Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » UKM Bahasa Unismuh Makassar Punya Divisi Bahasa Jepang, Korea, Arab, dan Inggris


Pedoman Karya 5:03 AM 0

SAFARI BUDAYA. Beberapa anggota UKM Bahasa Unismuh Makassar foto bersama saat berkunjung ke kawasan Ammatoa, Kajang, Bulukumba. (ist)
 






-----

Kamis, 05 Januari 2023

 

 

UKM Bahasa Unismuh Makassar Punya Divisi Bahasa Jepang, Korea, Arab, dan Inggris

 

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa mempunyai beberapa divisi bahasa asing, yakni Divisi Bahasa Jepang, Divisi Bahasa Korea, Divisi Bahasa Arab, dan Divisi Bahasa Inggris. Selain itu, UKM Bahasa juga mempunya Divisi Bahasa Daerah dan Divisi Debat Bahasa Inggris.

“Departemen dibagi tiga, yaitu Departemen Humas, Departemen Inventaris, dan Departemen Kaderisasi,” kata Ketua Umum UKM Bahasa Unismuh Makassar Periode 2021-2022, Umrah, kepada wartawan di Makassar, Rabu, 04 Januari 2023.

Umrah mengungkapkan beberapa kegiatan tahunan yang dilaksanakan UKM Bahasa antara lain Cultural Fest dan Languange Camp.

“Selain kegiatan tahunan, kami juga melaksanakan program kerja setiap divisi seperti skill building, study banding, dan skill training program,” sebut Umrah, seraya menambahkan bahwa tujuan UKM Bahasa yaitu untuk menjadi wadah pengembangan dan pusat pembelajaran bahasa, serta budaya bagi mahasiswa Unismuh Makassar.

Beberapa prestasi yang telah dicapai UKM Bahasa di tingkat regional, tingkat nasional bahkan tingkat internasional, antara lain Juara 1 Lomba Wikithon yang diadakan oleh Basasulsel.

Di tingkat nasional, UKM Bahasa pernah menjadi pembicara terbaik dalam KDMI PREP 2022. Kemudian di tingkat internasional, UKM Bahasa pernah menjadi Delegasi Student Exchange Sakura Science Program Kanazawa Institute of Technology Jepang.

Umrah juga mengungkapkan suka dukanya selama mengikuti berbagai kegiatan di UKM Bahasa.

“Saya sangat senang karena bisa mendapatkan wadah untuk mengembangkan kemampuan bahasa asing yang saya miliki, serta memiliki kesempatan untuk berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional,” kata Umrah.

 

Buka Pendaftaran Anggota Baru

 

Dia mengatakan, UKM Bahasa yang disahkan berdirinya pada tahun 2014 dan merupakan salah satu dari 11 UKM yang ada di Unismuh Makassar, kini tengah membuka pendaftaran calon anggota baru.

Pendaftaran mulai dibuka sejak 1 Desember 2022 sampai 31 Januari 2023, di Gedung Iqra Lantai 1 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar.

“Syarat utama untuk menjadi anggota UKM Bahasa yaitu mahasiswa aktif Unismuh dan juga merupakan mahasiswa semester satu atau semester tiga,” jelas Umrah.

Ia juga mengungkapkan bahwa proses rektumen dibagi menjai dua yaitu satu hari indoor dan lima hari outdoor dengan pemberian materi keorganisasian, sejarah, dan pengenalan UKM Bahasa.

“Manfaat mengikuti UKM Bahasa yaitu bisa mengasah kemampuan berbahasa yang dimiliki. Di UKM Bahasa kita bisa belajar bahasa dari berbagai negara seperti Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, serta bahasa daerah Makassar dan bahasa daerah Bugis,” kata Umrah. (zak)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply