Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Unismuh Makassar Lahirkan Doktor Pertama


Asnawin Aminuddin 12:50 AM 0

DOKTOR PERTAMA. Ahmad Abdullah menjadi doktor pertama lulusan Prodi S3 PAI Pascasarjana Unismuh Makassar, setelah dinyatakan lulus dalam ujian promosi doktor, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Selasa, 17 Januari 2023. (ist)




-----

PEDOMAN KARYA

Selasa, 17 Januari 2023

 

 

Unismuh Makassar Lahirkan Doktor Pertama

 

 

Oleh: Bahaking Rama

(Ketua Prodi S3 PAI Pascasarjana Unismuh Makassar)

 

Doktor adalah gelar akademik yang hanya bisa diraih denga kerja keras, penuh perjuangan dan pengorbanan. Banyak orang membutuhkan gelar doktor, terutama akademisi (dekade terakhir ini, ada gejala, politikus juga bekerja keras meraih gelar doktor)

Mengapa gelar doktor sangat dibutuhkan? Jawabannya dapat ditemukan pada Syair Kelong (nyanyian) Makassar:

“Sikola Baji Niboya, Ia Baji Nikunjungi, Kaiamintu, Modala’ Tena Rugina”

Arti bebasnya: Sangat perlu mencari sekolah, sebagai tempat menuntut ilmu, karena ilmu itu adalah modal tak pernah rugi.

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah salah satu tempat untuk menuntut ilmu. Dalam kaitan ini, pada jam 09.00 Wita, Selasa, 17 Januari 2023, bertempat di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse MAg, untuk pertama kalinya memimpin dan membuka sidang ujian promosi doktor.

Rektor didampingi Direktur Program Pascasarjana, Prof Dr H Irwan Akib MPd, selaku sekretaris sidang dan penguji. Mahasiswa atas nama Ahmad Abdullah adalah mahasiswa S3 Progran Studi Pendidikan Agama Islam, dinyatakan lulus sebagai doktor pertama Unismuh Makassar, mendapatkan nilai 3, 93 dengan predikat Sangat Memuaskan.

Dr Ahmad Abdullah mempertanggungjawabkan atau mempertahankan disertasinya yang berjudul “Implementasi Pembinaan Nilai-nilai Spiritual Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Makassar”, di depan tim penguji (lima orang profesor dan tiga Associate Profesor).

Dr Ahmad Abdullah adalah dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar.  Tampaknya, Ahmad Abdullah sangat paham, bahwa seorang dosen, sangat penting menempuh jenjang pendidikan tertinggi untuk meraih gelar doktor. 

Hal itu terlihat dari usaha kreatifnya meneliti dan menyusun disertasi untuk mencapai gelar doktor tersrbut. Sebagai dosen, tentu saja Dr Ahmad Abdullah sangat paham, bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama: mentrasformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam penelitiannya tentang pembinaan nilai spiritual narapidana, ia menemukan, bahwa narapidana yang disentuh hatinya dalam pembinaan nilai spiritual, maka mereka menjadi taat mengamalkan ibadah sesuai ajaran agamanya, semakin berakhlak mulia (jujur, sopan, peduli, dll).

emoga Dr Ahmad Abdullah dapat menjadi pakar pendidikan andragogi atau pakar pendidikan orang dewasa yang dapat memanusiakan manusian untuk hidup mengamalkan nilai spiritual sebagai pengabdi dan hamba dari Tuhan-Nya.

Selama 2 jam prosesi ujian promosi berlangsung, maka pada pukul 11.00 Wita ditetapkan  lahirnya doktor sebagai anak akademik pertama Unismuh Makassar yang bernama “Dr Ahmad Abdulah SAg MPdI MPd.

Selamat kami ucapkan atas prestasi Pak Dr Ahmad Abdullah. Ukirlah sejarahmu sebagai doktor pertama Unismuh Makassar. Semoga doktor berikutnya segera lahir secara berturut-turut.

Atas kelahiran doktor, diharapkan berimplilakasi terhadap semakin maju dan berkembangnya Universitas Muhammadiyah Makassar menuju unggul, mandiri, dan terpercaya. Aamiin yaa rabbal ‘alamin.***

 

Selasa, 17 Januari 2023

Kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin, No. 259, Makassar


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply