Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


“Apa ini oleh-oleh belah,” kata Daeng Nappa’ sambil tersenyum.
“Inimi mau kuceritakanki’. Saya keluar kota dua hari dengan uang perjalanan dinas pas-pasan, bahkan tidak cukupki uangku seandainya harus kubayarki semua ongkos taksi online dan bus dalam perjalanan pergi pulang,” kata Daeng Tompo’. (Foto: Asnawin)


“Setujuki’ kalau KPK dibubarkan?” tanya Daeng Tompo’ kepada Daeng Nappa’ saat ngopi pagi di teras rumah Daeng Tompo’.
“Yang suruh bubarkangi itu pasti koruptor,” kata Daeng Nappa’ sambil menyeruput kopinya.

“Banyakmi teman yang bilang Daeng Situju itu pajanji-janji. Kalau ada yang datang minta tolong, nabilang iye’, baa, tunggumi. Nampa tenaja,” kata Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat jalan-jalan pagi seusai shalat subuh di masjid.
“Begitu memang barangkali pejabatka, anggota dewan, dan orang-orang kayayya sekarang. Gampang berjanji, gampang juga mengelak,” kata Daeng Tompo’.


KULIAH PERDANA. Direktur PPs Unismuh Makassar, Prof Ide Said, membuka kuliah perdana program doktoral (S3) Pendidikan Islam, pada salah satu ruangan kelas di Gedung Pascasarjana Unismuh, Kamis, 12 Oktober 2017. (Foto: Hurriah Ali Hasan)


TAURAT ASLI. Pada hari Sabtu, 16 September 2017, Rahim Razaq bersama rombongan berkunjung ke Kota Iskandariah. Di kota yang pernah menjadi Ibukota Mesir, mereka berkunjung ke sebuah perpustakaan tertua dan terbesar di dunia. Di dalam perpustakaan tersebut, mereka melihat langsung Taurat yang asli, Injil, suhuf, serta beberapa manuskrif yang asli dan terpelihara dengan baik yang hanya dikumpulkan oleh seorang saja dari uang pribadinya. (Dok. Pribadi)

“Waktu pergimi stafna, bilangma sama Daeng Tinggi. Tidak lamaja duduk di kursita’, kursi Wakil Ketua DPRD, na marah-marahmi stafta’. Bagaimanami itu kita’ nanti. Lebihmaki sepuluh tahun jadi Wakil Ketua DPRD, tidak takutjaki’ dapat marah dari Allah?” tutur Daeng Tompo’. 


“Apaseng nakeluhkan?” tanya Daeng Tompo’.
“Terlalu banyak bedeng undangan pengantin, belum lagi arisan. Ada arisan saudara, ada arisan komunitas, ada arisan keluarga,” ungkap Daeng Nappa’.

“Jadi apaji nabilang?” tanya Daeng Nappa’.
“Nabilang, saya ini maju berjuang untuk kemaslahatan orang banyak, dan perjuangan itu tidak mengenal menang kalah,” papar Daeng Tompo’.

NGOPI. “Dia bilang kita ini ngopi, makan kue, ngobrol-ngobrol, dan ketawa-ketawa di warkop, sementara saudara-saudara kita yang beragama Islam di Myanmar disiksa dan dibantai oleh tentara dan pihak keamanan Myanmar,” ungkap Daeng Nappa’. (Foto: Asnawin)


KUNJUNGAN. Rahim Razaq (kelima dari kanan) foto bersama beberapa dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, saat berkunjung ke Masjid Al-Azhar Kairo. Selain shalat Jumat di Masjid Al-Ahzar, rombongan peserta Program Short Course Bidang Spiritual Pedagogy Tahun 2017 Kemenristek-Dikti RI, juga memanfaatkan hari libur Jumat-Sabtu dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat, termasuk anjangsana ke toko buku untuk membeli buku sesuai judul makalah dan kepentingan setiap dosen. (Dok. Pribadi)


PIRAMIDA MESIR. Dosen Unismuh Makassar (kiri) foto bersama dengan pemuda Mesir, dengan latar belakang Piramida Mesir, saat mengikuti Program Short Course Bidang Spiritual Pedagogy Tahun 2017, 17 Agustus 2017-19 September 2017. (dok. pribadi)

MELAPOR. Sekretaris LSM Laki P'45 DPC Bantaeng, Andi Sofyan Hakim MELAPORKAN Anggota Panwaslu Kabupaten Bantaeng ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), karena dianggap tidak cermat sehingga salam dalam menerapkan aturan. (Foto: Akhmad Marmin)

KENANGAN. Foto kenangan saat almarhum Prof Guntur Yusuf (kiri) bersama lima dosen lainnya menerima SK Pengangkatan Guru Besar pada Upacara Peringatan HUT Ke-64 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Kantor Kopertis IX Jl. Bung, Makassar, Senin, 17 Agustus 2009. Inzet tengah: Prof Guntur Yusuf.

PAS E-MONEY CARD. Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Alumni SMA Katolik Rajawali Makassar (PAS) periode 2017-2020, bekerja-sama Bank Mandiri, akan membuat dan meluncurkan Kartu Tanda Anggota (KTA) PAS E-Money Card yang nantinya dapat dipergunakan sebagai kartu pembayaran jalan tol di seluruh Indonesia. 


PENUTUPAN. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel, Prof Ambo Asse, pengurus LPCR PP Muhammadiyah, pengurus LPCR PWM Sulsel, dan sejumlah peserta Regional Meeting LPCR Muhammadiyah se-Indonesia Timur, foto bersama seusai penutupan, di Aula Fakultas Kesehatan Unismuh Makassar, Ahad, 08 Oktober 2017. (ist)