Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » _0_


Pedoman Karya 2:54 PM 0

Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17, mengidentikkan bahwa sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.

Di mana, basis digital di dalam bilangan biner, angka yang terlibat hanya ada dua, yaitu 1 dan 0. Angka 1 mewakili pernyataan YA, dan angka 0 mewakili pernyataan TIDAK.

 





------

PEDOMAN KARYA

Kamis, 05 Januari 2023


OPINI SASTRA - BUDAYA:


 

_0_

 

 

Oleh: Maman A. Majid Binfas

(Sastrawan, Akademisi, Budayawan)

 

 

Tidak selamanya, dialogis melalui media sosial itu akan bernilai kosong dan liar belantara blukaran. Namun, tergantung peran logika dalam memainkan argumentatif yang positif sehingga bermakna keilmuan multidisipliner.

Misalnya, dialog berikut ini, antara penulis dengan Yanti Burhan tentang angka 0 pada tautan facebook yang dibagi tertanggal 01-01-2023. Sekalipun sangat ringan, namun bermakna positif.

Yanti Burhan: Dikirain lagi ngajarin bilangan binner kak 😀

( Narasi sehingga muncul komentar ini, akan ditampilkan di bagian akhir tulisan)__

Saya: Kalau biner kan hanya dikenal angka 0 dan 1. Di mana 0 yang menyatakan tidak, dan 1 menyatakan ya ? Dan tidak dinyatakan 00 dan atau 01__

Kalau tak salah kira2 begitu, ini bukan menggurui ahli matematika ni? 😊🤔😀😀

Yanti Burhan: ... hehehe iya kak...  Karena angka paling banyak ditulis angka 0 😀🙏🙏

Saya: Wah, menarik kalau yang komennya ahlinya yg cerdas, sekalipun singkat tetapi bernilai__

Saya, menunggu artikelnya d Yanti Burhan,

Terimakasih, salam sama sahabatku semoga cepat Prof.

Yanti Burhan: ... hehehe saya ngga paham kak,  mungkin harus nanya si bungsu saya nanti 🙏🙏

Saya: __ d Yanti Burhan, Bukan jurusan matematika dulu?

Jadi, si bungsu yang pakarnya, turut bahagia 🤝

Yanti Burhan: Saya dulu, antara 11 dan 12 dengan jurusan itu kak

..

Dari dialog di atas, sekalipun terkesan sederhana dan juga agak candaan, namun berguna dan bermakna untuk membuka logika tanpa 0 yang diidentikkan dengan biner.

Hampir semua dinamai oleh ahli matematika dan elektronik yang bersifat secara kuantitatif bahwa sistem biner atau sistem bilangan basis dua, adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1.

Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17, mengidentikkan bahwa sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.

Di mana, basis digital di dalam bilangan biner, angka yang terlibat hanya ada dua, yaitu 1 dan 0. Angka 1 mewakili pernyataan YA, dan angka 0 mewakili pernyataan TIDAK.

Oleh karena itu, sistem komputer hanya mengenal dan menggunakan bilangan biner dikenal angka 0 dan atau 1.

Angka 0 (nol) memainkan peranan penting dalam matematika sebagai identitas tambahan bagi bilangan bulat, bilangan real, dan struktur aljabar lainnya.

Adapun kata dalam bahasa Indonesia yang tepat untuk digunakan dalam menyebut angka yang dilambangkan dengan '0' adalah kata 'nol' berhingga tak terhingga diistilahkan 'zero' karena kebingungan pakar mesti diistilahkan apa lagi.

Dalam KBBI IV (2008:965), 'nol' adalah bilangan yang dilambangkan dengan '0', dan makna yang kedua adalah kelas persiapan sebelum memasuki tingkat pertama dalam urutan kelas. Sebagai angka, nol digunakan sebagai tempat dalam sistem nilai tempat.

 

Angka terakhir di dunia ini, tidak ada karena angka adalah simbol dari bilangan, sedangkan bilangan terbesar di dunia ini adalah tak hingga atau dilambangkan dengan ∞.

Di sini letaknya, dimaksudkan penulis di atas tentang kebingungan = 0 oleh para ahlinya. Bahkan betapa bingungnya para ahli matematika, hingga mereka berpendapat tentang tanda 0 (nol) juga memiliki nilai sendiri, yaitu null (tidak ada), dan disebut dengan 'sunya' atau hampa.

Bahkan makin bingung dan hampanya mereka sehingga mengistilahkan, bahwa bentuk 0/0 merupakan bentuk tak-tentu karena tidak mendefinisikan sebuah bilangan (tunggal). Dengan kata lain, bentuk 0/0 bukan bilangan.

Tetapi, 0 menempati posisi satuan, di sini letaknya kebingungan. Untuk itu, ilmu apapun tdak ada yang sempurna, __terkecuali Kesempurnaan Itu Sendiri.

Ilmu ciptaan manusia mesti ada ruang kekurangan dalam kesempurnaannya, dan semakin dalam, maka semakin terasa hampa.

Sama halnya, di dalam kebingungan ilmuwan sains matematika dalam menempatkan nilai nol.

Namun, penamaan lambang biner pada 0, di sisi lain akan bernilai pula__ bila tak ada angka nol dalam jumlah uang, maka tak bernilai pula, misalnya angka 10 hingga triliunan__bahkan zero sehingga tidak kosong.

Sekalipun, manakala berdiri sendiri, ia akan hampa dan juga bernilai omong kosong pula. 

 

0 dan Omong Kosong

 

Cakap atau bicara besar yang tidak bernilai apapun, itu boleh bermakna omong kosong dan hampa. Dalam definisi formal lainnya, omong kosong juga berkaitan dengan kesalahan representasi dari pikiran, perasaan, maupun perbuatan seseorang sebagai pembohong, dan bernilai kosong dan hampa.

0mong kosong secara lebih formal sebagai kesalahan representasi yang menipu, tipuan singkat, perkataan atau perbuatan yang melebih-lebihkan sesuatu yang tidak sebenarnya, dan atau sebagaimana apa adanya.

Lawan dari omong kosong adalah bicara jujur dengan apa adanya dan bernilai yang bisa dipercaya sehingga bercahaya untuk menjadi karakter diri bah fajar bintang kejora atau bah bulan purnama dalam gulita malam.

 

Bintang Kejora Subuh Hari

 

Saat bintang kejora fajar subuh terpancar cerah di ufuk timur

__ hampir jelang kumandang adzan bertabuh, pertama kali aku menyapa aroma bumi dengan suara tangisan, mungkin jua penyesalan atau keteguhan jiwa raga.

Sekalipun, hadir masih terbungkus rapi dari rahim ibu, lembar pakaian dari Ilahi Rabbi.

Diikhtiarkan mungkin agar tidak tersentuh noda percikan gebyar petasan kembang api, bar bar pergantian tahun yang ditanda dengan detik 00.00, terawali dan ditanggalin 01- 01 saat itu.

 

00.00

bukan kosong berarti tanda __

juga 01.01 bertambah atau berkurang pula

dan kembali

hingga hari ini 2023__

 

00.00

Ada yang bahagia

juga berduka

 

dan 01.01

bertambah atau berkurang pula

 

Mesti diterima

dan tak dapat diingkari

tetap jua angka 2023

 

O0. 00

Ada yang pergi

juga pulang kembali

01.01 bertambah atau berkurang hanya berganti angka

 

satu tambah dua menjadi tiga

juga berhingga 2023

hanya sirkulasi tanda dari 00.00

 

Tetapi

00.00

dari tiada menjadi ada

juga ada menjadi tiada

 

dan

Dia tetap Ada

tak pernah berganti

 

Sekalipun, 2023 dari 00.00 bertambah atau berkurang lagi

__ berhingga 00.00 jua

 

Selamat berulang tahun

bagi merayakan

01. 01 hari ini__

 

dan juga aku

sekalipun tak terbiasa

berterimakasih 00.00

karna telah digebyarin oleh semesta

pada setiap detik tahun berganti

dan tepat titik nadir berjarum 00.00

 

01.01 juga aku

dalam bidik titik nadir kamerawan Qadafi Borut, nan lihai beradius kecerdasan tinggi

mesti diakui pula__

tepat di angka 00.00 juga

..

Esensi kehadiran goresan ini, juga menjadi hari perayaan tahun baru plys hari awal penulis mencium aroma bumi berdunia semesta. Sekalipun, tidak terbiasa dirayakan, dikarenakan memang tidak mesti diyakini menjadi logika nurani keyakinan tauhidanku.

Di samping, selalu penulis candain bila ditanya keluarga atau teman koq tak pernah dirayakan hari ulang tahunmu, _ngapain dirayakan sudah dirayakan oleh penghuni seluruh dunia __lintas ras semesta dengan petasan gebyar luar biasa hingga biaya dalam bilangan biner 1 dan 0 berhingga Zero 'ò' _

Saya, tinggal menikmati tanpa mengeluarkan biaya apapun dan = 0 juga memang mubazir saja__😀

Wallohu 'alam

...

UHAMKA TETAP BERJAYA

Berhingga kapan pun tetap mengabdi di dalam menumpas gerakan kedzoman zaman yang hampa__


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply