Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


“Itu pejabatka, apalagi kalau bupati, walikota, gubernur, presiden, apapun nabikin selalu jadi sorotan, apalagi kalau ada ucapan atau perbuatanna yang aneh atau keliru di mata masyarakat,” tutur Daeng Nappa’.


“Liatmaki’. Ada penyanyi dangdut dirayu jadi calon bupati, ada mantan calon gubernur dirayu jadi calon bupati,” sebut Daeng Nappa’. 
“Dan rayuannya banyak yang berhasil,” kata Daeng Tompo’ lalu kembali tertawa dan keduanya pun tertawa-tawa.

“Cium tangan itu dibolehkan kalau karena alasan agama, misalnya untuk menghormati orang-orang yang kita muliakan, seperti ayah dan ibu, atau guru,” kata Daeng Tompo’.

“Bagaimana kalau mencium tangan pejabat atau pimpinan parpol misalnya?” tanya Daeng Nappa’.

“Kagumku’ kurasa liatki itu ketua dan pengurus parpol yang mendaftar di KPU sebagai calon peserta Pemilu 2019,” kata Daeng Nappa’ saat ngopi sore di teras rumah Daeng Nappa’.
“Apana yang bikin kagumki’?” tanya Daeng Tompo’. 
“Naik becaki tawwa dari sekretariat parpolna ke kantor KPU. Berarti merakyatki tawwa,” kata Daeng Nappa’.

MULAI BERPRODUKSI. Rektor Unismuh Makassar Dr Abdul Rahman Rahim, yang didampingi sejumlah pejabat dan dosen, berbincang-bincang dengan Penanggungjawab Pabrik Pengolahan Jagung Unismuh Makassar, Dr Idham Halid, di Perkebunan Jagung Doja, Limbung, Kabupaten Gowa, Kamis, 11 Januari 2018. (Nasrullah Rahim/Humas Unismuh Makassar)


“Sampe di penjual pisang epe’, pesanma’ pisang epe’, baru duduk-dudukma’ sama Daeng Sarro. Tidak lama datangmi penjualka bawa pisang epe’, tapi begitu makangi Daeng Sarro, langsunga’ istighfar,” ungkap Daeng Tompo’. (int)


UBAH KONSTELASI. Muhlis Madani (kiri) menilai kehadiran Agus Arifin Nu’mang – Tanribali Lamo (AAN-TBL) sebagai salah satu pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sulsel periode 2018-2023, mengubah konstelasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel. 



“Yang pertama, ada beberapa teman menyampaikan bahwa tadi malam sudah masuk 1 Shafar dan disunnahkan saling mengingatkan kedatangan bulan Shafar,” kata Daeng Nappa’.


“Tapi yang paling mengejutkan, karena tiba-tiba muncul nama calon wakil gubernur dan calon wakil walikota yang tadinya tidak pernah disebut-sebut, bahkan kurang dikenal oleh masyarakat,” kata Daeng Nappa’.


TAMBAK PENDIDIKAN. Rektor Unismuh Makassar Rahman Rahim, bersama sejumlah pejabat, dosen, dan staf Unismuh, berkunjung dan melakukan panen pada tambak pendidikan Unismuh, di Kampung Kokoa, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Kamis, 11 Januari 2018. (ist)


“Terus apa luar biasana itu negara Islandia?” tanya Daeng Nappa’. 

“Loloski pertama kali ke Piala Dunia sepakbola, padahal Islandia bersaing dengan Kroasia dan Turki, padahal Islandia itu negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 300 ribu lebih,” jelas Daeng Tompo’.

“Terus ada juga gelar doktor HC,” sebut Daeng Nappa’. 
“Oh, kalau doktor HC itu lain. Itu adalah gelar kehormatan yang diberikan perguruan tinggi kepada orang yang dianggap berjasa dan atau memiliki karya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia,” tutur Daeng Tompo’.


“Ada pejabat yang dipanggil untuk dimintai keterangan dan langsung ditahan. Itu ‘kan sama dengan menjebak,” tutur Daeng Nappa’.
“Terus,” tukas Daeng Tompo’.
“Ada juga pejabat yang sudah lama ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, tapi tidak ditahan, bahkan ada yang status tersangkanya dicabut,” papar Daeng Nappa’.


“Bagusna itu kapang kalau setiap laki-laki punya dua, tiga, atau empat isteri,” ujar Daeng Nappa’ saat ngopi siang bersama Daeng Tompo’, di warkop kantor gubernur. 
“Apa bedeng bagusna?” tanya Daeng Tompo’. 
“Tidak adami itu kapang gadis tua dan janda,” kata Daeng Nappa’. 

AUDIENSI. Mayjen TNI Agus Surya Bakti (ke-6 dari kiri) didampingi beberapa staf, foto bersama Dekan Fisip Unhas Prof Alimuddin Unde (ke-6 dari kanan) dan Panitia Dies Natalis ke-57 Fisip Unhas Makassar, di Ruang Kerja Pandam XIV Hasanuddin, Makassar, Kamis, 11 Januari 2018. (ist)


PENGUKUHAN. Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Andi Niartiningsih (kiri) memberikan sambutan pada pengukuhan Prof Alyas sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Adiministrasi Publik Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 06 Januari 2018.



GURU BESAR. Prof Alyas (tengah) foto bersama Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Andi Niartiningsih (paling kiri), dan Rektor Unismuh Makassar Dr Abdul Rahman Rahim, seusai dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Sabtu, 06 Januari 2018. (ist)

KULIAH KERJA PROFESI. Sebanyak 103 mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kini tengah melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) pada 15 desa dan kelurahan di Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. (ist)


SEDERHANA. Wartawan senior dan Pemred SKM Perintis Nusantara, Ismail Jafar, meninggal dunia di Makassar, Jumat, 05 Januari 2018.

Almarhum adalah anggota PWI Sulsel dan juga salah seorang pengurus
Yayasan Lembaga Pers Sulawesi Selatan (YLPSS). (Foto: Asnawin)

SHALAT. “Kita liatji tadi itu di mesjid to?” tanya Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat jalan-jalan pagi seusai shalat subuh berjamaah di masjid. “Yang mana?” Daeng Tompo’ balik bertanya. “Itu yang waktu kita sementara berdiri-berdiri menunggu iqamah karena waktunya tinggal dua menit, terus tiba-tiba ada jamaah baru datang dan langsung shalat sunnah,” jelas Daeng Nappa’. (Foto: Asnawin)


PEJUANG. “Bisakah itu disamakan antara pejuang dengan presiden, gubernur, walikota, dan bupati?” tanya Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ seusai shalat magrib berjamaah di masjid.

“Apaseng hubunganna?” Daeng Tompo’ balik bertanya.

DI DALAM PESAWAT. Direktur Ujas Tour, Usman Jasad (berdiri di tengah) berangkat bersama jamaah umrah Ujas Tour, sebelum pesawat tinggal landas, Selasa, 09 Januari 2018. (Dok Pribadi Usman Jasad)


ORIENTASI. Bupati Takalar Syamsari Kitta membuka Orientasi Penyusunan RPJMD, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Selasa, 09 Januari 2018, yang turut dihadiri Wakil Bupati Takalar Haji De’de, Ketua DPRD Takalar Jabir Bonto, Sekda Takalar Nirwan Nasrullah, para Pimpinan OPD, para Kabag, para camat, serta Tim Penyusunan RPJMD Bapelitbang Takalar Tahun Anggaran 2018. (Foto: Humas Pemkab Takalar)


KETUA PERTAMA. Universitas Bosowa (Unibos) Makassar membentuk Dewan Profesor, Senin, 08 Januari 2018, dan pada pemilihan pengurus yang dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Lantai 9 Gedung I Unibos, Dewan Profesor Unibos memilih Prof Husain Hamka sebagai ketua pertama. (ist)


JUMPA PERS. Direktur Ujas Tour, Usman Jasad (kanan) didampingi Humas Ilham Hamid mengadakan jumpa pers, pada salah satu warung kopi di sekitar Jalan Boulevard, Makassar, Senin, 08 Januari 2018. Ujas mengatakan, Ujas Tour telah membooking atau memblock ribuan seat penerbangan untuk umrah dalam empat bulan pertama tahun 2018. (Foto: Asnawin)


HUKUM RIMBA. “Berarti berubahmentongmi itu tujuan parpolka,” kata Daeng Nappa’.
“Yah, begitulah. Intinya, politik itu kekuasaan dan di sana berlaku hukum rimba. Kalau tidak kuatki’ atau tidak bisaki’ beradaptasi, pasti tersingkirki’,” tutur Daeng Tompo’.


TENDA PUTIH. KPU Sulsel telah memasang tenda berwarna putih di halaman kantor KPU Sulsel, Ahad siang, 07 Januari 2018, sebagai persiapan untuk pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulsel, di Kantor KPU Sulsel, Senin, 08 Januari 2018. (Foto: Asnawin)

MANA LEBIH TINGGI. 
“Apa natanyakanki’?” tanya Daeng Nappa’.
“Nabilang, mana lebih tinggi jabatannya menteri dibandingkan gubernur. Mana lebih tinggi jabatannya antara Anggota DPR RI dan DPD RI dibanding wakil gubernur atau bupati,” jelas Daeng Tompo’.