Sandiaga Uno Berikan Kuliah Tamu pada Wisuda Unismuh Makassar

KULIAH TAMU. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membawakan kuliah tamu secara daring via zoom dalam acara Wisuda ke-77 Unismuh Makassar, di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 08 Oktober 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)




----- 

Sabtu, 08 Oktober 2022

 

 

Sandiaga Uno Berikan Kuliah Tamu pada Wisuda Unismuh Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membawakan kuliah tamu dalam acara Wisuda ke-77 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Sandiaga hadir secara daring melalui Zoom, sementara 2005 wisudawan  mengikuti kuliahnya di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 08 Oktober 2022.

Menparekraf mengawali kuliah tamunya dengan menyampaikan pantun, “Menyelam di Pulau Samalona sampai ke dasar. Banyak ikan cantik-cantik sedang berdansa. Dari Solo saya menyapa Unismuh Makassar. Untuk bertemu wisudawan-wisudawati harapan bangsa.”

Pantun Sandiaga langsung disambut senyum dan tepuk-tangan meriah dari hadirin dengan ungkapan balasan ‘cakep’ di setiap akhir kalimat pantun.

Sandiaga yang saat ini masih mengemban amanah sebagai Wakil Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Bandung, menyebut bahwa salah satu pembeda perguruan tinggi Muhammadiyah dengan perguruan tinggi lain yakni pola pendidikan yang memberi penekanan pada akhlak.

“Unismuh Makassar saya yakin, mampu melahirkan generasi muslim milenial yang dapat mengelaborasikan iman dan modernitas. Jangan benturkan modernitas dengan Islam rahmatan lil alamin,” ujar Sandiaga.

Ia juga mengingatkan, pada era Society 5.0, pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang cerdas, berkarakter, manusiawi dan mampu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan.

“Apalagi saat ini kita menghadapi era VUCA, Votality - penuh gejolak, uncertanity - ketidakpastian, complexity - penuh kompleksitas, dan ambiguity, atau dalam bahasa  anak Jaksel, gaje alias gak jelas,” kata Sandiaga.

Manparekraf mengajak para wisudawan Unismuh membangkitkan ekonomi umat, dengan mengutip ayat Al-Qur’an yang kerap dijadikan semboyan Pemuda Muhammadiyah, “Ayo ber-fastabiqul khaerat, bangkitkan ekonomi umat.”

Di Kemenparekraf yang dipimpinnya, Sandiaga menargetkan sektor pariwisata mampu melahirkan 1,8 juta lapangan kerja pada tahun 2022, dan 4,4 juta lapangan kerja hingga akhir tahun 2024. (has)


-----

Berita terkait:

Unismuh Makassar Wisuda 2005 Alumni, FKIP Terbanyak, Dokter 32 Orang

Rektor UIN Alauddin Cemburu kepada Unismuh Makassar

Dokter Dzar Fadli El Furqan Wisudawan Terbaik Unismuh Makassar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama