Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


“Kalau saya kasiki’ uang sebagai sponsor untuk menggelar acara apel dan perkemahan pemuda misalnya. Terus acara itu berlangsung sukses, aman, dan lancar, jadi saya ucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi,” kata Daeng Nappa’.
“Terus,” tukas Daeng Tompo’. 



HARI GURU NASIONAL. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (kedua dari kiri), Ketua DPRD Sulsel HM Roem (ketiga dari kiri), dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo (kedua dari kanan) foto bersama sebelum acara pelepasan peserta Jalan Sehat dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018, di Jalan Jenderal Sudirman, depan rumah jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Ahad, 25 November 2018. (ist)

Sahban kecil juga belajar pertama kali berceramah dan berpidato pada bulan Ramadhan di surau. Ia bersama teman-temannya sesama bocah, yang rata-rata masih duduk di bangku kelas IV hingga kelas VI sekolah dasar, diajar dan dilatih berpidato untuk tampil sebagai protokol atau sebagai penceramah tarwih.


Lihatlah hamparan bumi ini
Gunung yang besar
Nan menjulang tinggi
Sebagai pasaknya


Sahban yang saat itu masih bocah, kebagian tugas mencari rumput untuk makanan dua ekor kuda milik keluarga. Kedua ekor kuda itu masing-masing diberi nama Cabbo’ dan Bukku’. Karena setiap hari memberi makanan dan mengajaknya bercengkerama tanpa kata-kata, maka lambat laun terjalin keakraban di antara Sahban dengan kedua ekor kuda tersebut, terutama kuda yang diberi nama Cabbo.


Rektor UNM Prof Husain Syam mengatakan, keberhasilan UNM memperoleh SNI Award membuktikan bahwa UNM konsisten dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan internal. (ist)


Gubernur Sulsel memukul gendang tanda dimulainya Deklarasi Keselamatan Transportasi Sulawesi Selatan 2018, di Halaman Gubernuran, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Sabtu, 24 November 2018.(ist)


Sahban Liba lahir pada 18 Agustus 1937, di Desa Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Ia adalah anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Sahban dan ke delapan saudaranya adalah anak dari pasangan suami isteri Ambe’ Suba dan Indo’ Empa.


PEMBAHASAN RAPBD SULSEL. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan DPRD dan pemerintah sepakat membahas RAPBD Sulsel Tahun 2019 sesuai peraturan dan menargetkan rampung pada akhir November 2018. (ist)


INDUSTRI RUMAH TANGGA. Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UKM Pinrang, Muhammad Arifin (kedua dari kiri), didampingi Pendamping KUMKM Thamrin Nawawi (paling kiri) dan para pemateri, pada Rapat Pembinaan Industri Rumah Tangga, Industri Kecil, dan Industri Menengah, di Aula Kantor Dinas Koperasi dan UKM Pinrang, Jumat, 23 November 2018. (ist)


Ketua GIPI Sulsel Suhardi (kiri) salam komando dengan Ketua Umum DPP GIPI Didien Junaedy, seusai pelantikan pengurus DPD GIPI Sulsel periode 2018-2023, di Hotel Almadera, Jl Somba Opu, Makassar, Jumat, 23 November 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

Rektor Unibos Prof Saleh Pallu (kedua dari kanan) dan Rektor Institut Teknologi Sumatera Prof Ofyar Z Tamin (kedua dari kiri) berjabat tangan seusai menandatangani perjanjian kerjasama pada acara seminar nasiomal “ Harapan Membangun Transportasi Tol Layang Berkelanjutan di Kota Makassar”, di Balai Sidang 45, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu, 21 November 2018. (ist)


“Itumi juga kubilang. Jadi kutanyaki’ lagi, bilang dimana itu ada fakultas kopi, nabilang presiden yang mengusulkan supaya dibentuk fakultas kopi, karena di negara kita ada jutaan hektar kebun kopi. Nabilang kemenakanku’, presiden juga mengusulkan dibentuk fakultas kelapa sawit, karena di negara ada belasan juta hektar kebun kelapa sawit,” tutur Daeng Tompo’.


TIM TRAUMA HEALING  (Asosiasi Dokter Medik Asia (AMDA) Indonesia foto bersama di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, sesaat sebelum terbang ke Palu, Sulawesi Tengah, Kamis, 22 November 2018. (ist)


PEMETAAN BERPIKIR. Walikota Makassar, Mochammad Ramdhan Pomanto, memberikan kata sambutan pada acara penutupan Pemetaan Kematangan Berpikir Menuju Peningkatan Kinerja Berbasis Aplikasi Neurosains Terapan Bagi Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Makassar, di Kampus Universitas Patria Artha, Jl Tun Abdul Razak, Gowa, Rabu, 21 November 2018. (Foto: Pantja Nurwahidin)


“Saya kira tidak boleh pasang poster capres, caleg, dan calon Anggota DPD RI di pohon?”  tanya Daeng Tompo’.
“Itumi juga yang mau kutanyakan. Kenapa ada pembiaran, kenapa tidak ditegurki, kenapa tidak ditertibkangi,” ujar Daeng Nappa’. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


DIKLAT KEWIRAUSAHAAN. Sebanyak 40 warga desa dan kelurahan se-Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pinrang mengikuti Pendidikan dan Latihan Kewirausahaan, yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, di Hotel Grand Sydni, Pinrang, 20-23 November 2018. (ist)


Dewan Penasehat PAS Supama, Juffry Tjangkilisan
 (kiri) dan Ketua Panitia Even “Road to Hello Alumni Smakara”, Ronny Wijaya, memberikan keterangan mengenai rencana pelaksanaan event "Road to Hello Alumni Smakara."


PERPUTAKAAN EXPO. Bupati Pinrang, Andi Aslam Patonangi, membuka Perpustakaan Expo, di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pinrang, Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Senin, 19 November 2018. (ist)


Beberapa murid SDIT Al-Fahmi Palu tampak tertawa gembira saat belajar bersama di bawah bimbingan salah seorang mahasiswa Unibos Makassar yang tengah melaksanakan KKN Peduli Bencana, di Palu. (ist)


SAHABAT MUSLIM GOWA. Bhabinkamtibmas Desa Jenetallasa dan Desa Panakkukang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Aipda Hamzah SSos (pakaian aparat polisi), mengadakan pertemuan dengan masyarakat Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, di Cambaya, Jenetallasa, Senin malam, 19 November 2018. (ist)


MELECEHKAN. Komisi ASN merekomendasikan kepada Bupati Takalar agar meninjau kembali tiga surat keputusan yang telah diterbitkannya terkait mutasi ASN, namun Bupati Takalar tidak melaksanakan rekomendasi Komisi ASN dan malah membuat surat balasan. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


“Apana yang kasi senangki’?” tanya Daeng Tompo’.
“Semua caleg tampil gagah, cantik, dan murah senyum semua tawwa,” kata Daeng Nappa’.






KLINIK PENELITIAN. Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr H Abubakar Idhan, memberikan sambutan pada Workshop dan Klinik Penyusunan Output Penelitian untuk Peningkatan Kualifikasi Dosen, di Hotel Arthama, Jl Haji Bau, Makassar, Rabu, 14 November 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)