Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Unismuh Makassar Target ISO 21001 pada April 2023


Pedoman Karya 1:54 AM 0

 

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse memberikan sambutan pada Penutupan Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu International Standardization Organization (ISO) 21001:2018, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu, 24 Desember 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)



-----

Ahad, 25 Desember 2022

 

 

Unismuh Makassar Target ISO 21001 pada April 2023

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menargetkan meraih Sertifikat ISO 21001:2018, yaitu standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu bagi organisasi pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya, yaitu memberikan pendidikan yang bermutu.

Untuk mencapai target tersebut, Unismuh Makassar telah menyusun program dimulai dari penyusunan dokumen, pendampingan secara daring dari Tim ISO Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, mengadakan Pelatihan Audit ISO Internal, melakukan audit ISO internal, serta melakukan audit eksternal.

Target dan langkah-langkah pancapaian Sertifikati ISO 21001:2018 tersebut diutarakan Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Makassar Dr Burhanuddin, pada Penutupan Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu International Standardization Organization (ISO) 21001:2018, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu, 24 Desember 2022.

“Saat ini kita harus bekerja sangat keras, karena pekan pertama Januari kita akan menyelesaikan penyusunan dokumen. Pekan kedua akan melakukan pendampingan secara daring dari Tim ISO Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jadi bapak ibu akan melakukan presentasi secara daring,” kata Burhanuddin.

Selanjutnya, pada awal Februari akan dilakukan Pelatihan Audit ISO Internal dan akhir Februari dilakukan Audit ISO Internal.

“Bulan Maret kita akan mencapai tahap akhir yaitu melakukan Audit ISO Eksternal. Kemudian pada bulan April, kita targetkan untuk mendapatkan Sertifikat ISO 21001:2018,” papar Burhanuddin.

Mantan Wakil Dekan I Fisip Unismuh mengaku sangat senang dengan peningkatan peserta Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu International Standardization Organization (ISO) 21001:2018, karena yang terdata hanya 120 orang namun pesertanya bertambah menjadi 137 orang.

 

Bakal Jadi Kampus Pertama Peraih ISO 21001:2018

 

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Nuryakin, selaku mentor dan narasumber dalam workshop tersebut menyampaikan bahwa belum ada kampus di Indonesia yang mendapatkan Sertifikat ISO 21001:2018.

“Unismuh Makassar akan menjadi kampus pertama yang mendapatkan ISO 21001:2018. Saat ini UMY juga masih dalam proses untuk penyusunan dokumen ISO 21001:2018,” kata Nuryakin.

Ia juga mengungkapkan bahwa Sertifikasi ISO juga menjadi kegiatan yang akan mendukung akreditasi kampus. Dosen UMY itu menjelaskan, sertifikat ISO akan menjadi daya saing yang dimiliki kampus di level internasional.

 

Poin Tambahan

 

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dalam sambutannya pada penutupan workshop menyampaikan terimakasih kepada para narasumber yang telah mendampingi peserta workshop ISO dan juga mengapresiasi atas peningkatan jumlah peserta workshop ISO.

“Ini jarang sekali terjadi, biasanya peserta akan berkurang tetapi ini malah bertambah,” kata Ambo Asse sambil tersenyum.

Dia mengatakan, Sertifikat ISO yang didapatkan akan menjadi poin tambahan bagi Unismuh untuk bisa bersaing secara internasional.

“Dengan Sertifikat ISO, kita bisa meningkatkan poin yang kita miliki,” kata Ambo Asse.

Narasumber pada workshop yaitu Prof Sukamta, Dr Nuryakin, dan Dr Mega Hidayati, yang ketiganya merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (has)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply