan demikian, ia berharap ke depannya prodi akuntansi bisa meraih akreditasi unggul dengan kerjasama yang baik lagi.

“Kami dari prodi tentunya memiliki harapan ke depannya akuntansi bisa meraih akreditasi unggul, dan tentunya sangat berharap dukungan yang penuh dari universitas terutama pada pendanaan dan kesiapan tim tracer,” harapnya.

 

Menuju Akreditasi Unggul

 

Dekan FEB isnis (FEB) Unismuh Makassar Dr Andi Djam’an menyampaikan rasa bergembira dan bersyukur atas akreditasi Baik Sekali prodi akuntansi.

“Tentu kita bersyukur atas capaian ini. Setelah melalui perjuangan panjang karena melalui pemantauan sampai tahap 3 yang mengharuskan Asesor BAN PT melakukan asesmen lapangan (AL) untuk mengecek validitas data yang dikirim melalui dokumen IPEPA,” tutur Jam’an.

Ia menyebut dengan perolehan nilai akreditasi 349 maka tinggal meraih 12 poin untuk bisa meraih Akreditasi Unggul.

“Inilah yang menjadi target kami selanjutnya untuk mempercepat proses reakreditasi bersama 4 prodi lain di FEB Unismuh,” tambah Jam’an.

Ia optimistis bisa meraih Akreditas Unggul dengan kolaborasi dan koordinasi yang intens ke depannya.

“Memang ini tidak mudah, tapi tidak mustahil untuk bisa dicapai jika seluruh unsur saling bersinergi dan bekerja dalam tim yang solid dan kompak, sehingga target yang diinginkan bisa tercapai,” kata Jam’an.

Harapannya bersama prodi akuntansi yang baru keluar hasil akreditasinya dari BAN PT, saat ini 5 prodi sedang berproses untuk menuju Akreditasi Unggul.

“Insya Allah predikat akreditasi unggul bisa dicapai di tahun 2024,” tandas Jam’an. (has)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply