Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


MASYARAKAT ADAT. Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Rukka Sombolinggi, tampil sebagai pembicara utama pada Workshop Penelitian Masyarakat Adat, di Ruang Senat Kampus Universitas bosowa (Unibos) Makassar, Kamis, 06 Desember 2018. (ist)


BIMTEK PKM. Beberapa peserta dan pemateri foto bersama seusai pembukaan Bimbingan Teknis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), di Ballroom Menara Pinisi Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Jl AP Pettarani, Makassar, Jumat, 07 Desember 2108. (ist)


JAGOAN, Pertunjukan Drama I Tolok di Makassar. I Tolok adalah seorang jagoan yang bersama beberapa anggotanya merampok harta para penjajah Belanda dan orang pribumi kaya yang bekerja untuk penjajah Belanda, kemudian membagikan hasil rampokannya kepada anggota-anggotanya dan kepada orang-orang miskin. (int)


IZIN PRODI BARU. Ditjen Kelembagaan Kemenriatekdikti, Patdono Suwignyo (tengah), didampingi Kepala L2Dikti Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin Malago (paling kanan), dan Sekretaris
APTISI Wilayah IX-A Sulawesi, Dr Mulyadi Hamid, berbincang-bincang dengan peserta dan undangan seusai pembukaan Musyawarah Wilayah III AB-PTSI Wilayah Sulawesi Selatan, di Kampus Universitas Fajar (Unifa), Makassar, Kamis, 06 Desember 2018. (ist)


BARANG BUKTI. Dua warga Kota Makassar tertangkap oleh aparat kepolisian saat membawa narkoba dari Makassar ke Takalar, Jumat, 07 Desember 2018. Dari tangan keduanya disita beberapa alat bukti, berupa 1 (satu) shaset plastik yang berisi kristal bening diduga Narkotika Golongan I jenis Shabu, satu unit HP merek Hammer warna putih, bungkusan rokok merek Surya, sobekan tissu dan potongan lakban warna hitam, serta satu unit sepeda motor merek Honda Vario warna hijau DD 2345 VO.(ist)


Dengan penuh kasih, ibunya, Indo Empa, mengatakan, “ Anakku. Kalau rencanamu itu sesuai dengan ajaran Islam, silakan. Tapi minta satu hal. Kalau kamu mendengar suara adzan berkumandang di masjid, jangan lupa mendirikan shalat, dan bacalah Surah Al-fatihah sehabis shalat.”


Suatu hari, di tengah keasyikannya membungkus kain di Pasar Butung, tiba-tiba mata Sahban tertarik pada tulisan yang ada di secarik potongan kertas koran. Tulisan itu adalah berisi iklan pengumuman di Harian Pedoman Rakyat (koran Harian Pedoman Rakyat terbit pertama kali pada 01 Maret 1947). Tulisan di potongan lusuh Koran Pedoman Rakyat di tangan Sahban itu berbunyi, “SEKOLAH DI SURABAYA DENGAN IKATAN DINAS.


KUE PELITA. Anggota DPD RI, AM Iqbal Parewangi (paling kiri) memberikan kue pelita berbungkus daun pandan kepada Ketua MUI Sulsel, AGH Sanusi Baco, disaksikan Bupati Takalar, Syamsari Kitta, pada acara Ta'aruf & Raker Majelis Ulama Indonesia (MUI) Takalar yang dirangkaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, di Takalar, Rabu, 05 Desember 2018. (ist)


Imam Islamic Center of New York dan Direktur Jamaica Muslim Center, AS, Shamsi Al (paling kiri) dan Ibu Minsarnawati yang sehari-hari dosen FK dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (paling kanan), tampil sebagai pembicara pada Seminar Internasional bertema “Islam dan Isu Kesehatan Dunia”, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Senin, 03 Desember 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


BELA NEGARA. Sekretaris Utama BKKBN, H Nofrijal (baju batik) bersama Wakil Komandan Rindam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf  Nugroho Dwi Hermawan, memeriksa barisan peserta Diklat Bela Negara yang terdiri atas Penyuluh Keluarga Berencana se-Sulsel, di Marga Rindam XIV Hasanuddin Pakatto, Gowa, Rabu, 05 Desember 2018. (ist)


SUPERVISI. Rektor UNM Prof Husain Syam (pakai topi hitam dan baju dalaman putih) beserta rombongan, melakukan kunjungan supervisi program KKN, di Kabupaten Jeneponto, Selasa, 04 Desember 2018. Sebanyak 322 mahasiswa UNM melaksanakan KKN di Kabupaten Jeneponto. (ist)



GEROMBOLAN ECENG GONDOK. Pemandangan perahu ketinting yang sedang berupaya menembus “gerombolan” eceng gondok di tempat penyeberangan antara Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Gowa, dengan daerah Kelurahan Mangasa, Kecamatan Somba Opu, Gowa, yang berbatasan langsung dengan daerah Malengkeri, Kota Makassar, pun saya abadikan pada Selasa pagi, 04 Desember 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

"Kalau kita' pemilik media stasiun televisi nasional, maujaki' beritakangi itu Reuni 212?" tanya Daeng Tompo' saat tersenyum. (int)





TRANS STUDIO. Puluhan anak Panti Asuhan Mulia foto bersama sejumlah pengurus Persaudaraan Alumni SMA Katolik Rajawali/Smakara (PAS) Wilayah Sulawesi, Papua, dan Maluku (Supama), saat berkunjung ke Trans Studi Mall, di Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Ahad, 02 Desember 2018. (ist)


DIRUSAK. Sebuah baliho berukuran dua kali tiga meter, di Jalan Sultan Hasanuddin, Kabupaten Sidrap, dirusak orang tidak dikenal dan diperkirakan kejadiannya pada Ahad malam, 02 Desember 2018. Baliho tersebut bergambar Calon Legislator (Caleg) DPRD Sulsel Daerah Pemilihan 9 (Sidrap, Pinrang, Enrekang), dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), nomor urut 2, atas nama H Saharuddin ST MM. (ist)

JUMPA PERS. Direktur PT Al Bayan Permata Ujas (Ujas Tour and Travel), Dr Usman Jasad (berdiri keempat dari kiri), didampingi Humas Ujas Tour, Ilham Hamid (berdiri kedua dari kiri), Koordinator Muballigh Al-Bayan, Abdul Wahid (berdiri ketiga dari kiri), dan staf Humas Dwieski Hidayat (berdiri paling kanan), foto bersama wartawan di Kantor Ujas Tour, Jl Hertasning Baru, Blok AB 1 Raya, Makassar, Selasa, 04 Desember 2018. (ist)



Diharapkan tak hanya yang sudah berusia lanjut, mereka yang masih muda juga wajib menjaga kesehatan termasuk menghindari hal-hal yang bisa memicu penurunan fungsi otak. Karena penyebab penyakit jenis ini juga bisa terjadi karena adanya penyalagunaan obat, adanya tumor atau trauma kepala, bahkan kadar gula rendah bisa menjadi pemicunya. 
- Dokter Andi Weri Sompa Mkes SpS -


Almarhum menjawab, “Semoga perjuangan menyelamatkan UIT menjadi amal jariah.” Demikian ditulisnya pada pesan terakhir percakapan kami.
- Zulkarnain Hamson –
(Humas - Dosen UIT Makassar)




DAMPAK TSUNAMI.  KM Sabuk Nusantara 39 milik PT Pelni terpaksa “mendarat” di atas tanah Pelabuhan Wani, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, setelah dihempas tsunami yang didahulu gempa berkekuatan 7,7 pada skala richter, 28 September 2018.

Dua bangunan menahan laju kapal penumpang antarpulau ini hingga tidak terus maju menutup satu ruas dari arah depannya dan menghalangi lalu lintas jalan yang ada di kiri kanan di depan samping. Foto diambil, 25 November 2018. (Foto dan teks: M Dahlan Abubakar, mantan Pemred Harian Pedoman Rakyat)




REKTOR UNISMUH Makassar, Abdul Rahman Rahim (paling kiri) membuka Seminar Internasional Islam dan Isu Kesehatan Dunia, di Aula Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin, 03 Desember 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


"Ada juga orang yang selalu memposting di medsos, berita-berita dan kata-kata yang berupaya mengerdilkan Reuni 212," tambah Daeng Nappa'.