Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


KEBUN RAYA. Kebun Raya Massenrempulu Enrekang (KRME), memiliki koleksi tanaman sebanyak kurang lebih 3.000 jenis yang merupakan jenis tanaman Wallacea atau spesies lokal Sulawesi. Ada 3 (tiga) misi utama dari kebun raya ini yaitu sebagai kawasan konservasi, kawasan penelitian tanaman, dan kawasan ekowisata. (Foto-foto: Ismail Rasulong)


Pemilihan pegawai teladan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-56 Kabupaten Takalar tahun 2016, terutama bertujuan meningkatkan disiplin, kemampuan, dan keterampilan sumber daya pegawai negeri yang ada di Kabupaten Takalar.

- Rusdi Sennang -
(Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Takalar)


Keluarga Besar Majalah Pedoman Karya
Mengucapkan:
Selamat dan Sukses 
kepada:

Dr. Abdul Halim Muharram, M.Pd, 


Atas Pelantikannya sebagai:
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan, di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakata Selasa, 2 Februari 2016

Pemimpin Umum/Redaksi

Asnawin Aminuddin


MOBIL MOGOK. Sebuah mobil truk tampak mogok dan menimbulkan kemacetan arus lalu-lintas di Jalan Poros Bontonompo, Gowa, Jumat, 12 Februari 2016. Mobil tersebut mogok karena muatannya terlalu berat dan terjadi ketidak-seimbangan sehingga miring ke kiri.


“Alhamdulillah, Takalar pada bidang pertanian diakui secara nasional. Terbukti pada tahun 2015 mendapat penghargaan dari Bapak Presiden melalui Menteri Pertanian sebagai kabupaten yang dapat menaikkan produktivitas padi di atas 5 persen. Tentu hal tersebut kita bisa peroleh atas dukungan dan kebijakan program unggulan Bapak Bupati yang berpihak kepada petani, tentu juga tidak terlepas dari kerja keras para pelaku pertanian di lapangan.”

- Dr HM Najib Kasim -
(Kepala Dinas Pertanian Takalar)

Para calon Kepala Desa tidak perlu lagi khawatir soal biaya pendaftaran, karena pemerintah sudah mengalokasikan anggaran khusus untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Setidaknya, itulah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Takalar. Bukan hanya gratis, Pemkab Takalar juga akan melaksanakan Pilkades serentak pada 25 desa yang tersebar pada delapan kecamatan se-Kabupaten Takalar, Sabtu, 9 April 2016.

- Hj Andi Herny -
(Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Takalar)


Universitas Negeri Makassar (UNM) akan melaksanakan pemilihan rektor pada Maret 2016. Tantangan yang dihadapi Rektor UNM ke depan pasti berbeda dengan yang dihadapi Rektor UNM saat ini dan para rektor sebelumnya. Tapi sebagai alumni UNM (dulu IKIP Ujungpandang), saya cukup terkesan dengan kepemimpinan almarhum Prof Idris Arief. Dengan kepemimpinannya yang tenang, Idris Arief mampu melewati berbagai tantangan, rintangan, dan badai yang cukup berat.


Akhir-akhir ini, listrik sering sekali mati. Menyiksa sekali belah. Kadang-kadang kita sedang menyeterika, listrik tiba-tiba padam. Kadang-kadang kita sementara mengerjakan tugas, listrik tiba-tiba mati. Sampai kapan listrik selalu padam?

Halon PLN. Ada apa ini? Mengapa listrik selalu padam? Tidak bisakah diantisipasi?

Alimuddin Daeng Namba (tengah) mendapat dukungan dua tokoh masyarakat Takalar, yakni H Sukwan Karaeng Nojeng (paling kiri) dan  H Gassing Daeng Rapi, untuk maju sebagai calon Bupati Takalar periode 2017-2022. Pada Pilkada Takalar tahun 2012, H Gassing maju sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Andi Jen Syarif (alm), sedangkan Sukwan maju sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Haji De’de. (ist)


Empat wartawati bersahabat sejak masih kuliah. Mereka sepakat akan saling mengabari pengalaman masing-masing setelah menikah. Namun agar tidak terlalu kentara dan hanya mereka berempat yang tahu, maka mereka sepakat akan saling mengabari via pesan singkat (sms) dan menggunakan simbol iklan.


Seorang bidadari bahkan rela turun ke bumi untuk menemui dan menyatakan cintanya, tetapi sang pemuda menolak cinta yang tulus itu. Akibatnya, sang bidadari pun patah hati dan batinnya tersiksa. Karena tak mampu menahan rasa sakit hatinya, sang bidadari mengutuk si pemuda tampan supaya jatuh cinta kepada bayangannya sendiri. Ketika itu, manusia belum menemukan cermin.

“Pesan orangtua saya, jangan bikin susah orang. Kerja yang baik. Kalau memang tidak mampu melakukan sebuah pekerjaan, lebih baik berterus-terang mengakui. Jangan bekerja setengah-setengah, karena tidak ada hasil yang bagus dari kerja setengah-setengah.”

- Burhanuddin Baharuddin -
(Bupati Takalar)


“Pemilihan pimpinan di Muhammadiyah itu sangat demokratis. Pimpinan Muhammadiyah itu dicalonkan, bukan mencalonkan diri. Saya kira ini bisa diadopsi oleh pemerintah.”

- Dahlan Rais -
(Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah)

“Kami membuka program Tabungan Emas. Masyarakat bisa menabung dengan modal awal Rp5 ribu dan mereka sudah bisa mendapat emas, tetapi emasnya baru bisa diambil kalau tabungannya sudah cukup dengan harga emas per gramnya.”

- Abdul Wadud Assegaf -
(Pimpinan cabang PT Pegadaian Takalar)


Perang urat saraf senantiasa mewarnai setiap perhelatan Pilkada, musyawarah, atau konferensi, terutama menyangkut calon gubernur, calon walikota, calon bupati, atau calon ketua yang akan dipilih. Salah satu yang sering dijadikan bahan perang urat saraf yaitu soal usia. Apakah akan memilih yang muda atau yang (lebih) tua. Isu lain yang masih berkaitan dengan usia, yaitu soal memilih petahana atau pemimpin / ketua baru. (Foto diambil dari koleksi Bung Rahman Syah di Facebook)


Wartawan (wartawan tulis dan wartawan foto) sebagai penyuguh berita, seyogyanya berpegang teguh pada asas independensi dan objektivitas, dengan cara mengajak media massa cetak untuk kembali pada poros (fungsi) sebagai salah satu pilar demokrasi, bukan menjadi alat antidemokrasi.

- Mas'ud Muhammadiyah -
(Dekan Fakultas Sastra Universitas Bosowa 45 Makassar)


Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan telah melaksanakan Musyawarah Wilayah dan memilih pengurus baru masa bakti 2015-2020 di Kota Palopo, 23-25 Desember 2015, yang diketuai Prof Ambo Asse, serta melangsungkan pelantikan di Kota Makassar, pada 30 Januari 2016. Musywil di Kota Palopo dihadiri langsung Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, serta Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.


Keluarga Besar
Majalah PEDOMAN KARYA
(www.pedomankarya.co.id)
..
Mengucapkan:
..
Selamat Ulang Tahun ke-56
KABUPATEN TAKALAR
(10 Februari 1960 - 10 Februari 2016)
..

"Saya ingin melihat Takalar maju. Saya ingin masyarakat Takalar bangga menjadi orang Takalar. Sudah saatnya kita berhenti membanggakan daerahnya orang. Kita perlu membangun sesuatu yang baik untuk menjadi kebanggaan kita sebagai orang Takalar. Banggalah sebagai orang Takalar. Banggalah jadi orang Takalar."

- Burhanuddin Baharuddin - 
(Bupati Takalar, 2012-2017)


Keluarga Besar Majalah PEDOMAN KARYA
Mengucapkan:
Selamat Hari Pers Nasional
dan
Selamat Hari Ulang Tahun ke-70 Persatuan Wartawan Indonesia
Selasa, 9 Februari 2016


SEPEDA MOTOR. Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin berjabat-tangan dengan pemenang hadiah utama door prize lomba jalan sehat dalam rangka HUT ke-56 Kabupaten Takalar, sambil foto bersama di Taman PKK Kabupaten Takalar, Senin, 8 Februari 2016. (Foto: Humas Pemkab Takalar)


SEPEDA SANTAI. Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin melepas peserta Lomba Sepeda Santai dari Rumah Jabatan Bupati Takalar di Kecamatan Pattallassang, ke Dermaga Boddia, di Kecamatan Galesong, yanG berjarak kurang lebih 18 kilomter, Ahad, 7 Februari 2016. (Foto: Humas Pemkab Takalar)

Sebagai warga Kota Makassar, saya sangat salut atas inisiatif Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, Alimuddin Tarawe, yang menerbitkan Surat Edaran (Nomor: 421.3/0618/S.E/DPK/II/2016), tertanggal 5 Februari 2016, tentang Tidak Merayakan Valentine Day / Hari Kasih Sayang.