Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


TERIMA PENGHARGAAN. Mantan Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang kini menjabat Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Prof Muhammad Saleh Pallu (paling kanan), didampingi Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Hermanto Dardak (tengah), menerima penghargaan Honorary Membership dari ASEAN Federation Engineering Organization (AFEO) dalam acara 34th Conference of The AFEO, di Puerto Princesa, Palawan, Filipina, Kamis, 24 November 2016. (ist)


DEKAN FKIP Universitas Sawerigading Makassar, Mandarisah (kedua dari kanan) foto bersama Ketua Prodi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Nurjayanti Kaharuddin (kedua dari kiri) serta dua dosen Universitas Sawerigading lainnya. (ist)


MOTIVASI. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (paling kanan), memberi kesempatan kepada beberapa mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan saat memberikan kuliah umum di hadapan seribuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Jumat, 25 November 2016. (ist)


JADI GURU. Tanggal 1 Agustus 1957 merupakan hari bersejarah dalam hidup Aminuddin Gudang, karena pada hari itu, ia resmi terangkat menjadi guru Pegawai Negeri Sipil. Ia ditempatkan sebagai guru sekolah dasar di Sekolah Rakyat (SR) Kassi Buta, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. (ist)


ISTANA RAJA GOWA. Sebelum Kerajaan Gowa dikonversi menjadi kerajaan Islam dalam struktur kekuasaannya, terdapat suatu lembaga yang mengurusi masalah-masalah yang terkait dengan kepercayaan dan upacara-upacara ritual keagamaan. Lembaga itu dipimpin oleh seorang yang digelari Daengta Alakaya. Lembaga inilah yang dikonversi menjadi lembaga Sara’ ketika Kerajaan Gowa dikonversi menjadi kerajaan Islam. (int)


SILATURRAHIM. Ketua Majelis Dikti-Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Lincolin Arsyad (kedua dari kiri) didampingi Rektor Unismuh Dr Abdul Rahman Rahim (kedua dari kanan), Ketua BPH Unismuh Dr Syaiful Saleh (paling kiri), dan mantan Rektor Unismuh Prof Irwan Akib, pada acara silaturrahim dengan dosen Unismuh, di Ruang UBC Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar, Senin, 21 November 2016. (ist)


TARIK TABUNGAN. Anggota DPD RI asal Sulsel, AM Iqbal Parewangi (kiri) foto bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, pada sebuah pertemuan. Iqbal Parewangi menyatakan menarik seluruh dananya dari bank swasta untuk mengawal fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). (ist)


Peristiwa Pemukulan, pelucutan jilbab dan (maaf) pakaian yang dialami oleh seorang pelajar di Pinrang, yang memilukan dan memalukan ini (karena diunggah dan menjadi viral di media sosial, red), tidak hanya mencoreng wajah pendidikan di Pinrang, tetapi juga sudah mencederai nilai-nilai kearifan lokal yang selama ini dijunjung tinggi warganya.
-- Mahyuddin -- (Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel)


RAKERWIL. Foto bersama seusai pemaparan materi dan dialog, di Hotel Bantimurung, Maros, belum lama ini, dari kiri ke kanan: Sekretaris MPI PWM Sulsel Kasri Riswadi, Ketua MPI PWM Sulsel Hadisaputra, Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulsel Andi Muhammad Ilham, Wakil Ketua PWM Sulsel KH Mustari Bosra, Anggota DPD RI AM Iqbal Parewangi, Wakil Ketua MPI/Humas PWM Sulsel Asnawin Aminuddin, dan Anggota MPI PWM Sulsel Asra Tillah.


DUA MASJID TUA. Foto atas: Masjid Tua Katangka, Gowa. Foto bawah: Masjid Tua Palopo. Kedua masjid tua ini memiliki ikatan sejarah yang sangat kuat dengan masyarakat Sulawesi Selatan, karena disebut-sebut sebagai masjid tertua di Sulawesi Selatan. (Foto atas: Asnawin; foto bawah: internet)


DIABADIKAN. Islamisasi di Sulawesi Selatan selalu dihubungkan dengan kedatangan dan peranan tiga orang ulama asal Minangkabau, yaitu Abdul Makmur Khatib Tunggal (Datuk ri Bandang), Khatib Sulaiman (Datuk Patimang), dan Abdul Jawab Khatib Bungsu (Datuk Tiro). Nama Datuk Tiro atau Dato Tiro diabadikan sebagai nama masjid Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba. (Foto: Asnawin)


MILAD MUHAMMADIYAH. Ketua Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse (kedua dari kiri) foto bersama Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel Darwis Lantik (paling kiri), dan Sekretaris Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Sulsel Dr Andi Sukri Syamsuri, seusai penandatanganan kerjasama pelaksanaan Senam Pelajar Muhammadiyah, pada upacara Milad Muhammadiyah Tingkat Wilayah Sulawesi Selatan, di Lapangan Colliq Pujie, Kabupaten Barru, Ahad, 20 November 2016. (Foto: Muhammad Akhir)