Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Mantan Rektor Unismuh Makassar Jabat Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga PP Muhammadiyah


Pedoman Karya 9:58 PM 0

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Irwan Akib, mendapat amanah jabatan Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2022-2027.
 





-----

Jumat, 16 Desember 2022

 

 

Mantan Rektor Unismuh Makassar Jabat Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga PP Muhammadiyah

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Irwan Akib, mendapat amanah jabatan Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2022-2027.

Dalam struktur PP Muhammadiyah Periode 2022-2027 yang disampaikan Sekum Prof Abdul Mu’ti, di Yogyakarta, Jumat, 16 Desember 2022, Ketua Umum Prof Haedar Nashir didampingi 12 Ketua, termasuk Prof Irwan Akib, serta Sekretaris Umum dan dua Sekretaris, Bendahara Umum dan satu orang Bendahara.

“Secara mufakat bulat melalui sidang pleno, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan susunan dan penambahan anggota PP Muhammadiyah periode lima tahun ke depan serta pembidangannya. Pembidangan dan penambahan anggota PP Muhammadiyah ditetapkan berdasarkan usulan Muktamar, program PP Muhammadiyah, kompetensi, integritas, dan kaderisasi,” ungkap Mu’ti.

Pimpinan Pusat telah menetapkan lima anggota tambahan yaitu Muhammad Sayuti, Muhammad Izzul Muslimin, Marpuji Ali, Agus Taufiqurrahman, dan Salmah Orbayinah yang juga ex-officio Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah.

Kelima angggota tersebut sesuai ketentuan AD/ART Muhammadiyah dipilih untuk melengkapi dan menyempurnakan posisi dan tugas tigabelas Anggota Pimpinan Pusat yang terpilih di Muktamar.

Mu’ti juga menerangkan bahwa saat ini PP Muhammadiyah sedang menyusun personalia dan  komposisi Majelis, Lembaga, dan Biro tingkat Pusat yang strukturnya telah disepakati dalam rapat Pleno.

Berikut susunan dan pembidangan PP Muhammadiyah Periode 2022-2027

Ketua Umum: Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si; Ketua: Dr. H. Agung Danarto, M.Ag (Bidang: Organisasi, Ideologi, Kaderisasi, dan Pembinaan AMM), Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A (Bidang: Tarjih dan Tajdid), Dr. H. M. Saad Ibrahim, M.A (Bidang: Tabligh, Dakwah Komunitas, Kepesantrenan, dan Pembinaan Haji-Umrah).

Prof. Dr. H. Irwan Akib, M.Pd (Bidang: Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga), dr. H. Agus Taufiqurrohman, Sp.S., M.Kes (Bidang: Pembinaan Kesehatan Umum, Kesejahteraan Sosial, dan Resiliensi Bencana), Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy, M.AP (Bidang: Ekonomi, Bisnis, dan Industri Halal).

Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag (Bidang: UMKM, Pemberdayaan Masyarakat, dan Lingkungan Hidup), Dr. H. M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum (Bidang: Hukum, HAM, dan Hikmah), Ketua: Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si (Bidang: Pustaka, Informatika, dan Digitalisasi).

Drs. H. A. Dahlan Rais, M.Hum (Bidang: Pengembangan Cabang-Ranting dan Pembinaan Masjid), Prof. Dr. H. Syafiq A. Mughni (Bidang: Hubungan dan Kerja Sama Internasional), Dr. Apt. Hj. Salmah Orbayinah, M.Kes (Bidang: Pembinaan Ketahanan Keluarga).

Sekretaris Umum: Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed, Sekretaris: M. Izzul Muslimin, S.IP, dan M. Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D

Bendahara Umum: Prof. H. Hilman Latief, M.A., Ph.D (Bidang: Wakaf dan ZIS), Bendahara: Drs. H. Marpuji Ali, M.SI.

 

Bawahi Dua Majelis dan Dua Lembaga

 

Irwan Akib yang diminta tanggapan mengenai jabatan yang diembannya di PP Muhammadiyah, mengatakan, sebagai Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga, ia membawahi dua majelis dan dua lembaga, yakni Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti), Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Lembaga Seni Budaya (LSB), serta Lembaga Pembinaan Olahraga (LPO).

“Amat berat,” kata Irwan kepada wartawan di Makassar, Jumat, 16 Desember 2022, ketika ditanya mengenai amanah Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga yang diembannya.

Irwan yang kini menjabat Direktur Program Pascasarjana Unismuh Makassar, mengatakan, Muhammadiyah kini memiliki 178 perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) serta ribuan sekolah.

Ketika dikatakan bahwa pekerjaannya menjadi lebih ringan karena membawa dua majelis dan dua lembaga, Irwan mengatakan, kelihatannya ringan tetapi butuh koordinasi yang baik.

“Kelihatan ringan, tapi koordinasinya yang perlu, karena semua ini ada dinamikanya masing-masing,” kata Irwan. (asnawin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply