Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Pemain Terbaik


Pedoman Karya 2:01 PM 0

Argentina keluar sebagai Juara Piala Dunia Sepakbola FIFA 2022 setelah mengalakan Perancis 4-2 (3-3) lewat adu tendangan penalti pada final di Stadion Lusail, Qatar, Ahad malam Wita, 18 Desember 2022. Lionel Messi (kanan atas) ditetapkan sebagai pemain terbaik, sedangkan Kylian Mbappe mendapat penghargaan Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak dengan 8 gol.
 



----

Senin, 19 Desember 2022

 

 

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Pemain Terbaik

 


Mbappe Top Skor, Martinez Kiper Terbaik, Fernandez Pemain Muda Terbaik

 

Reporter: Asnawin

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Argentina keluar sebagai Juara Piala Dunia Sepakbola FIFA 2022 setelah mengalakan Perancis 4-2 (3-3) lewat adu tendangan penalty pada final di Stadion Lusail, Qatar, Ahad malam Wita, 18 Desember 2022.

Torehan prestasi itu semakin manis dengan terpilihnya kapten tim Argentina, Lionel Messi sebagai Pemain Terbaik dan berhak atas penghargaan Golden Ball (Bola Emas).

Kiper Argentina Emiliano Martinez ditetapkan sebagai Kiper Terbaik dan berhak atas penghargaan Golden Glove, serta gelandang Argentina Enzo Fernandez sebagai Pemain Muda Terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan FIFA Young Player Award.

Pemain Perancis, Kylian Mbappe, mendapat penghargaan Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak dengan 8 gol, sedangkan Timnas Inggris memperoleh penghargaan FIFA Fair Play Trophy sebagai tim paling bersih atau paling minim pelanggarannya.

Pertandingan final antara Argentina melawan Perancis pada babak pertama seolah-olah akan dimenangkan dengan mudah oleh Argentina. Pasalnya, Argentina sudah unggul 2-0 sebelum turun minum.

Gol pertama dicetak Lionel Messi pada menit ke-23 lewat titik penalti setelah pemain Argentina Angel Di Maria dijatuhkan di kotak penalty, sedangkan gol kedua dicetak Angel Di Maria pada menit ke-36 yang mendapat umpan dari Alexis Mac Allister.

Memasuki babak kedua, Argentina mampu mempertahankan keunggulannya hingga menit ke-79, namun pada menit ke-80, penyerang Perancis, Kylian Mbappe, mencetak gol balasan lewat titik penalti, dan sekitar dua menit kemudian, ia mencetak gol kedua, sehingga kedudukan menjadi 2-2.

Skor 2-2 bertahan hingga berakhir pertandingan normal 2x45 menit. Pada pertandingan perpanjangan waktu, Argentina kembali unggul melalui gol yang dicetak Messi melalui tendangan penalti pada menit ke-108, tetapi Mbappe lagi-lagi menyamakan kedudukan pada menit ke-118, juga melalui titik penalti. Skor 3-3 bertahan hingga berakhir pertandingan perpanjangan waktu.

Pada pertandingan adu penalti, empat penendang Argentina yakni Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel berhasil menyarangkan gol ke gawang Perancis yang dijaga Hugo Lloris.

Dua gol Perancis pada babak adu penalti dibukukan Kylian Mbappe dan Randal Kolo Muani, sedangkan dua penendang lainnya yakni Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal menyarangkan bola ke gawang Argentina yang dikawal Emiliano Martinez.

 

Yang Terbaik di Piala Dunia 2022

 

Golden Ball: Lionel Messi (Argentina)

Silver Ball: Kylian Mbappe (Prancis)

Bronze Ball: Luka Modric (Kroasia)

 

Golden Boot: Kylian Mbappe (Prancis)

Silver Boot: Lionel Messi (Argentina)

Bronze Boot: Olivier Giroud (Prancis)

 

Golden Glove: Emiliano Martinez (Argentina)

FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)

FIFA Fair Play Trophy: Inggris.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply