Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah” Dibahas di Kampus UIN Alauddin


Asnawin Aminuddin 3:15 AM 0

 



SATU ABAD PSM. Buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah”, karya M. Dahlan Abubakar dan Andi Widya Syadzwina, dibahas dalam “Diskusi Buku Awal Tahun 2023”, di Ruang LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata, Gowa, Selasa, 10 Januari 2023.
 



----

Senin, 09 Januari 2023

 

 

Buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah” Dibahas di Kampus UIN Alauddin

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah”, karya M. Dahlan Abubakar dan Andi Widya Syadzwina, dibahas dalam “Diskusi Buku Awal Tahun 2023”, di Ruang LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata, Gowa, Selasa, 10 Januari 2023.

Buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah” sejatinya terbit pada tahun 2020, tapi belum pernah diluncurkan secara resmi ke publik, sehingga diskusi yang diadakan FDK UIN Alauddin Makassar bekerja sama Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA Provinsi Sulawesi Selatan, secara tidak langsung merupakan peluncuran dan sekaligus diskusi pertama buku tersebut.

Dalam diskusi, FDK UIN Alauddin dan Perkumpulan SATUPENA Sulawesi Selatan menghadirkan dua pembicara, yakni Syamsuddin Umar (mantan pemain dan juga mantan pelatih PSM) dan Dr Ahmad Rum Bismar (dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, pengurus KONI Sulsel, dan mantan pelatih fisik PSM), serta moderator Asnawin Aminuddin (wartawan).

Dekan FDK UIN Alauddin, Dr Firdaus Muhammad, mengatakan, dua penulis buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah”, juga akan hadir, yakni Dr HM Dahlan Abubakar (wartawan senior, akademisi, dan juga penulis buku “Ramang Macan Bola”) dan Andi Widya Syadzwina (penulis buku, yang pernah jadi media officer PSM).

Buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah” telah diserahkan oleh M Dahlan Abubakar kepada Koordinator SATUPENA Sulawesi Selatan, Rusdin Tompo, di Kafebaca, Jl Adhyaksa, Makassar, Sabtu, 07 Januari 2023.

Dahlan Abubakar mengatakan, dirinya tergerak menulis buku “Satu Abad PSM Mengukir Sejarah”, setelah membaca berita di salah satu harian nasional yang mengulas 70 tahun PSSI.

Ketika ditanya, apakah dia mendapat dokumentasi tentang PSM di perpustakaan yang berada di Sulawesi Selatan, Dahlan yang cukup lama menjabat Kepala Humas Universtas Hasanuddin (Unhas) Makassar, menjawab tidak banyak orang yang tertarik menulis buku mengenai sejarah perjalanan olahraga.

“Dan itu berpengaruh pula pada koleksi buku di perpustakaan kita,” kata Dahlan.

Ahmad Rum Bismar yang dimintai tanggapannya mengatakan, diskusi buku ini akan mengingatkan kembali kenangannya saat menjadi pelatih fisik PSM mendampingi sejumlah pelatih PSM.

Syamsuddin Umar, melalui pesan WhatsApp (WA), mengaku rindu bertemu dengan teman-teman yang sama-sama sebagai pecinta PSM. (rt)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply