Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Rektor Unpacti Makassar Isi Kuliah Perdana S2 Ilmu Pemerintahan


Pedoman Karya 7:31 PM 0

KULIAH PERDANA. Rektor Universitas Pancasakti (Unpacti) Makasssar, Dr Rusdin Nawi, mengisi kuliah perdana S2 Ilmu Pemerintahan Program Pascasarjana (PPs) Unpacti, di Aula Kampus Unpacti, Jl Andi Mangerangi, Makassar, Jumat, 07 Oktober 2022.




------ 

Senin, 10 Oktober 2022

 

 

Rektor Unpacti Makassar Isi Kuliah Perdana S2 Ilmu Pemerintahan

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Rektor Universitas Pancasakti (Unpacti) Makasssar, Dr Rusdin Nawi, mengisi kuliah perdana S2 Ilmu Pemerintahan Program Pascasarjana (PPs) Unpacti, di Aula Kampus Unpacti, Jl Andi Mangerangi, Makassar, Jumat, 07 Oktober 2022.

Rusdin Nawi membawakan mata kuliah Filsafat Ilmu di hadapan dua puluhan mahasiswa baru angkatan pertama S2 Ilmu Pemerintahan PPs Unpacti.

Kuliah perdana dilakukan seusai acara Pengukuhan Mahasiswa Baru oleh Rektor Unpacti yang didampingi Wakil Rektor I Dr Ampauleng, Wakil Rektor II Nur Afni Syahnyb SE MM, Direktur PPs Unpacti Dr Agustan, dan Ketua Prodi S2 Ilmu Pemerintahan Dr Nasir.

Unpacti Makassar, kata Rusdin, tercatat sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sultanbatara) yang membuka Program Magister (S2) Ilmu Pemerintahan.

SK Izin Operasional Program Magister Ilmu Pemerintahan dari Kemdikbudristek RI diserahkan oleh Kepala LLDikti IX Sultanbatara, Andi Lukman, kepada Rektor Unpacti Rusdin Nawi, pada acara penyerahan SK Izin Operasional Program Magister Ilmu Pemerintahan dari Kemdikbudristek RI, di Aula Kampus Unpacti, Jl Andi Mangerangi, Makassar, Selasa, 19 Juli 2022.

Wakil Rektor I yang juga Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unpacti, Ampauleng, mengatakan Prodi S2 Ilmu Pemerintahan tentu sudah lama ditunggu oleh masyarakat, khususnya kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Banyak yang mau kuliah S2 Ilmu Pemerintahan, tapi karena tidak ada dibuka akhirnya mereka mengambil prodi lain, padahal tidak sesuai kebutuhan. Jadi ini angin segar bagi orang yang ingin mengembangkan diri dengan mengambil Prodi S2 Ilmu Pemerintahan. Prodi S2 Ilmu Pemerintahan sangat bermanfaat untuk pengembangan karier para ASN,” kata Ampauleng.

Perkuliahan pada program magister (S2), katanya, biasanya hanya tiga semester, sedangkan semester empat biasanya mahasiswa tinggal melakukan penelitian dan ujian akhir.

“Kuliah untuk program magister maksimal selama lima tahun, tapi tentu kita harapkan semua sudah selesai kuliahnya dalam tempo dua tahun,” kata Ampauleng.

Tentang akreditasi Prodi S2 Ilmu Pemeritahan Unpacti Makassar, dia mengatakan, semua program studi yang telah mendapat izin operasional dari Kemedikbudristek secara otomatis telah terakreditasi.

“Prodi yang diberikan izin operasional oleh Kemdikbudristek itu secara otomasi telah terakreditasi, tapi untuk mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), biasanya butuh waktu sekitar dua tahun,” jelas Ampauleng.

 

Kebanyakan ASN

 

Direktur PPs Unpacti Dr Agustan, didampingi Ketua Prodi S2 Ilmu Pemerintahan, Dr Nasir mengatakan, mahasiswa angkatan pertama S2 Ilmu Pemerintahan PPs Unpacti kebanyakan kalangan ASN dari beberapa daerah.

“Mahasiswa baru angkatan pertama ini kebanyakan ASN dari beberapa daerah, ada juga dosen dan wartawan,” kata Agustan.

Prodi S2 Ilmu Pemerintahan merupakan prodi ke-9 yang ada di Universitas Pancasakti Makassar. Delapan prodi lainnya yaitu S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Farmasi, S1 Ilmu Komputer, dan S1 Kesehatan Masyarakat. (ima)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply