Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel Mawardi Pewangi Raih Doktor Pendidikan Agama Islam

RAIH DOKTOR. Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, KH Mawardi Pewangi, meraih gelar akademik doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, setelah mengikuti ujian promosi doktor di Aula Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, Selasa, 31 Januari 2023. (ist)



-----

Rabu, 01 Februari 2023

 

 

Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel Mawardi Pewangi Raih Doktor Pendidikan Agama Islam

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, KH Mawardi Pewangi, meraih gelar akademik doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, setelah mengikuti ujian promosi doktor di Aula Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, Selasa, 31 Januari 2023.

Mawardi yang sehari-hari menjabat Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, dinyatakan lulus nilai 3,75 dengan predikat “Sangat Memuaskan” dan tercatat sebagai doktor ketiga alumni Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Mantan Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar mengusung judul disertasi; “Integrasi Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan Pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Gowa.”

Mawardi melakukan penelitian pada dua sekolah di Kabupaten Gowa, yakni SMA Muhammadiyah Limbung dan MA Muhammadiyah Datarang.

“Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisa realitas implementasi integrasi dan menganilis capaian pelaksanaan nilai Al Islam dan Kemuhadiyahan pada pelaksanaan supervisi pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Gowa,” kata Mawardi.

Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di dua sekolah Muhammadiyah di Gowa, dimana aspek yang diteliti yaitu nilai Al Islam Kemuhammadiyahan serta proses pembelajaran, Mawardi menyimpulkan bahwa pada kedua sekolah tersebut menunjukkan para guru pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah telah berkinerja sangat baik.

Ada empat item yang diteliti di dua sekolah Muhammadiyah di Gowa, yakni ihsan, nilai keihlasan, nilai keteladanan, serta nilai tajdid.

Dari hasil penelitian ini Mawardi merekomendasikan kepala SMA Muhammadiyah Limbung dan MA Muhammadiyah Datarang, yakni perlunya konsisten dalam mengintegrasikan nilai-nilai AIK dilingkungan sekolah dalam melaksanakan supervisi pendidikan, meningkatkan kinerja guru dalam menjalankan tugas pengajaran serta tugas lainnya.

Mawardi Pewangi juga berharap kepada seluruh kepala sekolah Muhammadiyah mengintegrasikan nilai AIK dalam pengelolaan AUM serta meminta Majelis Dikdasmen Muhammadiyah mendukung terlaksananya nilai AIK dalam pengelolaan AUM.

Ujian promosi doktor yang dilaksanakan secara terbuka dipimpin Ketua Sidang Prof Ambo Asse (Rektor Unismuh Makassar) sekaligus juga sebagai dewan penguji.

Penguji lainnya Prof Irwan Akib (Direktur Pascasarjana Unismuh Makassar), Prof Bahaking Rama (promotor / Direktur Pascasarjana Unismuh Makassar), Dr Rusli Malli MAg dan Dr Muhammad Ali Bakri MPd (Ko-promotor), Dr Ilham Muchtar Lc Mag (penguji internal), serta Dr Mustari Bosrah MA (penguji eksternal).

Ujian promosi doctor dihadiri antara lain Wakil Rektor I Unismuh, Dr Abdul Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, Ketua Dewan Pengawas RS Muhammadiyah Unismuh, Dr HM Syaiful Saleh, para dekan, wakil dekan, kepala lembaga, kepala biro, serta sejumlah dosen dan karyawan Unismuh Makassar.

Dari keluarga Mawardi Pewangi, hadir ibu kandungnya, Hj Maryam, istrinya Rosdiana H Labintang, serta kelima anaknya. (her)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama