Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Inovasi TEMAN SD Sambung Jawa Makassar Masuk 6 Besar Lomba IMA 2022


Pedoman Karya 3:06 AM 0

LOMBA INOVASI. SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar lewat inovasi TEMAN, akronim dari Tim Edukasi dan Mediasi Anak, masuk 6 besar Lomba Innovation Major Awards (IMA) 2022 yang diadakan Pemerintah Kota Makassar. (ist)






-----

Senin, 28 November 2022

 

 

Inovasi TEMAN SDN Sambung Jawa Makassar Masuk 6 Besar Lomba IMA 2022

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar lewat inovasi TEMAN, akronim dari Tim Edukasi dan Mediasi Anak, masuk 6 besar Lomba Innovation Major Awards (IMA) 2022 yang diadakan Pemerintah Kota Makassar.

Kepastian masuk 6 besar disampaikan tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar sebagai penyelenggara.

“Alhamdulillah, sekolah kami masuk enam besar Lomba IMA Tahun 2022,” kata Kepala SDN Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati SPd, kepada wartawan di Makassar, Senin, 28 November 2022.

Sekolah di Kecamatan Mamajang ini langsung melakukan pembenahan untuk persiapan verifikasi lapangan. Materi-materi KIE (komunikasi, informasi, edukasi) dipajang sebagai bagian dari kampanye stop bullying yang jadi salah satu fokus TEMAN.

“Program ini merupakan implementasi Sekolah Ramah Anak,” jelas Fahmawati.

Selain TEMAN, inovasi lain yang masuk 6 besar masing-masing ANGKAT (ruANG Kreasi Anak hebaT) dari SDI Maccini Baru, SIAP GERAK (Siap Peduli Gerakan Aktif) dari SDI Banta-Bantaeng I, Budaya Tabe dari SD Inpres Hartaco Indah, TETTERE' (TEmani TEmanmu kREatif) dari SMP Negeri 26, dan MUSEUM “KARAENG CA’DI” (Karya Seni Garuda Creative dan Inovative), milik SDN Garuda.

Kepala SD Inpres Banta-Bantaeng I, Hj Baena SPd MPd, senang sekolahnya masuk 6 besar dan langsung membuat persiapan, termasuk untuk menghadapi kegiatan verifikasi lapangan.

Baginya, kegiatan IMA ini positif agar memotivasi sekolah mencari cara-cara kreatif dan inovatif dalam mengembangkan program-program yang akan memajukan sekolah itu dan dunia pendidikan pada umumnya.

Dari peserta 6 besar itu didominasi SD, hanya ada satu peserta yang mewakili SMP. Ini pula yang membedakan IMA 2022 dengan peserta 6 besar IMA 2021.

Pada tahun 2021 lalu, 3 peserta merupakan perwakilan SD, 3 lainnya dari organisasi perangkat daerah (OPD). Karena pada tahun lalu, lomba IMA masih menyatukan penilaian peserta sekolah dengan OPD.

Peserta 6 besar ini merupakan hasil verifikasi berkas. Mereka kemudian diundang hadir mempresentasikan inovasinya di hadapan juri, yang diadakan di Hotel The Rinra, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Jumat, 25 November 2022.

Selain menyajikan keunggulan inovasinya, peserta juga mengikuti sesi Question and Answer (QnA) di hadapan para juri IMA 2022. Selanjutnya, akan diadakan verifikasi lapangan untuk masing-masing 6 besar OPD dan 6 besar tingkat sekolah (SD/SMP) pada tanggal 29-30 November 2022.

Kegiatan IMA ini, menurut Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, menjadi modal berharga bagi Pemkot Makassar terkait inovasi. Inovasi yang ada, dari finalis dan OPD yang jumlahnya kurang lebih 100, akan diikutkan dalam Innovation Government Award (IGA) 2023.

“Salah satu indikator penilaian IMA memang berdasarkan dan sesuai IGA,” kata Andi Bukti. (rt)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply