Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Muhammadiyah NSW Australia, Satu Tahun Laksanakan 94 Kegiatan


Asnawin Aminuddin 12:24 AM 0

SERAH TERIMA. Pengurus dan keluarga Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) New South Wales (NSW) Australia foto bersama seusai pelantikan dan serah terima jabatan kepemimpinan, di Masjid Iqra, Wiley Park, Sydney, NSW, Jum’at, 30 Desember 2022. (ist)





-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 08 Januari 2023

 

Catatan Akhir PRIM NSW Australia Periode 2021/2022 (1):

 

 

Muhammadiyah NSW Australia, Satu Tahun Laksanakan 94 Kegiatan

 

 

Oleh: Haidir Fitra Siagian

(Ketua Pimpinan Ranting Istiwewa Muhammadiyah New South Wales Australia Periode 2021/2022)

 

Beberapa saat sebelum pergantian tahun, Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) New South Wales (NSW) Australia telah melaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan kepemimpinan, di Masjid Iqra, Wiley Park, Sydney, NSW, Jum’at, 30 Desember 2022.

Sebagai Ketua Pimpinan Ranting periode 2021/2022, mewakili Pimpinan Ranting lainnya, saya telah menyerahkan wewenang dan tanggung jawab kepada Ketua Pimpinan Ranting yang baru, periode 2022/2024, Dr Izza Rohman MA.

Pimpinan yang baru telah mendapatkan pengesahan dari Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Australia. Pimpinan ini merupakan hasil Musyawarah Ranting Ke-6 Muhammadiyah NSW yang berlangsung Sabtu, 17 Desember 2022 di Towradgi Community Hall, Wollongong.

Dalam musyawarah dimaksud, Pimpinan Ranting telah menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama periode 2021/2022. Periode ini dijalani selama satu setengah tahun, mulai Juli 2021 hingga Desember 2022.

Dalam laporan pertanggungjawaban ini, selaku Ketua PRIM NSW Australia periode 2021/2022, saya bersama Sekretaris Dr Izza Rohman MA, dan Bendahara Fenti Setijowati, secara bergantian membacakan laporan.

Laporan yang disampaikan terdiri atas kebijakan organisasi, pelaksanaan program dan kegiatan Ranting, urusan administrasi, serta harta benda dan keuangan.

 

92 Kegiatan

 

Meskipun kala itu keadaan Australia masih terjadi pembatasan akibat adanya Covid-19, namun selama satu setengah tahun memegang amanah sejak bulan Juli 2021 hingga Desember 2022, PRIM NSW telah melaksanakan sebanyak 92 kegiatan.

Baik kegiatan yang sifatnya pengejawantahan dari pada program kerja ranting, kebijakan khusus, acara, atau usaha yang sifatnya sederhana.

Termasuk beberapa pekerjaan yang sengaja dilakukan dan tindakan yang harus segera dilaksanakan, karena berkaitan erat dengan tugas dan fungsi sebagai pimpinan serta upaya melayani keperluan anggota.

Berikut ini disarikan 92 jenis kegiatan yang dilaporkan dalam musyawarah tersebut.

Pertama, tabligh dan silaturrahim (29 kali); Kedua, konsolidasi organisasi (13 kali); Ketiga, perkaderan dan peningkatan kualitas SDM (7 kali); Keempat, tanggung jawab sosial Muhammadiyah (9 kali).

Kelima, layanan keanggotaan (9 kali); Keenam, hubungan antar lembaga (13 kali); dan yang ketujuh, inisiasi pendirian sekolah Muhammadiyah atau Muhammadiyah Australia College (II) Sydney (12 kali).

 

Tabligh dan Silaturrahim

 

Kegiatan yang paling sering dilakukan adalah dalam bidang tabligh dan silaturrahim, terutama pengajian yang dilaksanakan baik secara luring atau tatap muka, maupun secara virtual.

Biasanya pengajian dilaksanakan secara bergantian di rumah warga Muhammadiyah, atau di masjid yang dikelola oleh diaspora muslim Indonesia, yang masih di wilayah Kota Sydney dan sekitarnya. 

Pengajian secara virtual dilaksanakan selama musim Covid-19, karena adanya pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah Australia. Dalam pengajian virtual dimaksud, mengundang tokoh-tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah sebagai narasumber dari Tanah Air.

Tokoh yang pernah diundang antara lain Drs H Tafsir MAg (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah), Drs H Muhammad Ziyah MA (Ketua Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Pusat Muhammadiyah), dan Diyah Puspitarini SPd MPd (Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah),

 

Konsolidasi Organisasi

 

Dalam rangka konsolidasi organisasi, Pimpinan Ranting telah melaksanakan rapat-rapat atau pertemuan formal, yang membahas berbagai isu yang terkait dengan organisasi. Rapat-rapat yang dilakukan sebanyak 13 kali, terdiri atas Rapat Pleno, Rapat Pleno Diperluas, Rapat Kerja, Musyawarah Pimpinan Ranting dan Musyawarah Ranting.

Selain ada yang dilaksanakan secara online, rapat-rapat tersebut biasanya dilakukan di Masjid Iqra atau Masjid Al Hijrah, serta di rumah sekretaris, kawasan Puncbowl.

Khusus Musyawarah Ranting ke-6, diadakan di Towradgi Community Hall, Wollongong. Gedung ini adalah semacam balai pertemuan masyarakat yang sengaja disediakan oleh pemerintah Australia. Gedung ini berada di kawasan Kota Wollongong, sekitar 90 km dari pusat Kota Sydney.

Pemakaian gedung adalah gratis karena hubungan baik dengan pengelolanya. Kita cukup bergembira karena Musyran (Musyawarah Ranting) ini dihadiri langsung oleh perwakilan Pemerintah RI, yakni Vedi Kurnia Buana, Konjen KJRI Sydney dan membuka langsung acara. (bersambung)


---- 

Artikel bagian 2:

Puluhan Warga NSW Australia Sudah Miliki Nomor Baku Muhammadiyah


Artikel bagian 3:

Pendirian Sekolah Muhammadiyah di Sydney Australia

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply